Sukses

Koleksi Batik Lukis Agnes Budhisurya yang Diperagakan Model Usia 40-80 Tahun di Hari Batik Nasional 2023

Selain menampilkan model berusia 40-80 Tahun, koleksi batik lukis Agnes Budhisurya ditampilkan dalam fashion show menyambut Hari Batik Nasional yang dibuat tanpa panggung.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai acara digelar menyambut Hari Batik Nasional 2023 pada 2 Oktober 2023 lalu. Salah satunya diadakan pusat perbelanjaan Sarinah di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat pada Senin, 2 Oktober 2023. Perancang busana Agnes Budhisurya, dalam kesempatan ini, menghadirkan sebuah pameran fesyen yang memadukan tradisi dan inovasi di pusat perbelanjaan bersejarah tersebut.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa, 3 Oktober 2023, kurang lebih 30 hasil rancangan Agnes Budhisurya ditampilkan dalam event ini. Ada berbagai hal unik dan menarik dalam fashion show kali ini. Selain dibuat tanpa panggung yang biasa dilihat, mereka menampilkan para model, sosialita berusia antara 40 hingga 80 tahun.

Meski bukan model pada umumnya yang berusia muda, mereka berjalan dengan anggun di depan tatanan boneka manekin yang memakai gaun batik dalam berbagai rancangan. Setiap langkah mereka seolah mengajak kita untuk merasakan kekayaan tradisi batik yang telah ditafsirkan kembali melalui mata seni Agnes.

Agnes, dengan kreativitasnya, memperkenalkan cara baru dalam merayakan batik. Contohnya, ia memperkenalkan apa yang disebutnya sebagai "batik lukis". Dengan bantuan perajin batik dari Yogyakarta, Sragen, dan Pekalongan, Agnes mengirimkan desain dan gambar keseluruhannya pada selembar kertas dengan skala 1:1.

Usai proses canting, kain tersebut dikembalikan ke Jakarta, Agnes memberikan sentuhan akhir dengan pewarnaan menggunakan kuas lukis. Hasilnya adalah batik dengan warna yang bebas serta mencerminkan sentuhan spontan dan penuh perasaan dari sang perancang. Selain itu, dengan kebiasaannya yang unik untuk menggunting corak-corak batik dan menatanya kembali pada lembaran kain atau gaun, ia menciptakan sentuhan yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Batik dengan Corak Nusantara

Corak batik yang sudah digunting ini bukan hanya jadi bagian dari gaun, tetapi juga diaplikasikan sebagai aksesori, seperti kalung atau corsage, menambah keanggunan dan kedalaman pada setiap rancangan. Agnes dalam acara itu tidak hanya menampilkan batik, tetapi juga memadupadankan batik dengan corak nusantara lainnya dan menciptakan harmoni visual yang memukau. 

Acara lainnya dalam menyambut Hari Batik Nasional adalah Istana Berbatik 2023 yang digelar di Depan Istana Merdeka, Jakarta pada Minggu malam, 1 Oktober 2023. "Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik yang bukan hanya sebagai karya seni biasa, tapi merupakan Warisan Budaya Takbenda Dunia. Dengan simbolisme, teknik dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia," kata Presiden Jokowi (Joko Widodo) dalam kata sambutannya di Istana Merdeka, Jakarta.

Melalui Istana Berbatik, Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia serta aktif melestarikan dan mengembangkannya. Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Istana Berbatik Angela Tanoesoedibjo turut menyampaikan laporan kegiatan terkait acara ini.

"Istana Berbatik merupakan sebuah pagelaran busana yang menampilkan ragam batik Nusantara yang sarat akan makna, filosofis, dan keindahannya tak lekang oleh waktu," terangnya pada kesempatan yang sama.

3 dari 4 halaman

Peraga Istimewa di Istana Berbatik

Angela mengungkapkan bahwa pada pergelaran ini dapat disaksikan batik telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, dari masa ke masa, generasi ke generasi. Batik juga telah menjadi bagian dari diplomasi budaya Indonesia.

Catwalk Istana Berbatik adalah sepanjang 150 meter dengan latar belakang Istana Merdeka yang megah dan historis. Istana Berbatik akan menampilkan koleksi-koleksi terbaik dari berbagai kerajaan, UMKM binaan Bank Indonesia dan BRI, serta batik karya-karya perancang busana Indonesia," terang Angela.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menambahkan, "Pergelaran busana malam ini melibatkan 503 peraga istimewa, termasuk para perwakilan kerajaan, pimpinan lembaga negara, duta besar, para menteri, wakil menteri, para ibu OASE, para gubernur, para pejabat kementerian/lembaga dan daerah serta BUMN, public figure, atlet, dan model."

Acara ini, dikatakannya, turut dimeriahkan dengan persembahan seni tari, musik, dan pameran UMKM batik sebagai wujud dukungan bagi karya anak-anak bangsa. Acara malam ini dihadiri sebanyak 4.380 undangan, disiarkan secara nasional oleh media televisi dan online, serta melalui videotron dan LED di sekitar istana.

 

4 dari 4 halaman

Batik Menandai Peradaban Bangsa Indonesia

Dikutip dari laman Kemendikbud, Senin, 2 Oktober 2023, batik ditetapkan masuk ke dalam daftar Intangible Cultural Heritage atau ICH UNESCO pada 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Melalui sidang Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage UNESCO, batik resmi menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia ke-3, setelah keris dan wayang yang terlebih dahulu masuk ke dalam daftar ICH UNESCO.

Pada naskah yang disampaikan ke UNESCO, batik adalah teknik menghias kain yang mengandung, nilai, makna dan berbagai simbol budaya. Keterampilan ini diturunkan dari generasi ke generasi dan menjadi penanda peradaban bangsa Indonesia.

Batik sejatinya merupakan sebuah proses, memiliki nilai lebih dari selembar kain bermotif. Kain batik menjadi sarana manifestasi dari kesabaran, ketekunan, ketelitian serta falsafah hidup pembuat batik. Batik yang dimaksud adalah kain yang digambar dengan menggunakan alat tradisional yang disebut canting atau cap tembaga untuk mempercepat proses pembuatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.