Sukses

KAWS: Holiday Mampir ke Candi Prambanan, Bisa Dikunjungi hingga 31 Agustus 2023

KAWS: Holiday pertama kalinya dipamerkan di Candi Prambanan dan menjadikannya sebagai karya seni pertama yang hadir di situs warisan dunia UNESCO.

Liputan6.com, Jakarta - "KAWS: HOLIDAY" kembali melanjutkan perjalanannya. Kali ini, karya instalasi seniman asal Amerika Serikat itu mampir ke Indonesia, tepatnya di Candi Prambanan, Yogyakarta. Dalam kesempatan tur tahun ini, ia kembali berkolaborasi dengan AllRightsReserved untuk membawa patung monumental baru ke salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO itu.

Didukung oleh mitra lokal AKG Entertainment, pameran unik ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk merasakan perpaduan arsitektur kuno dengan seni kontemporer. Interpretasi kesepuluh itu bisa dikunjungi mulai hari ini, Sabtu (19/8/2023), hingga 31 Agustus 2023, dari jam 8 pagi hingga 5 sore setiap hari.

KAWS juga mengunjungi Indonesia pertama kali untuk menghadiri rancaian acara peluncuran dan meresmikan pembukaan pameran KAWS: HOLIDAY di Indonesia. Untuk pertama kalinya dalam tur enam tahun "KAWS: HOLIDAY", ia memperkenalkan kembali "ACCOMPLICE" yang pertama kali muncul sebagai figur vinyl yang dirilis oleh KAWS pada 2002.

Patung itu juga menjadi karya seni pertama KAWS yang ditampilkan di Situs Warisan Dunia UNESCO. Karya seni sepanjang 45 meter ini juga merupakan patung terbesar yang pernah diproduksi seniman hingga saat ini.

"Saya merasa terhormat dengan dipajangnya patung karya saya di Indonesia, di mana karya ini dapat dinikmati oleh publik dan menjadi bagian dari lanskap budaya yang dinamis di negara ini. Seni memiliki kekuatan untuk menyatukan orang dan menginspirasi koneksi yang bermakna, dan saya bersyukur atas kesempatan untuk berkontribusi pada hal itu melalui pekerjaan saya," ujar KAWS dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat, 18 Agustus 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Destinasi ke-10

Tur dunia 'KAWS:HOLIDAY' sebelumnya telah mengunjungi Seoul, Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Gunung Changbai, Melbourne, dan juga diluncurkan ke stratosfer. SK Lam, pendiri AllRightsReserved mengatakan bahwa KAWS: HOLIDAY kini mencapai tujuan kesepuluh. 

"Upaya artistik kami ini terus menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mempesona, saat kami mengungkap keajaiban terbaru kami: 'ACCOMPLICE’. Karya ini sekarang menghiasi Situs Warisan Dunia UNESCO, dan kami mengundang sesama penggemar seni untuk menikmati karya indah ini dan dengan terus menanti kunjungan kami berikutnya bersama-sama," katanya.

"Saya sangat senang bahwa KAWS:HOLIDAY telah memilih Indonesia dalam tujuan terbarunya. Kami berharap perpaduan antara warisan arsitektur kuno dan seni kontemporer ini dapat menampilkan keindahan dari apa yang dapat ditawarkan Indonesia kepada dunia. Saya juga berharap ini akan memungkinkan generasi muda untuk menemukan kembali dan menghargai situs bersejarah negara kita melalui sudut pandang yang baru," sahut Axton Salim, Board Member AKG Entertainment.  

Dibangun pada abad ke-9, kompleks Candi Prambanan tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1991. Didedikasikan untuk dewa-dewa Hindu, kuil-kuil dihiasi dengan patung-patung relief batu yang menggambarkan pengetahuan spiritual, para pahlawan, dan hewan. Situs ini terkenal dengan arsitekturnya yang tinggi dan runcing, dengan puncak kuil pusat mencapai ketinggian 47 meter. 

3 dari 4 halaman

Promo 17 Agustus

Untuk memperingati acara ini, KAWS bekerja sama dengan AllRightsReserved meluncurkan lini koleksi eksklusif untuk 'KAWS:HOLIDAY' INDONESIA, termasuk koleksi langka 'ACCOMPLICE'. Koleksi ini menampilkan figur vinil 'ACCOMPLICE' 11,5 inci dalam warna hitam dan pink edisi khusus.

Semua koleksi akan tersedia secara eksklusif untuk dijual di DDT Store mulai dari pukul 10 pagi WIB/11 pagi HKT pada 18 Agustus 2023, dan akan dikirimkan pada September 2023. Semua item bersifat first come first served, selama persediaan masih ada.

Sebelumnya, Candi Prambanan dan Candi Borobudur menggelar promo menarik dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia. Promo itu berupa menggratiskan tiket masuk ke dua candi bagi pemilik nama Agus.

Hal tersebut disampaikan melalui sebuah unggahan di akun Instagram Borobudur Park pada Selasa, 15 Agustus 2023. Dalam unggahan tersebut berbunyi, "Hai Agus, bawa satu orang yang kamu cintai, seperti kamu mencintai negeri ini."

Seperti keterangan tersebut, pemilik nama Agus tak sendiri menikmati gratis masuk, tetapi juga dapat mengajak satu orang yang ia cintai. Penawaran gratis ini hanya berlaku pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Anda bernama Agus dan ingin jalan-jalan ke Candi Borobudur hingga Candi Prambanan? Simak syarat-syaratnya berikut ini:

  • Bernama Agus
  • Membawa satu orang tercinta
  • Wajib membawa KTP
  • Berlaku di Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Ratu Boko. Khusus di Candi Borobudur, hanya sampai Pelataran Candi.
4 dari 4 halaman

Gambaran Candi Prambanan

Candi Prambanan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta. Lokasinya berada di Dusun Karangasem, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Candi Prambanan merupakan bagian dari gugusan percandian yang mendapat predikat sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage) dengan nama Prambanan Temple Compounds (Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Lumbung, Candi Bubrah, dan Candi Asu) dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) World Heritage Commiittee pada 13 Desember 1991 dengan Nomor C. 642, dikutip dari laman kemendikbud.go.id.

Candi Prambanan memiliki tiga halaman yang ditata memusat. Setiap halaman dibatasi pagar keliling. Pada halaman I (pusat) terdapat 16 candi antara lain: tiga candi utama (Candi Brahma, Candi Siwa, Candi Wisnu); tiga candi wahana (Candi Garuda, Candi Nandi, Candi Angsa); dua Candi Apit (Apit Utara dan Apit Selatan); empat Candi Kelir; dan empat Candi Patok.

Pada halaman II terdapat Candi Perwara berjumlah 224 dengan rincian: deret pertama 68, deret kedua 60, deret ketiga 52 dan deret keempat 44. Candi-candi tersebut tidak semuanya dalam kondisi utuh. Sebagian besar telah runtuh. Pada halaman III tidak ditemukan candi, hanya terdapat sebagian struktur gapura dan pagar.

Konfigurasi candi terkait dengan aspek-aspek spiritualitas yang secara kosmologis dapat diidentifikasi ke dalam dimensi makrokosmos (jagad gedhe) dan mikrokosmos (jagad cilik). Oleh karena itu, aspek filosofis, simbolik maupun fungsional praktis selalu hadir dan menjadi kekuatan di dalam bangunan percandian yang merupakan grha para dewa itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.