Sukses

Curhat Lulusan Sarjana Hukum Terpaksa Bekerja di Warung Makan, Dimarahi Ibu hingga Diejek Pacar

Liputan6.com, Jakarta - Seorang warganet mencurahkan isi hatinya ketika kuliahnya sudah selesai, ia tidak menjadi apa yang ia impikan dan sesuai dengan latar pendidikannya. Ia mengaku kini terpaksa bekerja menjadi karyawan di sebuah warung makan.

Serasa ditampar oleh realita, wanita ini merasakan bagaimana getirnya bekerja sebagai buruh setiap hari dengan beban kerja yang menurutnya tak ringan itu. Semua itu dicurahkannya lewat akun TikTok @suksesss0 pada Rabu, 15 November 2023.

"Ibuku kecewa setelah tau semuanya, katanya susah payah nyekolahin supaya ngga hidup susah kya ibu malah kerja begituan, tpi cari kerja susahh buūüė≠, tulisnya dalam keterangan unggahannya.¬†

Wanita yang tidak mengungkap nama maupun daerah tempat tinggalnya ini mengaku merupakan sarjana hukum tapi malah berujung kerja di warung makan dekat kampus dan rumahnya. Dia merupakan satu-satunya karyawan di sana, jadi semua pekerjaan dilakukan sendiri. Ia harus mencuci piring, melayani pembeli, sampai mengantar makanan ke tempat kos-kosan.

Selama mengantarkan makanan, dia mengaku sangat lelah karena harus naik motor di tengah cuaca panas dan bolak-balik naik tangga. Saking banyaknya pekerjaan yang ditanggung dan tuntutan kecepatan, wanita tersebut mengaku kurang waktu istirahat.

Dia pun hanya menelan ludah setiap kali lelah dan ingin minum sesuatu yang dingin. Dalam unggahan tersebut, ia mengaku minum es teh bekas pembeli yang tidak habis di tempat cucian piring.

Selama menjalani pekerjaan yang tidak ringan tersebut, sang wanita berkeluh kesah kepada pacarnya. Dia berharap kekasihnya bisa memberikan dukungan atau membantunya melewati semua rintangan itu.

Namun, apa yang diharapkan sang wanita tak pernah ada. Bukan menunjukkan empati terhadap kondisi pacarnya, pria tersebut malah bersikap acuh tak acuh pada nasib kekasihnya. "Tapi anehnya cwoku ngejek aku dibilang mental ga kuat, ngebiarin aku kerja gitu krn katanya biar dari bawah tii.. pdhl dulu aku bantu dia buat cv, surat lamaran, sampe teks interview sampai dia diterima di bumn...," ujarnya.

 

2 dari 4 halaman

Kecewa dengan Sikap Pacarnya

Wanita tersebut juga membagikan tangkapan layar obrolan dengan pacarnya. Di dalam ruang chat itu, pria ini menganggap bahwa apa yang dialami kekasihnya bisa membuat mental kuat. Selain itu, lelaki tersebut mengatakan bukan dia tidak kasihan, karena menurutnya masih banyak orang lain di luar sana yang sengsara daripadanya.

Perempuan itu berharap pacarnya bisa membantu dengan cara mencarikan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan. Ia juga membandingkan bagaimana perhatian ibunya dengan sang pacar yang jauh berbeda.

Dua unggahan tentang curhat wanita kesulitan mencari kerja itu menuai atensi warganet TikTok. Banyak yang menyemangatinya. Tak sedikit juga warganet yang beranggapan bahwa pacar wanita tersebut red flag alias banyak kurangnya.

"Harusnya pacarnya bantu juga cari kerjaan yg layak meskipun jadi admin atau guru les," komentar seorang warganet.

"mbak sebelum jadi suami kamu pikir² dulu sama dia, seumur hidup iku lama, mbak nyoba jalur langit ya, sholat tahajud, hajat, dhuha, sama shalawat," ujar warganet lainnya.

"Kalau laki2 yg bener2 syng sm km gak bakalan di biarin km kerja seperti itu. mending nganggur dulu sambil di bantuin cari kerja,‚ÄĚ kata warganet yang lain.

"Semangat mbk, aku lulusan sarja cari kerja kemana2 gk diterima akhirnya kerja jdi karyawan pbrik garmen temn ku yg perawatan jga ada kita2 dibagian QC,‚ÄĚ timpal warganet lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Kiat Mendapatkan Pekerjaan Usai Kuliah

Seusai wisuda, tentu Anda berharap bisa langsung dapat pekerjaan. Namun, kenyataannya, mencari kerja bukanlah hal yang gampang, walau dengan modal gelar sarjana. Oleh karena itu, Anda butuh kiat khusus, agar nantinya tak nganggur setelah menggunakan toga. Dilansir dari kanal Bisnis Liputan6.com, 27 Januari 2020, lakukan enam kiat jitu di bawah ini, agar nantinya pekerjaan langsung menanti Anda setelah wisuda.

1. Bangun Jaringan dari Semasa Kuliah

Tak bisa disangkal, bahwa link atau jaringan yang dimiliki, bisa mengantarkan Anda pada pekerjaan yang diinginkan. Makanya, saat masih menuntut ilmu di bangku perkuliahan, bangun jaringan Anda seluas mungkin.Binalah hubungan yang baik dengan dosen, teman, serta relasi di tempat magang. Siapa tahu, salah satu dari mereka bisa memudahkan Anda mencari kerja kelak.

2. Aktif Mengikuti Organisasi

Percayalah, pengalaman Anda dalam mengikuti organisasi akan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja Kebanyakan perusahaan mencari karyawan yang telah terasah kemampuan memimpinnya, komunikasinya, koordinasinya, serta kerja samanya dengan orang lain. Kemampuan seperti ini tentu saja bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti ragam organisasi yang ada di kampus Anda.

 

4 dari 4 halaman

3. Aktif Ikut Program Magang

Pengalaman kerja merupakan aset yang sangat dihargai oleh banyak perusahaan. Lalu, bagaimana bisa Anda mendapatkan pengalaman kerja, jika Anda bahkan belum tamat kuliah?

Pengalaman kerja bisa Anda dapatkan lewat mengikuti program magang. Jika performa ditampilkan bagus, bukan tak mungkin perusahaan tempat magang bersedia merekrut Anda jadi karyawan tetapnya.

4. Serius dalam Mengikuti Setiap Materi Perkuliahan

Walau banyak yang meremehkan teori yang diajarkan di bangku perkuliahan, bukan berarti Anda pun jadi berleha-leha dan tak serius dalam mengikuti perkuliahan. Bukan hanya IPK bagus yang mungkin didapatkan, tetapi pengetahuan dan keterampilan Anda di bidang yang dipelajari juga akan mumpuni. Alhasil, jika ada tes masuk yang diberikan, Anda bisa dengan mudah melaluinya.

5. Kumpulkan Portofolio Sebanyak Mungkin saat Kuliah

Jika ingin langsung mendapat pekerjaan seusai wisuda, maka biasakanlah untuk mengumpulkan portofolio sebanyak mungkin semasa kuliah. Portofolio ini merupakan kumpulan karya yang selama ini telah Anda ciptakan atau buat semasa kuliah.

6. Jangan Tolak Pekerjaan yang Tak Sesuai Jurusan Kuliah

Kebanyakan lulusan baru tak mau melamar pekerjaan yang tak sejalan dengan bidangnya. Alhasil, mereka melewatkan begitu saja kesempatan kerja yang tersedia.Tak masalah jika sekiranya di awal, pekerjaan Anda tak sesuai dengan harapan. Namun, seiring berjalannya waktu, jenjang karier akan terus naik, kemampuan akan terasah dan Anda akan terus mendapatkan pengalaman baru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.