Sukses

Hewan Peliharaan Para Capres-Cawapres di Pilpres 2024, dari Kucing hingga Kura-Kura Sulcata

Seperti halnya orang biasa, para calon wakil presiden dan calon presiden (Capres-Cawapres) di Pemilu 2024 nanti juga memiliki hewan peliharaan. Selain membawa kebahagiaan karena unik dan menggemaskan, binatang peliharaan tersebut bahkan ada yang sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok para calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres) di masa jelang Pilpres 2024 terus menjadi sorotan publik. Tak hanya seputar gaya kepemimpinannya, tapi kehidupan sehari-hari, keluarga, hingga hewan peliharaan para tokoh tersebut.

Seperti halnya orang biasa, para Capres-Cawapres ini nanti juga memiliki hewan peliharaan. Selain membawa kebahagiaan karena unik dan menggemaskan, hewan peliharaan tersebut bahkan sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga.  

Berikut adalah hewan peliharaan para capres-cawapres di Pilpres 2024 yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (25/10/2023). 

1. Anies Baswedan

Di urutan pertama, Anies Baswedan sebagai tokoh yang pertama kali mendeklarasikan diri sebagai calon presiden di Pemilu 2024, bersama calon wakil presiden pilihannya Muhaimin Iskandar diketahui memiliki binatang peliharaan kucing. Anies dan keluarganya dikenal sebagai pecinta kucing, di rumahnya bahkan ia punya beberapa kucing.

Dalam sebuah unggahan di akun YouTube Anies Baswedan dengan judul "Cerita Fery: Kenalan Sama Lego, Aslan, Oboy dan Snowball", mantan Gubernur DKI tersebut memperkenalkan hewan peliharaannya di rumah. Sejak pagi sekitar pukul 5.30, biasanya kucing Anies sudah berkumpul di dekat tempat makan. Mereka menunggu Fery Farhati untuk memberi makan.

Terlihat dalam video, Fery memberikan mangkuk satu-satu untuk tiap kucing agar tidak berebut. Makanan pagi kucing peliharaan Anies yang berupa makanan kering sengaja tidak diberikan terlalu banyak. Tak hanya Anies dan istrinya yang penyuka kucing, anak mereka juga sangat menyayangi hewan tersebut. Terlihat Mutiara Baswedan, putri Anies sempat menggendong salah satu kucing peliharaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ganjar Pranowo

Selanjutnya, Ganjar Pranowo dikenal menyukai beberapa jenis hewan seperti burung dan ayam bangkok. Namun dalam sebuah unggahan warga di media sosial TikTok dan YouTube, Ganjar diketahui juga menyukai kucing.

"Sebenarnya istri saya itu takut kucing, tapi anak saya suka, ponakan saya suka, jadi dia beli sendiri-sendiri taruh di sini enggak ada yang ngurus," kata Ganjar dalam sebuah tayangan lama bersama Aiman Wicaksono.

Ganjar juga beberapa kali terlihat mengelus-elus bulu kucing di video yang ia unggah sendiri di akun TikTok Pribadinya @ganjarpranowo pada 28 Juli 2023. Ia terlihat kasihan karena kucing tersebut sedang sakit. "Kamu enggak boleh mati sekarang, kamu diobati dulu," sebut Ganjar di video.

3. Muhaimin Iskandar

Sebelum diumumkan jadi calon wakil presiden Anies Baswedan, Ganjar Pranowo sempat memberikan kejutan spesial ke Muhaimin Iskandar. Ganjar menghadiahkan sepasang burung Lovebird kepada Cak Imin. Video momen tersebut sempat diunggah oleh akun TikTok PDIP Perjuangan pada 18 September 2023. 

3 dari 4 halaman

4. Gibran Rakabuming

Sementara Gibran Rakabuming ternyata punya hewan peliharaan kura-kura sulcata telah ada sejak ia dilantik jadi Wali Kota Solo. Kura-Kura tersebut namun sudah disumbangkan ke Kebun Binatang Solo Safari, yakni sebanyak 8 induk.

"Ada yang dari Jogja, ada yang dari Jawa Timur, ada yang dari Bogor," ungkap Gibran saat ditanya wartawan asal kura-kura tersebut dibeli, dikutip dari YouTube Sekitar Surakarta, pada awal Januari 2023.

Menurut Gibran, memelihara satu kura-kura sulcata seperti halnya memelihara satu kambing saat sudah besar. Menurutnya biaya makan kura-kura terbilang masih murah, karena mereka makan jenis sayuran dari wortel hingga kangkung. Tapi habitatnya yang perlu disesuaikan agar kura-kura merasa hidup baik dengan tempat lebih besar dan di alam sehingga ia pun menyumbangkannya.

5. Mahfud MD

Saat YouTuber Atta Halilintar menyambangi kantor Mahfud MD, publik menjadi tahu tentang hewan peliharaan calon wakil presiden Ganjar Pranowo tersebut. Di salah satu ruang rapatnya, Mahfud ternyata memiliki akuarium besar dengan berbagai jenis ikan.

4 dari 4 halaman

6. Prabowo Subianto

Publik tentu sudah tahu tentang hewan peliharaan Prabowo. Politikus dari Partai Gerindra itu sempat mengungkapkan bahwa ia mengadopsi tiga ekor kucing.

"Introducing our new adopted family members; Mika, Miki, and Miko (Memperkenalkan anggota keluarga baru yang kami adopsi; Mika, Miki, dan Miko)," ungkap Prabowo di keterangan foto yang diunggah di Instagram pribadinya, Selasa, 7 September 2021.

Tiga ekor kucing menggemaskan itu tampak mendongak ke atas. Mika, Miki, dan Miko berdiri beralaskan kain motif batik. Unggahan Prabowo tersebut menyedot perhatian ribuan warganet. Bahkan lebih dari 200 ribu pengguna yang menyukai unggahan tersebut dan mengundang lebih dari 5 ribu komentar.

Tidak hanya dengan tiga kucing yang diunggah Prabowo, warganet juga rupanya penasaran dengan Bobby The K4T atau Bobby Kertanegara. Kucing kesayangan Prabowo itu sangat fenomenal karena memiliki akun Instagram sendiri dan punya ribuan pengikut.

Prabowo Subianto memang dikenal sebagai sosok penyuka binatang, termasuk kucing. Sekretaris pribadinya, Rizky Irmansyah, pernah menceritakan interaksi Prabowo dengan Bobby, kucing kesayangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini