Sukses

Di Balik Tampilan Putri Ariani Bergaun Modern dengan Songket Rancangan Tiffany Liem Saat HUT ke-78 RI

Dalam busana serba merah, Putri Ariani buat suasana Istana Merdeka "pecah" saat membawakan lagu Rungkad di rangkaian perayaan HUT ke-78 RI.

Liputan6.com, Jakarta - Putri Ariani jadi salah satu penampil yang memeriahkan perayaan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). Putri Ariani muncul mencuri perhatian usai atraksi pesawat tempur Angkatan Udara RI berlangsung.

Dara berusia 17 tahun itu tampil membawakan dua lagu, yakni Putih Melati ciptaan Guruh Soekarno Putra dan Rungkad milik Vicky Tri Prasetyo yang berhasil membuat para tamu ikut bergoyang dan berhamburan ke lapangan, mendekat ke arah Putri.

Ia bernyanyi sambil memainkan piano di tengah para tamu yang hadir. Penampilannya kian memukau dengan mengenakan gaun merah hasil kreasi songket yang dirancang desainer Tiffany Liem.

"(Gaun) ini desain modern, tapi pakai songket Palembang," ungkap Tiffany saat dihubungi Liputan6.com melalui pesan langsung singkat di Instagram, Kamis (17/8/2023).

Tiffany bercerita, desain yang ia buat untuk Putri merupakan hasil diskusi dengan ibunda finalis America's Got Talent 2023 itu, yang sudah mengenali angle terbaiknya. Warna merah dipilih berkaitan dengan tema 17 Agustus.

"Karena kami ingin pakai kain daerah, yang terpikir langsung songket. Merahnya pun kami pilih bukan merah valentino, agar tetap menyala, tapi tidak terlalu mencolok," jelas Tiffany yang ternyata sudah beberapa kali mendesain baju Putri Ariani.

Mengenai inspirasi desainnya, Tiffany menyambung, "Terpikir butterfly sih waktu buat. Kami tambahkan ekor songket karena ketika Putri duduk di piano, ekornya akan mempercantik (siluet busana)."

Secara detail, baju yang dipakai Putri Ariani memiliki potongan lengan balon, dengan detail lace di bagian manset, agar tangannya yang bermain piano terlihat lebih cantik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inspirasi Busana Putri Ariani

Lebih lanjut Tiffany berkata, "Rok dalamannya itu semi mermaid agar tidak terlalu ngembang karena detail di badan atas sudah ramai. Sementara itu, kain songket Putri merupakan produksi Nita Songket Panjaitan yang tertera dalam unggahan foto dan video.

Saat ditanya, desainer itu menyebut proses pengerjaannya cukup kilat, yaitu dua minggu, membuatnya harus lembur setiap hari. Baju yang dipakai Putri saat tampil di Istana Merdeka untuk perayaan HUT ke-78 RI merupakan busana ketiga yang didesainnya.

Pertama kali, busana rancangan Tiffany dipakai dara bernama lengkap Ariani Nisma Putri itu saat Konser Wanita Bebat, beberapa waktu lalu. Menurut pengakuan Tiffany, desain busananya cocok dengan selera Putri dan ibunya karena tidak terlalu meriah.

Lalu, desain baju kedua darinya dipakai Putri di Telkomsel Awards saat tampil bersama David Foster. Akhirnya, busana Tiffany pula yang menemani Putri tampil di acara perayaan HUT ke-78 RI, Kamis pagi.

3 dari 4 halaman

Istana Ambyar karena Lagu Rungkad

Mengutip laporan kanal Global Liputan6.com, Istana Merdeka seketika dibuat ambyar oleh Putri Ariani. Lagu Rungkad yang dibawakannya mampu membuat para tamu berdiri dari kursi dan joget bersama. 

"Menggelegar sekali," tulis warganet di Live Streaming Peringatan HUT ke-78 RI di akun TikTok Liputan6.com, Kamis (17/8/2023). "Bangga sekali dengan Putri," lanjut pengguna lainnya.

Tidak lama setelahnya, Putri sempat mempromosikan bahwa ia akan kembali tampil di Semi Final AGT 2023 pada 5 September 2023, waktu LA, Amerika Serikat, 6 September 2023 waktu Indonesia.

"Pada yang terhormat bapak Presiden Joko widodo dan ibu Iriana, selamat siang. Putri mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya. Putri senang, bangga, dan terharu sekali bisa menjadi bagian peringatan kemerdekaan ke-78 RI. Dirgahayu RI terus melaju Indonesia," ungkap Putri.

Rungkad sendiri dikemas secara orkestra oleh tim pemusik yang bertugas di HUT ke-78 RI. Sebelumnya, warganet memang berharap Putri bisa tampil di upacara 17 Agustus 2023 di Istana Kepresidenan. 

4 dari 4 halaman

Disemangati Warganet Tampil di Istana

Keinginan itu pun akhirnya terabul. Putri bahkan sempat mengunggah waktu latihan jelang penampilannya di HUT ke-78 RI.

"Latihan dulu gaes untuk acara 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka. Semangat! Merdeka!!! Kira-kira Putri bakal bawain lagu apa nih guys, tungguin yah," kata Putri melalui keterangan foto di akun Instagram-nya, Rabu, 16 Agustus 2023.

Di unggahan tersebut, Putri tampak berpose di berbagai sudut Istana Kepresidenan Jakarta. Unggahan itu pun disambut warganet yang memuji Putri.

"Wah Ariani keren, hebat banget. Bersyukur Ariani diterima bagi banyak orang dan kalangan. Tetap semangat dan berkarya lebih baik lagi. Turut bangga dengan prestasi Ariani," kata salah satu pengguna.

Penyanyi Rossa pun mengunggah komentar menyemangati Putri. "Semangaaat Putri," kata Rossa di kolom komentar unggahan tersebut. Warganet lain menyebut dirinya ikut berbangga dengan pencapaian Putri. "MasyaAllah, Putri keren, aku ikut bangga," kata akun Instagram lain. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.