Sukses

Miss Universe Indonesia Fabienne Nicole Tampil Serba Lokal Saat Tiba di El Salvador untuk Ikuti Miss Universe 2023

Miss Universe Indonesia Fabienne Nicole mengikuti kontes Miss Universe 2023 yang malam puncaknya akan berlangsung pada 18 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah drama panjang di dalam negeri, terutama perihal kasus dugaan pelecehan seksual di ajang Miss Universe Indonesia 2023, wakil Indonesia, Fabienne Nicole, akhirnya tiba di El Salvador untuk mengikuti kontes Miss Universe 2023. Di kesempatan itu, perempuan berusia 23 tahun ini tampil menawan dengan busana serba merah dari brand fesyen lokal.

Di unggahan Instagram-nya, Jumat, 3 November 2023, Fabienne menulis caption dalam bahasa Inggris yang artinya, "Mendarat di El Salvador, saya dipenuhi kebanggaan dan tekad mewakili Indonesia di kompetisi Miss Universe. Terima kasih atas dukungan dan cinta Anda yang tidak tergoyahkan. Ayo lakukan ini, Indonesia!"

Keterangan unggahan itu juga memuat penjelasan bahwa atasan Fabienne merupakan rancangan desainer lokal, Agung Gumelar, sementara celana panjang serasinya rilisan lini mode ANG STUDIO. Melengkapi penampilan, Fabienne juga memakai aksesori dari merek lokal, Hermosa.

Fabienne diketahui berangkat dari Indonesia pada Selasa, 31 Oktober 2023, diantar para penggemar yang datang ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Di unggahan yang dibagikan Rabu, 1 November 2023, video keberangkatannya diawali dengan Fabienne turun dari mobil hitam.

Ia tampil dalam balutan crop top berlengan panjang warna hitam yang penuh kilau. Itu dipadankan dengan celana panjang hitam dan sepatu hak tinggi. Wardrobe tersebut merupakan persembahan desainer ternama Indonesia, Diana M. Putri.

Sementara itu, makeup-nya dipoles MUA Djaya Fahlevie dan rambut ditata oleh Andaresta Haryanto. Ia juga mengenakan selempang dan mahkota Miss Universe Indonesia 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaun Rancangan Desainer Lokal

Fabienne menulis keterangan unggahan dalam bahasa Inggris yang artinya, "Berangkat menuju panggung Miss Universe dengan hati penuh rasa syukur. Terima kasih pada semua orang luar biasa yang telah mendukung saya dalam perjalanan ini. Saya membawa cinta dan dorongan Anda saat saya mewakili negara kita."

Di antara agenda kontes kecantikan itu, Fabienne akan memakai dua gaun desainer asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Yusuf Isvania. "Yang pertama gaun prelimenary, dan yang kedua itu gaun untuk grand final," kata Yusuf, menurut laporan kanal Regional Liputan6.com per 24 Oktober 2023.

Ia bercerita hanya memiliki waktu dua minggu untuk mempersiapkan dua gaun Fabienne. Kendati mepet, Yusuf tetap memastikan memberi kejutan menarik di dua gaun rancangannya. Ia pun optimis Indonesia bisa meraih prestasi di ajang Miss Universe 2023.

Yusuf menambahkan, salah satu dari dua gaun yang ia rancang bekerja sama dengan jebolan Jember Fashion Carnaval, sekaligus MUA, Bubah Alfian, yang telah merekomendasikannya pada Fabienne. "Saya berharap dia (Fabienne) bisa membawa nama Indonesia dengan baik dengan segala ceritanya, pengalamannya, dan background-nya," ujar dia. 

3 dari 4 halaman

Juri Miss Universe 2023

Melansir Philstar, Sabtu (4/11/2023), Organisasi Miss Universe telah mengumumkan jajaran juri pada kontes edisi ke-72 di El Salvador. Selama tiga tahun terakhir, juri-juri ini semuanya perempuan. Namun tahun ini, tiga pria akan bergabung dalam panel tersebut. Para juri perempuan antara lain:

  • Miss Universe 2020 Andrea Meza
  • Miss Universe Turki 2021 Cemrenaj Turhan
  • Miss Universe Thailand 2019 Paweensuda Drouin
  • Miss Universe Curacao 2022 Gabriela dos Santos
  • Miss Universe Peru 2020 Janick Maceta del Castillo
  • Miss Universe Brazil 2022 Mia Mamede
  • Kepala Hut Prize Foundation untuk hubungan pakar global, Nadia Ali
  • Anggota dewan PCL Mega Lifesciences, Sameera Shah

Sedangkan laki-laki yang akan bergabung dengan panel adalah:

  • Pascal Gerken, pendiri OceanFront Invest Myanmar
  • Jonathan Levav, profesor pemasaran, Stanford Graduate School of Business
  • Leonard Schlesinger, profesor Baker Foundation di Harvard Business School

Beberapa dari mereka akan jadi juri Suara untuk Perubahan, beberapa untuk babak penyisihan, dan yang lainnya untuk malam final.

4 dari 4 halaman

Jadwal Kontes Miss Universe 2023

Dijadwalkan berlangsung pada 15 dan 16 November 2023, Miss Universe 2023 akan menampilkan kecantikan, bakat, dan karisma para kontestan, serta beberapa perubahan inovatif dalam sejarah kontes Miss Universe, lapor Hola.

Kompetisi preliminary akan diadakan pada 15 November 2023 pukul 20.00, waktu setempat. Sedangkan kompetisi kostum nasional akan menyusul pada 16 November 2023, pukul 21.00, waktu setempat. Hingga akhirnya malam final penobatan akan digelar pada 18 November 2023.

Kompetisi Miss Universe tahun ini menandai titik balik bersejarah karena untuk pertama kalinya mereka menyambut para ibu dan wanita yang sudah menikah sebagai kontestan. Satu-satunya persyaratan selama acara tersebut adalah usia 18--28 tahun.

Sebanyak 85 kontestan akan bersaing memperebutkan mahkota Miss Universe 2023, masing-masing mewakili negaranya. Di antara mereka, MariaCamila Avella Montanez dari Kolombia dan Michelle Cohn dari Guatemala akan membuat sejarah sebagai ibu dan wanita menikah pertama yang berkompetisi di Miss Universe.

Selanjutnya, Rikkie Valerie Kolle dari Belanda dan Marina Machete dari Portugal akan jadi transpuan kedua dan ketiga yang berkompetisi di Miss Universe, menyusul Angela Ponce yang mewakili Spanyol pada 2018. Di momen bersejarah lainnya, Pakistan akan debut di kontes Miss Universe, dengan Erica Robin akan mewakili negara itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini