Sukses

Pisang Goreng Turun Peringkat di Daftar Dessert Terenak di Dunia Versi TasteAtlas

Pisang goreng sempat bertengger di posisi puncak daftar Dessert Terenak di Dunia versi TasteAtlas pada awal tahun 2023. Namun di versi terbaru yang dirilis Senin, 30 Oktober 2023, rangking gorengan ini terjun bebas.

Liputan6.com, Jakarta - Pisang goreng sempat bertengger di posisi puncak daftar Dessert Terenak di Dunia versi TasteAtlas pada awal tahun 2023. Namun di versi terbaru yang dirilis Senin, 30 Oktober 2023, rangking gorengan ini terjun bebas.

Mengutip situs webnya, Rabu, 1 November 2023, pisang goreng kini berada di posisi ke-40 dengan skor 4,5 dari 5. Dituliskan bahwa pisang goreng merupakan jajanan sehari-hari yang umum disantap di seluruh Indonesia.

"Penganan ini eksis dalam berbagai versi di mana buahnya digoreng dengan minyak, tapi lebih seringnya (berupa) potongan pisang yang diiris, lalu dilapisi adonan sebelum digoreng sampai berwarna keemasan," catat platform panduan online untuk makanan tradisional, ulasan kritikus makanan, serta artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer berbasis di Kroasia itu.

Selain hadir dalam berbagai jenis, pisang goreng juga muncul dengan nama berbeda, seperti godoh biu di Bali atau gedhang goreng di Jawa, katanya. "Makanan ini secara tradisional dijual di warung pinggir jalan dan gerobak. Juga, termasuk dalam kelompok gorengan, makanan ringan khas Indonesia yang dimasak dengan cara digoreng," tandasnya.

Soal tempat terbaik menikmati pisang goreng, TasteAtlas merekomendasikan Warung Kopi Klotok di Yogyakarta. Masih di daftar yang sama, sebenarnya ada juga cendol di peringkat ke-46 dengan skor 4,5 dari 5. Namun, alih-alih hanya Indonesia, platform itu menyebutnya sebagai makanan penutup yang populer di Asia Tenggara.

Mereka menulis, "Cendol adalah makanan penutup tradisional Asia Tenggara yang muncul dalam berbagai variasi di Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Thailand, Vietnam, dan Myanmar."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cendol dalam Daftar TasteAtlas

Secara general, makanan penutup ini terdiri dari potongan tipis "mi jeli" yang biasanya diwarnai dan dibumbui daun pandan. Itu kemudian disajikan dengan kombinasi santan, sirup gula aren, dan es serut.

"Karena popularitasnya, variasinya mungkin mengandung banyak bahan tambahan, seperti kacang merah, nangka, atau durian. Sedangkan mi jeli bisa dibuat dengan tapioka dan tepung beras atau kacang hijau," imbuhnya.

Disebutkan juga bahwa asal-usul cendol tidak jelas, tapi diyakini bahwa dessert tersebut meniru makanan penutup Jawa yang dikenal sebagai dawet. Kendati, cendol pertama kali disebutkan secara tertulis ditemukan di Malaysia, dan tercatat berasal dari tahun 1932.

Pemeringkatan makanan TasteAtlas didasarkan pada ulasan pemirsa, dengan serangkaian mekanisme yang mengenali pengguna sebenarnya dan mengabaikan peringkat bot, nasionalis, atau patriotik lokal. Juga, memberi nilai tambah pada peringkat pengguna yang diakui sistem sebagai orang yang berpengetahuan.

Untuk daftar 50 Dessert dengan Nilai Terbaik di Dunia hingga 30 Oktober 2023, tercatat 75.283 peringkat, di mana 55.308 di antaranya diakui sistem sebagai sah.

3 dari 4 halaman

50 Dessert Terenak di Dunia

Pemeringkatan TasteAtlas tidak boleh dilihat sebagai kesimpulan akhir global mengenai pangan. Tujuannya adalah mempromosikan makanan lokal yang unggul, menanamkan kebanggaan terhadap hidangan tradisional, dan membangkitkan rasa ingin tahu terhadap hidangan yang belum pernah Anda coba, kata mereka.

Secara lebih lengkap, berikut 50 Dessert Terenak di Dunia, menurut TasteAtlas:

  1. Crepes, Brittany, Prancis
  2. Bombocado, Brasil
  3. Queso Helado, Arequipa, Peru
  4. Tiramisu, Italia
  5. Creme Brulee, Prancis
  6. Dondurma, Turkiye
  7. Alfajores, Argentina
  8. Dulce de Leche, Argentina dan Uruguay
  9. Souffle au Chocolat, Prancis
  10. Sernik, Polandia
  11. Kaiserschmarrn, Austria dan Jerman
  12. Medovik, Rusia
  13. Szarlotka, Polandia
  14. Syrniki, Rusia, Belarusia, Ukraina, Latvia, dan Lituania.
  15. Kladdkaka, Swedia
  16. Frozen Custard, Amerika Serikat
  17. Malasadas. Portugal dan Hawaii
  18. Gaziantep, Turkiye
  19. Tinginys, Lithuania
  20. Kohuke, Estonia
  21. Pave, Brasil
  22. Higashi, Jepang
  23. Valassky Frgal, Republik Ceko
  24. Petticoat Tails, Skotlandia
  25. Carlota de Limon, Meksiko
  26. Makroud el Louse, Aljazair
  27. Clotted Cream Ice Cream, Inggris
  28. Baklava, Turkiye
  29. Apfelstrudel, Austria
  30. Kunafah, Mesir
4 dari 4 halaman

Brasil sampai Puerto Rico

31. Mousse de Maracuja, Brasil

32. Ras Malai, India

33. Leche Flan, Filipina

34. Sorbetes, Filipina

35. Melomakarona, Yunani

36. Liege Waffle, Belgia

37. Hotteok, Korea Selatan

38. Galaktobourek, Yunani

39. Fırın Sutlac, Turkiye

40. Pisang Goreng, Indonesia

41. Bal Kaymak, Turkiye

42. Gelato Pistachio, Italia

43. Kaju Katli, India

44. Bolas de Berlim, Portugal

45. Marranito, Meksiko

46. Cendol, Asia Tenggara

47. Fistikli Sarma, Turkiye

48. Lokse, Slovakia

49. Papanasi, Romania

50. Tembleque, Puerto Rico

Selain di daftar Dessert Terenak di Dunia, pisang goreng juga memastikan tempatnya di list Jajanan Kaki Lima Ternikmat, masih dalam versi TasteAtlas. Camilan ini bukan satu-satunya wakil Indonesia, karena serabi, kue ape, dan kue putu juga berada dalam daftar per 14 Juli 2023. Berikut daftar 20 besarnya:

  1. Pastel de nata, Portugal

  2. Serabi, Indonesia

  3. Dondurma, Turkiye

  4. Hotteok, Korea Selatan

  5. Pa thong ko, Thailand

  6. Liege Waffle, Belgia

  7. Pisang goreng, Indonesia

  8. Garrapinada, Uruguay

  9. Gaufre, Belgia

  10. Poffertjes, Belanda

  11. Khao niao mamuang, Thailand
  12. Egg Waffle, Hong Kong
  13. Picarones, Peru
  14. Mysore pak, India
  15. Kue ape, Indonesia
  16. Cubanitos, Argentina
  17. Taiyaki, Jepang
  18. Kulfi, India
  19. Leche frita, Spanyol
  20. Kue putu, Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini