Sukses

Masalah Bau Badan Mengganggu Aktivitas Harianmu? Ketahui Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

Yuk, baca dulu informasi seputar penyebab dan tips mengatasi bau badan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa orang, bau badan yang berlebih atau tidak sedap kerapkali menjadi sebuah permasalahan yang mengganggu dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, kondisi ini bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang dan bahkan menjadi hambatan dalam menjalani aktivitas yang biasa dilakukan. Terlebih lagi, memiliki bau badan menyengat juga terkadang dapat membuat diri sendiri dihindari oleh orang lain di sekitar. 

Meski begitu, ada beberapa cara mudah dan efektif yang bisa kamu coba untuk membasmi aroma tubuh yang tak sedap ini. Adapun metodenya bisa berupa cara alami, menggunakan produk khusus untuk ketiak, mengubah pola hidup, memanfaatkan bahan-bahan alami, hingga melakukan treatment medis. Pasti kamu semakin penasaran dan tak sabar ingin mengetahuinya, bukan? Yuk, baca dulu informasi seputar penyebab dan tips mengatasi bau badan berikut ini.

Penyebab Bau Badan Menyengat dan Mengganggu

Begitu banyak orang yang salah paham dan mengira kondisi bau badan disebabkan oleh keringat. Padahal, keringat sendiri tidak memiliki aroma, sehingga tak bisa disebut sepenuhnya sebagai penyebab bau badan. Tapi, sebenarnya apa sih yang menyebabkan munculnya bau badan yang tak sedap dan mengganggu?

Diketahui bahwa bau badan disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Adapun keringat ini adalah yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin. Bagi kamu yang belum tahu, kelenjar apokrin merupakan salah satu kelenjar di tubuh yang berfungsi mengeluarkan cairan berlemak atau keringat yang lebih kental. Cairan atau keringat dari kelenjar ini biasanya keluar pada saat seseorang mengalami stress. Kamu dapat menemukan kelenjar ini di area berambut, seperti ketiak dan selangkangan.

Selain karena bercampurnya keringat dan bakteri, bau badan tak sedap bisa juga diakibatkan oleh beberapa jenis makanan tertentu. Mungkin ada dari kamu yang bertanya-tanya, apa kaitannya makanan dengan bau badan? Makanan tertentu yang kamu makan nyatanya dapat menjadi sumber bau badan, meski hanya sementara waktu. 

Nah, ketika berkeringat, makanan penyebab bau badan tersebut dapat memperkuat aroma tak sedap yang keluar dari tubuh kamu. Supaya tak kejadian, kamu pun perlu menghindari atau membatasi jenis makanan tersebut. Biasanya, makanan penyebab bau badan ini adalah bawang putih, daging merah, makanan laut (seafood), hingga minuman beralkohol. 

Cara Mudah Menghilangkan Bau Badan

Bau badan yang terjadi secara berkepanjangan tentu saja harus cepat diatasi. Meskipun tak menyebabkan bahaya yang fatal, namun terjadinya kondisi ini tetap bisa menimbulkan keresahan bagi orang-orang yang mengalaminya. Untuk itulah, berikut 5 cara mudah menghilangkan bau badan yang bisa kamu coba. Apa saja?

1. Gunakan Deodorant atau Antiperspirant

Bau badan tak sedap yang mengganggu akan bisa dihilangkan jika kamu menggunakan deodorant atau antiperspirant. Meski banyak orang yang menganggap bahwa keduanya sama, namun deodorant dan antiperspirant ternyata dua produk yang berbeda. 

Deodorant sendiri masuk ke dalam golongan kosmetik, sementara antiperspirant merupakan jenis obat-obatan. Selain itu, perbedaan keduanya juga bisa terlihat dari cara kerja produknya. Deodorant memiliki sifat antimikroba yang berfungsi mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan tak sedap. Selain itu, deodorant juga dapat bekerja sebagai wewangian yang menutupi bau badan.  

Di sisi lain, antiperspirant bekerja dengan memblokir pori-pori tempat keluarnya keringat dari dalam tubuh. Namun untuk memakai produk ini, kamu perlu memastikan ketiak sudah dalam keadaan bersih dan tak basah sama sekali.  

2. Jangan Lupa Menjaga Kebersihan Diri

Untuk mencegah terjadinya bau badan, maka kebersihan tubuh pun juga perlu kamu perhatikan. Bukan cuma perempuan saja, melainkan juga laki-laki. Terlebih lagi karena laki-laki terkadang lebih mudah berkeringat, namun sering tidak terlalu memedulikan penampilan serta kondisi tubuh mereka sendiri. Tak heran jika bau badan pria lebih sering terjadi ketimbang pada perempuan. 

Tapi itulah pentingnya menjaga kebersihan diri. Sebab, sebanyak apapun keringat yang dihasilkan, tubuh akan bisa tetap wangi dan bebas dari bau badan jika kebersihan diri selalu diperhatikan. 

Nah, salah satu cara dalam menjaga kebersihan diri adalah dengan mandi. Tapi sebelum itu, kamu wajib juga memilih sabun mandi yang tepat dan mampu mengusir bau tubuh yang tak tertahankan. 

Dalam memilih sabun mandi penghilang bau badan yang ampuh, maka pastikan bila produk tersebut memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik. Selain itu, cari pula sabun mandi yang memiliki keharuman alami dan bisa menutupi aroma tak sedap yang keluar dari dalam tubuh.

3. Keringkan Badan dengan Benar Setelah Mandi

Setelah selesai mandi, jangan lupa pula untuk mengeringkan tubuh dengan benar menggunakan handuk bersih. Pasalnya, bau badan yang tak sedap ini bisa saja sewaktu-waktu muncul bila badan dalam keadaan basah karena sehabis mandi. Hal ini mungkin saja terjadi karena bakteri biasanya lebih mudah berkembang di tempat yang basah atau lembap. Untuk itulah, menjaga tubuh tetap kering setelah mandi dan berkeringat harus selalu diperhatikan. 

4. Pastikan Memilih dan Mengenakan Pakaian yang Bisa Menyerap Keringat

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, tentu saja ada kalanya tubuh mengeluarkan keringat. Terlebih lagi bila melakukan aktivitas yang cukup berat, seperti berolahraga atau bekerja terlalu lama di bawah terik sinar matahari.

Oleh karena itu, kamu wajib menggunakan pakaian yang tepat agar keringat dapat diserap dan bau tubuh kurang sedap pun akan bisa dicegah. Biasanya, pakaian-pakaian yang mampu menyerap keringat tersebut terbuat dari kain katun, kain jersey, kain sutra, kain linen, dan kain chambray. 

Meskipun praktiknya sangat sederhana, namun cara mudah menghilangkan bau badan ini dinilai cukup efektif dalam melawan permasalahan aroma tubuh yang kurang sedap. So, jangan lupa menerapkan tips yang satu ini ya!

5. Perhatikan Asupan Makanan Sehari-Hari

Jika ada makanan penyebab bau badan, maka ada pula makanan untuk mencegah terjadinya bau badan. Yup, salah satu cara menghilangkan bau badan alami adalah dengan memerhatikan menu santapan sehari-hari. Sebab, what you eat is what you are.

Tapi, apa saja sih makanan yang bisa hilangkan aroma tubuh tak sedap ini? Ada beberapa jenis makanan yang nyatanya bisa membantu mengurangi aroma tubuh tak sedap yang kamu miliki. Di antaranya adalah sayuran hijau, makanan yang tinggi serat, buah-buahan citrus, jamur kancing, hingga makanan yang kaya akan seng (zinc). 

Nah, sekarang jadi lebih tahu dan paham bukan apa saja penyebab bau badan dan bagaimana untuk mengatasinya? Tentu saja ini semua bisa kamu terapkan langsung, ya. Sehingga, tubuh jadi beraroma harum, segar, dan kamu pun akan semakin percaya diri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini