Sukses

Ingin Bugar, Vokalis Coldplay Chris Martin Ternyata Biasa Makan Sekali dalam Sehari

Chris Martin mengaku mengikuti pola makan Bruce Springsteen yang hanya makan sekali dalam sehari, setelah melihat betapa bugarnya penyanyi itu.

Liputan6.com, Jakarta - Saat yang ditunggu-tunggu telah tiba. Band asal Inggris bernama Coldplay, yang menggelar konser pertamanya di Indonesia sebagai bagian dari tur dunia "Music of The Spheres," mencetak sejarah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Rabu, 15 November 2023.

Salah satu yang menjadi sorotan dari perhelatan ini adalah tentunya vokalis mereka, Chris Martin. Ia mencuri perhatian setelah tertangkap kamera berjalan kaki tanpa alas kaki di sekitar kawasan Jalan Sudirman pada, Selasa, 14 November 2023, lapor kanal Health Liputan6.com per Rabu, 15 November 2023.

Di sisi lain, beberapa waktu yang lalu, Martin mengungkap gaya hidupnya yang tergolong ekstrem dalam suatu podcast bersama Conan O'Brien. Ia mengaku terbiasa makan hanya sekali sehari. Rutinitasnya itu terinspirasi dari Bruce Springsteen, penyanyi dan gitaris terkenal asal Amerika Serikat.

Dalam episode terbaru "Conan O'Brien Needs A Friend" yang dirilis pada 22 Maret 2023 lalu, mengutip NME, Martin menjelaskan alasan di balik keputusannya untuk hanya makan sekali sehari. Ia menuturkan bahwa inspirasinya datang dari pengalaman makan siang bersama Springsteen, di mana ia memutuskan untuk berhenti makan pada jam 4 sore.

"Saya sebenarnya tidak makan malam lagi. Saya berhenti makan pada jam 4 sore dan saya mempelajarinya saat makan siang bersama Bruce Springsteen," ungkapnya.

Frontman Coldplay tersebut juga mengakui bahwa kesempatan ini muncul setelah menghabiskan waktu bersama Springsteen di Philadelphia tahun sebelumnya. Ia menyadari bahwa Springsteen terlihat lebih bugar daripada dirinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Usung Konsep Go Green

Bahkan, pada saat itu, istri Springsteen, Patti, mengatakan bahwa Bruce hanya makan sekali sehari. "Lagipula, aku sedang menjalani diet yang sangat ketat. Tapi saya berpikir 'Bruce terlihat lebih bugar daripada saya' dan Patti (istri Springsteen) mengatakan dia hanya makan satu kali sehari," ujar Martin.

Setelah mendengar itu, Martin merasa itu sebagai tantangan yang harus dia ambil dan jalani. "Saya seperti mengatakan kepada diri saya sendiri, 'baiklah, ini dia. Itu tantangan saya berikutnya'."

Martin menyimpan rahasia tentang menu makanannya, tetapi memberikan sentilan dengan bercanda kepada O'Brien bahwa makanan Springsteen mungkin termasuk "pinggang kerbau dengan saus steroid."

Sementara itu, Coldplay akan menghadirkan konser seramah mungkin dengan bumi. Ini bukan hal mengherankan, mengingat Martin dan teman-temannya itu memang sangat perhatian dengan lingkungan.

Dalam akun Twitter resmi grup ini, Rabu, 15 November 2023, lapor kanal ShowBiz Liputan6.com. dibagikan “Green Update” terkait konser ini. Ada empat hal  yang disampaikan Coldplay dalam konsernya ini. Pertama adalah transportasi publik yang dekat dengan lokasi, areanya terjangkau dengan berjalan kaki, tersedia parkir untuk sepeda, dan tempat untuk mengisi botol minum.

3 dari 4 halaman

Diimbau Memakai Transportasi Umum

Poin terakhir soal pengisian botol minum, juga disampaikan lewat akun media sosial promotor konser Coldplay di Indonesia, PK Entertainment.

"Lebih dari 30 stasiun hidrasi tersedia bagi para penggemar untuk mengisi ulang airnya di venue," begitu pernyataan yang disampaikan promotor.  

Disampaikan keterangan lebih mendetail, mengenai botol yang boleh digunakan untuk keperluan ini. "Silakan membawa botol plastik transparan yang bisa digunakan berulang – tumblr metal dan beling tak diperbolehkan!"

Disampaikan pula bahwa pihak penyelenggara konser Coldplay telah berkomitmen untuk mengurangi dan menggantikan penggunaan plastik sekali pakai. Upaya daur ulang juga dilakukan dengan menempatkan tempat sampah di sekitar lokasi konser. Penonton diminta untuk memilah sampah dan membuangnya di tempat sampah tersebut, sesuai dengan tipe sampahnya.

Selain itu, penonton juga diimbau untuk menggunakan transportasi umum untuk menuju atau meninggalkan lokasi acara. Apalagi, layanan transportasi umum MRT juga diperpanjang, khusus hari ini. Hal ini telah disampaikan di akun Twitter atau resmi MRT Jakarta. 

"Teman MRT, kabar gembira buat kamu para Coldheads yang akan nonton konser Coldplay di Stadion Utama GBK, karena MRT Jakarta akan beroperasi hinggal pukul 01:30 WIB pada 15 November 2023 dan siap antar kamu dengan aman dan nyaman hingga acara selesai," begitu cuitan di akun resmi MRT.

4 dari 4 halaman

Rekayasa Lalu Lintas karena Konser Coldplay

Menurut laporan kanal News Liputan6.com per 15 November 2023, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menerangkan bahwa rekayasa lalu lintas mulai diterapkan pada pukul 14.00 WIB sampai pukul 00.00 WIB terkait penyelenggaraan konser Coldplay.

"Hindari seputaran GBK, hindari kepadatan lalu lintas, ada konser di GBK. Kepada seluruh penonton konser di GBK agar gunakan tranportasi publik. GBK tidak menyiapkan kantong parkir (drop off di pintu-pintu masuk)," kata Trunoyudo pada wartawan, Rabu.

Berikut rekayasa lalu lintas karena konser Coldplay:

  1. Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi.
  2. Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.
  3. Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan pintu satu Senayan diluruskan ke jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi.
  4. Arus lalu lintas dari arah Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuang Raya.
  5. Arus lalu lintas dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang akan menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri Jalan Tentara Pelajar.
  6. Arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau.
  7. Arus lalu lintas dari arah Menggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Gelora diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.