Sukses

Dream Group Travel Fair Digelar, Tawarkan Promo demi Tingkatkan Minat Umrah Jemaah Indonesia di Akhir Tahun

Dream Group Travel Fair digelar pada Selasa, 21 November 2023, merupakan pertemuan business to business yang mempertemukan unit bisnis Dream Group sebagai seller seperti Dream Aviation dan Smart Umroh.

Liputan6.com, Jakarta - Mendekati akhir tahun, minat jemaah Indonesia terhadap umrah menurun signifikan. Merespons situasi itu, Dream Group,  salah satu perusahaan penyelenggara haji dan umrah di Indonesia, berinisiatif merangsang peningkatan minat dengan menggelar Dream Group Travel Fair.

Pada acara Travel Fair yang digelar di Hotel Park Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa, 21 November 2023, Dream Group menciptakan platform pertemuan bisnis ke bisnis (B2B) yang menghubungkan unit bisnis mereka, seperti Dream Aviation, Smart Umroh, dan Alfiyah Group, dengan para pembeli, yakni biro perjalanan haji dan umrah dari berbagai daerah di Indonesia.

CEO Dream Aviation, Muhamad Umar Bakadam, menyampaikan komitmen Dream Group dalam mendukung semangat biro perjalanan umrah di Indonesia. Mereka menawarkan 500 kursi penerbangan dengan potongan harga mencapai Rp2 sampai 3,5 juta per tiket.

"Dalam Dream Group Travel Fair kali ini, kami menyediakan 500 kursi penerbangan, dengan potongan harga satu tiket sebesar Rp2 sampai 3,5 juta. Kami mengalokasikan dana sekitar Rp18 sampai 20 miliar agar semangat biro perjalanan umrah di Indonesia dapat dipulihkan," ujar Umar dalam sambutannya.

Meskipun tidak memahami pasti soal penyebab penurunan minat, Umar menduga faktor ekonomi dan situasi politik dapat menjadi pemicu. Karena itu, melalui Dream Group, mereka mengajak pengusaha biro perjalanan untuk mengatasi tantangan ini dengan kembali menawarkan semangat dalam penjualan, harga yang terjangkau, penawaran terbaik, dan berbagai potongan harga lainnya.

"Dream Group berharap dapat menghidupkan kembali semangat dan minat masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan umrah," kata Umar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transaksi Mencapai 3.000 Kursi Penerbangan

Umar menegaskan untuk menghidupkan kembali semangat bisnis perjalanan umrah yang meredup sejak September 2023. Ia menyampaikan bahwa kondisi industri perjalanan umrah mengalami penurunan sekitar 40--50 persen, dengan prediksi bahwa penurunan tersebut akan terus berlanjut hingga akhir 2023.

"Penurunan ini dimulai pada bulan September, mencapai 20 sampai 30 persen, dan kemudian Oktober serta November 2023 mengalami penurunan yang lebih drastis," paparnya.

Dream Group Travel Fair berhasil menarik partisipasi aktif dari 500 peserta biro perjalanan, termasuk dari kota-kota strategis seperti Jakarta, Jawa Timur, dan Makassar. Keberhasilan acara ini tercermin dalam pencapaian transaksi minimal booking yang mencatat lebih dari 3.000 kursi penerbangan terpesan.

Saat ini, Dream Group telah mengoperasionalkan 40 pesawat setiap minggu, dan berencana terus meningkatkan kapasitas. Dengan fokus pada embarkasi utama di Makassar yang mengirimkan delapan penerbangan setiap minggu, kecuali Jumat sebagai hari penutupan, Dream Group berkomitmen untuk terus mendukung pemulihan industri perjalanan umrah.

"Mari jadikan kesempatan ini sebagai panggung bagi kita semua untuk berbagi pengetahuan, bersinergi, berkolaborasi, dan menjalin hubungan yang saling menguntungkan," ajak Umar.

3 dari 4 halaman

Promo Penerbangan sampai Hotel

Aizuddin Abdurahman, sebagai perwakilan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), menyoroti pentingnya aspek perjalanan umrah pada masa kini yang telah menjadi bagian fundamental dari kehidupan banyak orang. Ia menekankan bahwa segala persiapan untuk melaksanakan ibadah umrah kini telah diupayakan menjadi lebih mudah dan terjangkau.

"Perjalanan umrah tidak hanya menjadi satu pengalaman sekali seumur hidup, melainkan menjadi sebuah perjalanan yang dinantikan dan digandrungi setiap tahunnya," tutur Aizuddin pada kesempatan yang sama.

Dalam rangka mendukung aspirasi tersebut, beberapa layanan yang ditawarkan mencakup:

  • Layanan Penerbangan:

Smart Umrah, Smart Series by Lion Air Reguler menyediakan penerbangan termurah selama 9 hari dari Jakarta, dengan 4 malam di Olayan Golden, Makkah, dan 3 malam di Mirage as Salam, Madinah, dengan biaya Rp18,9 juta. Sedangkan, Smart Series by Lion Air Premium dari Surabaya, menyajikan paket penerbangan premium termurah selama 9 hari, dengan 4 malam di Olayan Golden, Makkah, dan 3 malam di Mirage as Salam, Madinah, dengan biaya Rp21,6 juta.

  • Layanan Hotel:

Ar Ruya Fanadik, layanan jasa perhotelan menawarkan penginapan di Hotel Madinah, menawarkan akomodasi terjangkau di Mirage Salam, dengan tarif Rp4,8 juta untuk 1 kamar 2 orang, Rp5,2 juta untuk 1 kamar 3 orang, dan Rp6,2 juta untuk 1 kamar berempat.

Sedangkan, di Hotel Makkah, penginapan di Olayan Golden terdapat opsi hemat dengan tarif per malam Rp4,3 juta untuk 1 kamar 2 orang, Rp5 juta untuk 1 kamar 3 orang, dan Rp5,7 juta untuk 1 kamar 4 orang.

4 dari 4 halaman

Ada Paket Handling Perjalanan

Alfiyah Group merancang sebuah paket handling secara ekonomis dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp880 ribu per paket. Rinciannya mencakup berbagai fasilitas dan layanan yang memastikan kenyamanan dan kepraktisan bagi setiap jemaah selama perjalanan umrah mereka. Berikut adalah komponen-komponen dalam paket handling Alfiyah Group:

1. Meals Box pada Saat Kedatangan: Menyediakan makanan box pada saat kedatangan

2. Meals Box Pada Saat Kepulangan: Memberikan makanan box saat kepulangan

3. Biaya Handling Bandara Saat Kedatangan: Menanggung biaya handling di bandara pada saat kedatangan, termasuk di dalamnya biaya porter bandara

4. Jasa Penimbang Barang: Memfasilitasi jasa penimbang barang untuk memastikan bahwa setiap barang bawaan jemaah sesuai dengan ketentuan yang berlaku

5. Biaya Handling Check in & Check Out Hotel Makkah dan Madinah Didampingi Petugas: Memudahkan proses check-in dan check-out di hotel Makkah dan Madinah dengan didampingi oleh petugas Alfiyah Group

6. Biaya Bellboy Check in & Check Out Hotel Makkah dan Madinah, Koper masing-masing jemaah dikumpulkan di salah satu lantai hotel baik di Makkah dan Madinah: memberikan pelayanan bellboy untuk membantu dalam proses check-in dan check-out, serta pengumpulan koper jemaah di satu lantai hotel

7. Snacks pada saat Ziarah Madinah

8. Snacks pada saat Ziarah Makkah

9. Snacks pada saat Perjalanan Madinah-Makkah

10. Snacks pada saat Perjalanan Makkah-Jeddah

11. Air Mineral Selama Program

12. Air Zam Zam 5 Liter untuk Setiap Jemaah

13. Biaya Mandub, dll: Menutupi berbagai biaya tambahan dan kebutuhan lainnya yang mungkin muncul selama program umrah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.