Sukses

2 Hotel Indonesia Masuk Daftar 50 Hotel Terbaik di Dunia Tahun 2023, dari Bali dan Sumba

The World's 50 Best Hotels baru saja mengumumkan daftar tahunan mereka lewat seremoni yang terselenggara di Inggris, Selasa, 19 September 2023, waktu setempat. Duaa hotel Indonesia berhasil masuk daftar bergengsi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - The World's 50 Best Hotels baru saja mengumumkan daftar tahunan mereka lewat seremoni yang terselenggara di Inggris, Selasa, 19 September 2023, waktu setempat. Di antaranya, ada dua hotel Indonesia yang berhasil masuk daftar bergengsi tersebut.

Keduanya adalah Nihi Sumba yang berada di peringkat ke-18 dan di posisi 40 ada Desa Potato Head, Seminyak, Bali. Mengutip situs webnya, Kamis, 21 September 2023, Nihi Sumba ditulis sebagai akomodasi yang terletak di wilayah seluas 567 hektare, yang "sebagian besar belum tersentuh di pesisir barat Pulau Sumba yang terpencil di Indonesia bagian timur."

Diterangkan pula bahwa akomodasi itu "dekat dengan Taman Nasional Komodo dan satu jam penerbangan dari Bali." "Desain resor dengan 27 vila ini terinspirasi struktur jerami tradisional Sumba dengan atap runcing yang jadi ciri khasnya, terletak di perbukitan terjal di atas pantai pribadi, rumah bagi salah satu tempat selancar paling terkenal di dunia, Occy’s Left."

Dijelaskan bahwa Nihi Sumba memulai eksistensi sebagai pondok selancar dan mempertahankan semangat akomodasi sederhana, jalur batu kasar, penekanan pada aktivitas luar ruangan, mulai dari selancar, memancing, snorkeling, menunggang kuda, bersepeda gunung, sampai hiking.

Akomodasi itu juga disebut meningkatkan kemewahan hingga tingkat yang mengesankan, terutama mengingat lokasinya yang terpencil dan penekanan praktik keberlanjutan mereka. "Semua vila memiliki kolam renang tanpa batas pribadi, kamar mandi dalam dan luar ruangan, finishing kayu jati dan marmer, serta 'tuan rumah' yang berdedikasi," sebutnya.

Ulasan itu menyambung, "Resor ini memiliki spa di puncak tebing kedua yang spektakuler dengan ruang perawatan terbuka berpemandangan laut dan pabrik cokelat, kolam renang tanpa batas di tepi pantai, dan taman organik yang memasok sebagian besar produk untuk tiga restoran Nihi Sumba."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lingkungan dan Budaya

Mengingat kisah asal usul pondok selancar ini, kepedulian Nihi Sumba terhadap lingkungan, kehidupan laut, dan budaya Sumba "sangatlah tepat," ulasnya. Berkebun organik, fasilitas pengomposan dan daur ulang air, tempat penetasan penyu, program penjangkauan masyarakat (para tamu mempunyai kesempatan untuk berpartisipasi), dan langkah-langkah untuk melindungi kualitas air dan flora pulau semuanya merupakan bagian dari etos ini.

Mini bar yang lengkap di vila disediakan gratis dan makan malam pribadi ditawarkan pada para tamu. Ada Nio Beach Club dengan menu santai berupa ikan, taco, dan pizza. Lalu, Boathouse Bar, tempat untuk menikmati makanan ringan dan minuman sebelum makan malam, dan restoran utama Ombak dengan hidangan Indonesia dan Baratnya yang memberi kemewahan dan nuansa yang santai.

Sementara itu, Desa Potato Head berada di jantung desa kreatif Seminyak dan menawarkan layanan lebih dari sekedar hotel butik. Kontras dengan kemewahan klasik resor pantai bersejarah di seluruh pulau, di sini, sketsa yang terus berkembang memperlihatkan ruangan-ruangan modern di samping instalasi seni, klub pantai yang ramai, perpustakaan, dan toko konsep unik.

"Ini adalah pemandangan holistik yang menarik orang-orang kreatif, hedonis, dan penduduk lokal yang suka berjemur," tulis pihaknya.

 

3 dari 5 halaman

Arsitektur Memesona sampai Komitmen Keberlanjutan

Arsitekturnya menampilkan momen kelahiran melalui "The Womb," sebuah struktur bambu tempat pemberkatan air Bali dimulai dengan suara gong. Fasadnya dilapisi lebih dari 1,5 juta batu bata candi Bali yang dipres dengan tangan dan mengalir mulus ke kolam yang dilapisi ubin Batu Sakabumi buatan tangan.

Di dalam kamar tidur, dindingnya terbuka, material alami melimpah, dan furnitur abad pertengahan menghadirkan kesan modernisme tropis. Klub pantai ditemukan terbungkus dalam struktur melengkung mencolok yang dibangun dari penutup jendela reklamasi.

Keberlanjutan jadi fondasi Desa Potato Head. Sebagai seorang placemaker dan pelaku bisnis perhotelan, pendirinya, Ronald Akili, menganut prinsip inovasi radikal, dengan moto "Good Times Do Good" sebagai inti dari setiap keputusan kreatif. Sebagai merek perhotelan Asia pertama yang netral karbon, etos zero-waste tercermin dalam segala hal mulai dari desain, masakan, hingga pengalaman yang ditawarkan.

Lab Ubi Jalar membuat tempat sampah, nampan, dan keranjang dari plastik daur ulang dan sisa makanan, seperti cangkang tiram, anyaman daun palem, potongan dan sabut kelapa menyediakan sandal kamar yang dapat terbiodegradasi.

Restorannya menyediakan masakan asli Indonesia berpadu budaya global. Mantra dari peternakan ke garpu mengarah ke enam restoran, terletak di seberang lokasi dari klub pantai, hingga atap, sementara bar terbuka dan laboratoriumnya menyajikan persembahan modern menggunakan minuman beralkohol lokal tradisional, seperti arak dan jamu, ditambah buah-buahan lokal.

 

4 dari 5 halaman

Pemenang Tahun Ini

Posisi puncak daftar disabet Passalacqua, akomodasi yang baru dibuka lebih dari setahun lalu. Hotel di Italia yang menghadap Danau Como ini mengalahkan persaingan ketat untuk mendapatkan posisi teratas dalam daftar 50 Hotel Terbaik Dunia.

Terletak di sebuah vila abad ke-18 yang merupakan bekas rumah komposer Vincenzo Bellini, Passalacqua adalah ciptaan keluarga De Santis, yang juga berada di belakang Grand Hotel Tremezzo. Terletak di dalam taman bertingkat yang spektakuler dan terbentang hanya di 24 kamar, hotel ini menampilkan keahlian Italia terbaik dalam kemewahan hiasan keanggunan Barok.

Semua ini hadir dalam sebuah tempat peristirahatan yang indah, hampir seperti rumah pribadi, yang memanfaatkan lokasi tepi danau yang benar-benar ajaib.

50 Hotel Terbaik Dunia merayakan pengalaman hotel terbaik di seluruh dunia. Menggabungkan pengalaman penyelenggara selama bertahun-tahun sebagai pemimpin pasar global dalam menyediakan daftar restoran dan bar yang paling dapat diandalkan dan dikurasi para ahli.

The World's 50 Best Hotels adalah peringkat tahunan tempat-tempat terbaik di seluruh dunia yang dipilih panel yang terdiri dari 580 hotel global dan pakar industri.  Daftar ini dibuat The World’s 50 Best Hotels Academy, sebuah kelompok berpengaruh yang terdiri dari 580 pemimpin anonim di industri perhotelan, masing-masing dipilih berdasarkan pendapat ahli dan latar belakang mereka di dunia perhotelan. Ini terdiri dari sembilan wilayah pemungutan suara, masing-masing dipimpin seorang Ketua Akademi.

 

5 dari 5 halaman

50 Hotel Terbaik di Dunia Tahun 2023

  1. Passalacqua (Moltrasio, Itaia)
  2. Rosewood Hong Kong
  3. Four Seasons Bangkok at Chao Phraya River
  4. The Upper House (Hong Kong)
  5. Aman Tokyo
  6. La Mamounia (Marrakech, Moroko)
  7. Soneva Fushi (Maldives)
  8. One&Only Mandarina (Puerto Vallarta, Mexico)
  9. Four Seasons Firenze (Florence, Italia)
  10. Mandarin Oriental Bangkok
  11. Capella Bangkok
  12. The Calile (Brisbane, Australia)
  13. Chablé Yucatán (Chocholá, Mexico)
  14. Aman Venice
  15. Singita Lodges (Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan)
  16. Claridge's (London, Inggris)
  17. Raffles Singapura
  18. Nihi Sumba (Wanokaka, Indonesia)
  19. Hotel Esencia (Tulum, Mexico)
  20. Le Sirenuse (Positano, Italia)
  21. Borgo Egnazia (Savelletri, Italia)
  22. The Connaught (London)
  23. Royal Mansour (Marrakech)
  24. Four Seasons Madrid
  25. Aman New York
  26. The Maybourne Riviera (Roquebrune-Cap-Martin, Prancis)
  27. Rosewood São Paulo (São Paulo, Brasil)
  28. Capella Singapore
  29. Le Bristol Paris
  30. Park Hyatt Kyoto (Kyoto, Jepang)
  31. La Réserve (Paris)
  32. Gleneagles (Auchterarder, Skotlandia)
  33. Hotel Du Cap-Eden-Roc (Antibes, Prancis)
  34. Cheval Blanc Paris
  35. Four Seasons Astir Palace Hotel Athens
  36. Soneva Jani (Maldives)
  37. The Newt in Somerset (Bruton, Inggris)
  38. Amangalla (Sri Lanka)
  39. Hoshinoya Tokyo
  40. Desa Potato Head (Seminyak, Bali)
  41. Eden Rock (St. Barths)
  42. The Siam (Bangkok)
  43. Badrutt's Palace (St. Moritz, Swiss)
  44. Atlantis The Royal (Dubai)
  45. The Oberoi Amarvilas (Agra, India)
  46. NoMad London
  47. The Savoy (London)
  48. Equinox New York
  49. Six Senses Ibiza (Balearic islands, Spanyol)
  50. Hôtel de Crillon (Paris)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini