Sukses

Rutinitas Perawatan Kulit ala Ricky Harun Atasi Ancaman Sinar UV dan Polusi

Ricky Harun memiliki rutinitas perawatan kulit yang dijalani untuk mengatasi ancaman sinar UV akibat terpapar sinar matahari secara intens.

Liputan6.com, Jakarta - Para pria cenderung memiliki pekerjaan atau aktivitas yang membuat mereka sering terpapar sinar UV yang intens atau dalam jangka waktu lama setiap hari. Karena itu, kaum adam membutuhkan perawatan khusus untuk melindungi kulit mereka dari paparan sinar matahari.

Dengan banyaknya edukasi, makin banyak pria yang peduli merawat kulitnya dengan memakai sunscreen atau tabir surya. Salah satunya dilakukan oleh aktor Ricky Harun yang menjadikan sunscreen sebagai bagian penting dari rutinitas perawatan kulinya.

"Saya sering beraktivitas di dalam dan luar ruangan. Semakin ke sini, makin sadar bahwa kulit saya memerlukan perlindungan ekstra terhadap tidak hanya sinar UV, tetapi juga sinar blue light dan polusi," ungkap Ricky saat peluncuran Kahf Triple+ Protection di Central Park Jakarta, Jumat, 30 September 2023.

Ia mengaku kini telah berubah. Anak dari artis Donna Harun ini dulu mengaku sempat bandel sering tak pakai sunscreen saat bermain bola padahal sering tersengat sinar matahari. Ia pun mengalami masa-masa kulitnya terbakar dan perih setelahnya.

"Mulai coba pakai sunscreen setelah olahraga, akhirnya kulit tidak lagi tersiksa," beber suami dari Herfiza Novianti tersebut.

Perubahan lain terkait perawatan wajahnya adalah kebiasaan membersihkan wajah dengan sabun mandi. Ia kini mulai memakai sabun wajah khusus dan dilanjutkan dengan memakai pelembab. Di keseharian, ia juga mulai memakai serum agar wajahnya tidak kering.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sunscreen Berbentuk Roll On Jadi Andalan

Di kesempatan yang sama, Ditto Percussion, musisi sekaligus Kahf Bro mengatakan aktivitasnya yang padat di bawah sinar matahari membuatnya perlu produk perawatan yang praktis bagi pria. Karena itu, ia suka dengan sunscreen dalam format stik.

"Saya jadi bisa mengaplikasikan sunscreen kapan pun dan di mana pun dengan mudah. Formula juga ringan nggak buat kulit terlihat berminyak sangat nyaman digunakan sepanjang hari," katanya.

Di tengah kondisi perubahan iklim, paparan sinar matahari, serta polusi, kulit tentu semakin harus terlindungi. Menyambung hal itu, dr. Pandu Pradana, SpKK selaku dermatologis ikut menyampaikan informasi mengenai peran utama sunscreen dalam rutinitas perawatan kulit pria dan seberapa pentingnya pemakaian sunscreen.

"Setiap pria harus menyadari betapa pentingnya melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak. Pajanan Sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit, mempercepat risiko penuaan kulit, kemerahan, bahkan meningkatkan risiko kanker kulit," ungkapnya.

Penggunaan sunscreen dengan formulasi khusus adalah langkah yang sangat penting dalam menjaga kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini. Ia pun mengingatkan agar pria jangan lupa melindungi kulit kalian setiap hari, terutama saat beraktivitas di luar ruangan. 

3 dari 4 halaman

Kulit Pria Lebih Tebal

Pria memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan wanita. Hal ini membuat kulit pria mengandung lebih banyak kolagen dan elastin, serat yang memberikan kekencangan pada kulit dan menjaganya tetap kencang.

Penelitian menunjukkan bahwa hal ini membuat kulit pria lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV, blue light, dan polusi. Kahf kini memiliki dua produk sunscreen, yaitu Triple+ Protection Sunscreen Moisturizer dan Invisible Matte Sunscreen Stick yang dirancang untuk memberikan perlindungan menyeluruh dan kemudahan penggunaan.

"Dalam setiap produk yang kami hadirkan, Kahf menggabungkan science dan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk dapat menciptakan produk perawatan diri yang aman dan efektif," ungkap Billy Dharmawan, Brand Manager Kahf. 

Didukung para ahli, ia menyatakan seluruh rangkaian produk Kahf telah melalui proses uji efikasi untuk memastikan produk yang aman dan efektif. Sunscreen juga diperkaya tujuh Soothing Botanicals yaitu Centella Asiatica, Japanese Knotweed Root, Chinese Skullcap Root, Camellia Sinensis Leaf, Licorice Root, Chamomile, dan Rosemary Leaf. Perlindungan yang diberikan yaitu SPF30 PA+++ terhadap sinar UVA dan UVB yang berbahaya.

4 dari 4 halaman

Tips Penggunaan Sunscreen

Mengutip dari kanal Hot Liputan6.com, Minggu, 1 Septemebr 2023, supaya tidak tertipu dengan sunscreen atau tabir surya palus, BPOM RI mengimbau kepada masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dalam memilih dan menggunakan tabir surya yang aman dan memberikan manfaat dalam perawatan kulit. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Selalu lakukan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin edar, dan Kedaluwarsa) sebelum membeli dan menggunakan kosmetik terutama tabir surya.
  2. Lakukan pengecekan informasi produk kosmetik yang terdaftar di BPOM melalui situs https://cekbpom.pom.go.id atau melalui aplikasi BPOM Mobile.
  3. Tekstur dan kekentalan tabir surya tidak berkorelasi dengan nilai SPF sehingga efektivitas penggunaan tabir surya pada kulit tergantung pada jumlah yang diaplikasikan pada area kulit dan jenis kulit masing-masing individu. 
  4. Tabir surya tidak melindungi kulit 100 persen dari paparan sinar matahari. Hindari terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari terutama di atas jam 10 pagi hingga jam 2 siang, meskipun telah menggunakan tabir surya.
  5. Ulangi penggunaan tabir surya dalam rentang waktu tertentu atau setiap 2 jam atau setelah kulit telah dibersihkan atau terkena air/keringat. Hindari menyimpan tabir surya pada tempat panas atau terkena sinar matahari langsung karena dapat merusak bahan tabir surya.
  6. Gunakan 15-30 menit dalam jumlah yang cukup dan merata pada area wajah dan kulit yang tidak tertutup pakaian sebelum terpapar sinar matahari dengan membaca terlebih dahulu petunjuk penggunaan dan peringatan pada label/kemasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini