Sukses

Mencari 10 Ribu Pahlawan Bumi, Aksi Kolaborasi untuk Dunia Layak Huni

Yayasan WWF Indonesia mencari 10 ribu pahlawan Bumi dengan memperkenalkan program keanggotaan baru, yakni "Members of Nature" (MoNa). Program ini hadir untuk menjadi wadah aksi Kolaborasi untuk Bumi bagi mereka yang terpanggil untuk turut mendukung kerja-kerja WWF Indonesia dalam melestarikan alam Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan WWF Indonesia mencari 10 ribu pahlawan Bumi dengan memperkenalkan program keanggotaan baru, yakni "Members of Nature" (MoNa). Program ini hadir untuk menjadi wadah aksi Kolaborasi untuk Bumi bagi mereka yang terpanggil untuk turut mendukung kerja-kerja WWF Indonesia dalam melestarikan alam Indonesia.

"Kami ingin reach out publik yang lebih luas lagi untuk bisa berpartisipasi dalam penyelamatan Bumi. Tidak semua orang punya waktu untuk patroli di hutan sampai monitoring terumbu karang," kata CEO Yayasan WWF Indonesia Aditya Bayunanda saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 9 November 2023.

Dito, begitu ia akrab disapa, menambahkan bahwa partisipasi tersebut dapat diwujudkan dalam berbagai hal. "Salah satunya dengan menyediakan resource atau tenaga, sehingga WWF dan pihak-pihak lainnya dapat terus bekerja untuk menyelamatkan lingkungan ini," terangnya.

Melalui kampanye #10ribuPahlawanBumi, Yayasan WWF Indonesia mencari ribuan orang untuk sama-sama berusaha menjadi pahlawan untuk Bumi. Dito menyebut bahwa pihaknya mengajak semua orang ambil bagian menjadi Pahlawan bagi Bumi, berpartisipasi aktif sesuai kekuatannya masing-masing seperti bergabung sebagai MoNa.

Pihaknya percaya bahwa semua orang punya kekuatan untuk menciptakan perubahan positif. Dengan menggabungkan kekuatan, kolaborasi tersebut menumbuhkan perjuangan untuk mewujudkan dunia di mana manusia dapat hidup harmonis dengan alam, kini dan seterusnya.

Dikatakan Dito, kolaborasi dari berbagai lini, seperti dengan Bank BNI, IKYK dan publik figur ini menjadi langkah awal. Pihaknya berharap dapat lebih menginspirasi banyak orang untuk berjuang bersama menciptakan bumi yang layak huni dan sumber daya alam yang dikelola secara berkelanjutan bagi generasi saat ini dan nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Members of Nature

Direktur People and Operations WWF Indonesia Rusyda Deli mengungkapkan bahwa pihaknya menyalurkan aspirasi anak-anak muda yang rindu ruang aksi. "Bagi mereka yang ingin aksi dan punya komitmen bagaimana menyalurkannya? Lahirlah MoNa," katanya.

Ida, begitu ia akrab disapa, menambahkan bahwa langkah tersebut adalah salah satu aksu bagi gerakan dan komitmen bersama-sama. Seluruh pihak di dalamnya dapat berkontribusi bersama WWF Indonesia memulai perjalanan sebagai pahlawan Bumi.

"Hashtag gerakan 10 ribu pahlawan Bumi itu hanya simbol, mulai dari Rp10 ribu sebulan, sudah bisa gabung MoNa. Diberikan ruang bergabung bersama WWF Indonesia, jalan dan berjuang bareng," ungkapnya.

MoNa adalah program membership di Yayasan WWF Indonesia. MoNa menjadi wadah bagi setiap individu yang memiliki semangat dan kepedulian yang sama untuk mendukung upaya pelestarian alam.

Melalui program ini, Yayasan WWF Indonesia mengajak publik luas untuk bergabung bersama ribuan anggota lainnya yang sudah mengambil aksi untuk berupaya menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik. Sebagai MoNa, semua orang bisa ambil bagian untuk menciptakan masa depan yang lestari dan berkelanjutan dimana manusia dan alam dapat hidup harmonis.

3 dari 4 halaman

Cerita Chelsea Islan

Persyaratan bergabung menjadi MoNa, yakni dengan menyisihkan penghasilan untuk alam, Anda sudah dapat menjadi bagian dari #10RibuPahlawan Bumi. Untuk bergabung menjadi MoNa, ada lima cara yang bisa dipilih, yakni Panda Club, Supporter, Defender, Warrior dan Partners in Conservation.

Aktris dan Member of Nature warrior Chelsea Islan berbagi kisah awal dirinya tergabung dalam MoNa. Semua berawal ketika dirinya berkunjung ke kantor WWF Indonesia dan menemukan banyak value dan passion bersama.

"Saling share dan punya visi dan misi yang sama untuk bisa menjaga dan melestarika Bumi sebagai penerus bangsa. Akhirnya, lahirlah perbincangan aku dan bu Ida mau bergabung MoNa dan lahir banyak kolaborasi," ungkap pemain film "Rudy Habibie" tersebut.

Istri Rob Clinton Kardinal ini menambahkan bahwa dirinya secara pribadi melihat perlunya untuk bergerak saat ini juga. "Kalau enggak gerak, kapan lagi? Kalau bukan kita siapa lagi? Ini genting menurut aku, kita sudah bisa melihat sendiri banyak sekali perubahan iklim dan banyak muncul penyakit-penyakit baru disebabkan polusi dan udara kotor," teranganya.

4 dari 4 halaman

MoNa Warrior

"Selain itu trigger-nya dari 2016 aku sudah bergabung menjadi salah satu SGDs Mover, Sustainable Development Goals, bersama UNDP. Akhirnya, kita melihat pentingnya untuk menyuarakan ini dan sebagai anak muda kita harus bisa menyuarakan dan bekerja bersama, yaitu Kolaborasi untuk Bumi," jelas Chelsea.

Sementara, MoNa Warrior adalah individu inspiratif yang berkesadaran dan kepedulian tinggi bahwa setiap individu bertanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan kekayaan tanah air Indonesia. Dengan kekuatan dan semangatnya yang turut ambil bagian berkontribusi terbaiknya melalui kemampuan yang dimilikinya, mulai dari langkah sederhana, menjadi contoh inspiratif hingga aktif menyuarakan isu pelestarian alam dan pembangunan berkelanjutan dengan caranya masing-masing.

MoNa Warrior diharapkan dapat menyuarakan pentingnya peran setiap individu dalam upaya pelestarian alam. Mereka juga diharapkan dapat memberikan inspirasi dan semangat bahwa inilah saatnya kita semua beraksi bersama menjadi bagian dari agen perubahan, karena upaya pelestarian alam sangat membutuhkan kolaborasi seluruh pihak, termasuk individu. Figur inspiratif yang bergabung sebagai MoNa Warrior saat ini, yakni Chelsea Islan, Aurelie Moeremans, Nugie, Morgan Oey, Della Dartyan, hingga Alifa Adelia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.