Sukses

Kronologi Lebih dari 50 Busana Mewah Balmain untuk Paris Fashion Week Raib Dicuri

Koleksi Balmain untuk Paris Fashion Week diklaim raib setelah truk yang membawa busana-busana tersebut dari bandara ke kantor pusat merek tersebut "dibajak."

Liputan6.com, Jakarta - Direktur kreatif Balmain mengaku lebih dari 50 busana rancangannya untuk Paris Fashion Week dicuri saat terjadi pembajakan di Paris, Prancis, akhir pekan kemarin. Kabar ini disampaikan Olivier Rousteing, yang memimpin Balmain sejak 2011, di Instagram-nya, Sabtu, 16 September 2023.

Melansir Insider, Selasa (19/8/2023), koleksi untuk pertunjukan mendatang menghilang setelah sebuah truk yang membawa desain dari bandara ke kantor pusat merek tersebut "dibajak." Olivier Rousteing tidak menyebutkan bandara mana atau waktu pasti dugaan pembajakan itu terjadi.

"Saya mulai membuat beberapa tampilan dengan tim saya dan pengemudi kami menelepon kami dan mengatakan bahwa dia dibajak sekelompok orang. Lebih dari 50 buah (pakaian) Balmain dicuri," tulisnya dalam unggahan. "Ini sangat tidak adil."

Perancang, yang baru berusia 25 tahun ketika ditunjuk jadi direktur kreatif Balmain, melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia dan timnya, serta pemasok mereka, harus bekerja siang dan malam untuk menutupi kerugian sebelum Paris Fashion Week berlangsung di akhir September 2023.

Dalam keterangan unggahannya, Rousteing mengatakan, "camion," bahasa gaul Perancis untuk truk, dicuri bersama puluhan desainnya. Ia pun mengatakan bahwa pengemudinya selamat, "Syukurlah." Ia kemudian mendesak para pengikutnya untuk "berhati-hatilah" karena "inilah dunia yang kita tinggali."

Tuduhan Rousteing tentang pencurian desain Balmain muncul tujuh tahun setelah teman sekaligus inspirasinya, Kim Kardashian, dirampok di bawah todongan senjata di Paris. Hollywood Reporter melaporkan pada 2016 bahwa Kardashian diancam dengan senjata dan ditahan di kamar mandi kamar hotelnya di Paris selama insiden tersebut, yang terjadi pada bulan Oktober tahun itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sampai Menangis

Para pencuri meninggalkan hotel dengan perhiasan sekitar 11 juta dolar AS, menurut Hollywood Reporter, dan Kardashian memberi tahu David Letterman pada 2020 bahwa ia takut akan diperkosa atau dibunuh saat itu. Sambil menangis, Kardashian bercerita tentang pengalamannya dalam acara "Keeping Up with the Kardashians" pada 2017.

Ia memberi tahu saudara perempuannya bahwa ia memikirkan rencana untuk melarikan diri sebelum memutuskan itu akan terlalu berisiko. "Mereka menyeret saya ke lorong, di atas tangga. Saat itulah saya melihat pistol itu sejelas siang hari," katanya.

Di edisi koleksi Paris Fashion Week Fall/Winter, awal tahun ini, Rousteing mempersembahkan koleksi yang "tidak mengecewakan," menurut Hypebeast. Tahun lalu, Balmain membuat pertunjukan tiada dua saat memulai debutnya di Festival Balmain di Stade Jean Bouin Paris.

Kala itu, 12 ribu "anggota tentara" Balmain berkumpul di bawah satu atap. Sementara musim lalu, Rousteing menjaga kejenakaan intim dengan mengadakan presentasi terbarunya di Le Carreau du Temple di ibu kota Prancis.

 

3 dari 4 halaman

Paris Fashion Week FW23

Untuk FW23, Direktur Kreatif Balmain mengenang warisan Pierre Balmain, serta gaya mewah Prancis yang mendefinisikan mereknya sejak awal. Sebagai penghormatan pada House, yang berusia 78 tahun, koleksi ini merenungkan sejarah panjang Balmain dengan memahami masa lalu dan melihat masa depan secara bersamaan.

Koleksinya merefleksikan sejarah House yang mencerminkan perjalanan transformasional yang menguraikan mentalitas Balmain. Setelan suede mewah menampilkan kerah perak besar yang dirangsang gerakan tubuh dan dipadukan dasi kupu-kupu megah, korset bertekstur, topi sarat pernyataan gaya, dan motif polkadot metalik yang mencerminkan desain merek dagang pendirinya.

Garis leher sensual terungkap terus-menerus, menghormati keindahan bentuk wanita di setiap potongan mode. Bagian pertama dari rangkaian ini menampilkan tampilan hitam-putih dinamis untuk perempuan modern dan menggunakan material kontemporer dengan kilau mewah.

Ansambel Mohair diikuti warna teal yang cerah, sementara seragam kotak-kotak yang terinspirasi dari staf penerbangan dipadukan gaun musim panas yang ringan dan pakaian malam sutra struktural yang berkilau di bawah sorotan lampu.

4 dari 4 halaman

Koleksi Kolaborasi

Terakhir, pakaian anatomi menguraikan proporsi manusia dengan konstruksi mutiara, sementara pakaian lain berkembang jadi formasi dengan lapisan tipis yang memperlihatkan sosok halus di bawahnya.

Koleksi kolaborasi juga pernah dipersembahkan Balmain X Barbie. Pada awal 2022, mereka berkolaborasi dengan menghadirkan koleksi pakaian netral gender dan serangkaian produk NFT eksklusif.

Mengutip Vogue, Rousteing saat itu menciptakan koleksi pakaian genderless untuk orang dewasa yang didominasi warna merah muda, yang terinspirasi boneka Barbie dan Ken.

"Seperti gambar kampanye kami yang sangat jelas, Barbie dan Balmain memulai petualangan yang sangat multikultural, inklusif, dan selalu penuh kegembiraan," terang Rousteing. Ini bukan kali pertama Rousteing berkolaborasi dengan Mattel.

Pada pertunjukannya tahun 2021, ia menghadirkan koleksi Barbie dan Ken di barisan depan. Perancang Balmain ini juga membuat pakaian untuk Barbie dari model legendaris Claudia Schiffer.

Dalam merancang produk, Rousteing menggabungkan ciri khas Balmain, yakni bantalan bahu, kancing emas besar, bahkan beberapa potongan couture berpadu visualisasi Barbie. Kolaborasi ini menampilkan 50 item pakaian dan aksesori, termasuk gaun, sweater, dan tas.

.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini