Sukses

Sosok Christopher Nolan, Sutradara di Balik Sukses Film Oppenheimer yang Angkat Kisah Pencipta Bom Atom

Film Oppenheimer yang sukses serta jadi film terlaris tahun ini adalah karya Christopher Nolan. Oppenheimer kembali ditayangkan setelah masuk Box Office dunia dengan pendapatan lebih dari 183 Miliar dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta - Film Oppenheimer karya Christopher Nolan kembali ditayangkan setelah masuk Box Office dunia dengan pendapatan lebih dari 183 Miliar dolar AS. Film thriller tentang Robert Oppenheimer, "bapak Bom Atom" itu ditayangkan secara eksklusif selama satu minggu mulai 3 November 2023, termasuk di Imax.

Mengutip laman The Hollywood Reporter, Jumat (10/11/2023), keterlibatan terbatas ini mencakup enam lokasi proyeksi film Imax 70mm di seluruh dunia dan empat layar AMC Imax di California dan New York City, serta dua lokasi lainnya di London dan Melbourne, Australia. Pertunjukan ulang yang langka untuk film Hollywood di layar Imax ditenggarai film tersebut telah meraup banyak penonton.

Hal ini menjadikan epik Nolan sebagai rilisan Imax terlaris keempat sepanjang masa. Film biografi berlatar Perang Dunia II ini dibintangi oleh Cillian Murphy sebagai fisikawan J. Robert Oppenheimer, yang dikenal sebagai "bapak bom atom" karena perannya dalam Proyek Manhattan.

Oppenheimer juga dibintangi oleh Emily Blunt, Matt Damon, Robert Downey Jr. dan Florence Pugh. Penayangan ulangnya ditargetkan pada lokasi dengan penonton terbanyak di seluruh dunia untuk film tersebut, yang membantu membawa Imax meraih pendapatan kotor tertinggi pada musim panas di 54 negara dan wilayah, termasuk di AS dan Tiongkok.

Film Oppenheimer diambil gambarnya oleh sinematografer Hoyte van Hoytema menggunakan kamera Imax dan kombinasi film format besar Imax 65mm dan 65mm. Karya film ikut menggunakan fotografi analog hitam putih Imax. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok Christopher Nolan

Christopher Nolan dikenal karena kesukaannya terhadap film dibandingkan sinematografi digital, serta kecintaannya terhadap kamera dan teknologi Imax. Mengutip dari Variety, Jumat (10/11/2023), Christopher Nolan membuat "Oppenheimer" Berdasarkan buku American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer tahun 2005 oleh Kai Bird dan Martin J. Sherwin. Tak sendiri, Oppenheimer diproduksi Nolan, bersama Emma Thomas dan Charles Roven.​ 

Drama berdurasi tiga jam dengan rating R yang sebagian besar aksinya berlangsung di laboratorium dan sidang kongres ini telah meraup hampir 950 juta dolar AS secara global, lebih banyak daripada hampir semua film Marvel terbaru. Dalam prosesnya, hal ini membentuk kembali gagasan Hollywood tentang apa yang dimaksud dengan hiburan blockbuster.

Mengenai sosoknya, mengutip laman Britannica, Christopher Nolan lahir 30 Juli 1970 di London, Inggris. Ia terkenal sebagai sutradara dan penulis film Inggris dengan estetika visualnya yang noirish dan narasinya yang tidak konvensional, seringkali sangat konseptual.

Nolan dibesarkan oleh seorang ibu Amerika dan ayah berkebangsaan Inggris, dan keluarganya menghabiskan waktu di Chicago dan London. Sebagai seorang anak, dia bersekolah di Haileybury, sebuah sekolah berasrama di luar London.

Sejak kecil Nolan tertarik dengan pembuatan film dan menggunakan kamera Super-8 milik ayahnya untuk membuat film pendek. Dia dipengaruhi oleh trilogi Star Wars karya George Lucas dan film distopia yang imersif karya Ridley Scott.

 

3 dari 4 halaman

Perjalanan Nolan Garap Berbagai Judul Film

Setelah kuliah di University College London, tempat ia belajar sastra Inggris, Nolan mulai mengarahkan video pelatihan perusahaan dan industri. Pada saat yang sama dia sedang mengerjakan rilisan penuh pertamanya, Mengikuti (1998).

Film ini berpusat pada seorang penulis yang berusaha keras untuk mencari inspirasi, Nolan membutuhkan waktu 14 bulan untuk menyelesaikannya. Karena kesuksesannya di sirkuit festival, dia dan istri produsernya pindah ke Hollywood.

Terobosan Nolan datang dengan film Memento tahun 2000, sebuah film hit yang ia adaptasi dari cerita pendek yang ditulis oleh saudaranya Jonathan. Ini menggunakan alur cerita urutan terbalik yang tidak stabil untuk mencerminkan kondisi mental protagonisnya yang retak, seorang pria dengan amnesia jangka pendek yang mencoba melacak orang yang membunuh istrinya.

Film ini sukses secara kritis dan populer dan membuat Nolan bersaudara mendapatkan nominasi Academy Award untuk skenario asli terbaik. Nolan menindaklanjutinya dengan Insomnia (2002), sebuah film thriller berlatar alam liar Alaska, yang dibintangi Al Pacino sebagai detektif polisi yang berkompromi. 

 

4 dari 4 halaman

Pernah Garap Waralaba Batman

Pada 2003, Warner Brothers meminta Nolan untuk menyutradarai film waralaba Batman, yang pertama sejak film Batman & Robin yang mendapat sambutan buruk pada 1997. Batman Begins (2005) yang sangat dinanti-nantikan oleh Nolan, dibintangi oleh Christian Bale, berfokus pada asal-usul pahlawan super dan menampilkan latar serta nada yang lebih suram dan realistis dibandingkan film-film Batman sebelumnya.

Diterima dengan sangat baik, film ini menjadi cikal bakal tren baru dalam film pahlawan super: gerakan menuju realisme dan menjauh dari akar genre buku komik. Proyek Nolan berikutnya adalah The Prestige (2006), sebuah kisah tentang dua ilusionis yang bertikai di awal abad ke-20 di London.

Dia kemudian mulai mengerjakan film Batman kedua, yang dia tulis bersama saudaranya Jonathan. The Dark Knight (2008) lebih bersandar pada kerusakan moral dan struktural dari latarnya, kota fiksi Gotham, dan menghidupkan kembali penjahat klasik Batman seperti Joker (diperankan oleh Heath Ledger). The Dark Knight menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa.

Peluncuran Inception (2010) menandai realisasi naskah yang telah dimulai Nolan satu dekade sebelumnya. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio sebagai mata-mata perusahaan yang mencuri rahasia melalui teknologi yang memungkinkan dia memasuki mimpi orang. Inception menjadi hit komersial dan kritis lainnya dan membuat Nolan mendapatkan nominasi Academy Award kedua untuk skenario asli terbaik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini