Sukses

6 Tips Liburan ke Luar Negeri Bareng Anak ala Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck

Pasangan Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck kerap liburan ke Jepang atau Swiss bersama dua anak mereka. Dengan mereka sering bepergian ke luar negeri, tentunya banyak yang penasaran bagaimana tips traveling ala Sabai dan Ringgo membawa dua anak tanpa pengasuh.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu negara favorit pasangan Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck untuk liburan dan main salju adalah Jepang. Keduanya menyukai Jepang terutama saat musim dingin. Musim dingin bisa dinikmati di sejumlah negara lain, tapi kenapa memilih Jepang?

"Kalau mau ngerasain musim dingin, Jepang adalah yang terbaik. Indah banget. Kami sempat ke Hokkaido," kata Ringgo saat ditemui di Central Park Mall, Jakarta Barat, beberapa hari lalu. Selain Jepang, Swiss juga termasuk negara favorit keluarga Ringgo untuk liburan.

Pasangan ini kerap bolak-balik ke Jepang atau Swiss bersama dua anak mereka. Melihat keluarga kecil mereka sering bepergian ke luar negeri, tentunya banyak yang penasaran bagaimana tips traveling ala Sabai dan Ringgo membawa dua anak tanpa pengasuh. Berikut beberapa tips liburan bersama anak ke luar negeri tanpa pengasuh ala Sabai dan Ringgo.

1. Beli Tiket Sejak Jauh Hari

Ringgo mengatakan bahwa membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari adalah salah satu triknya untuk mendapatkan harga yang lebih murah. "Tiket pesawat harus dibeli jauh-jauh hari biar lebih murah. Enaknya kalau bisa dapat kelas bisnis dengan harga agak murah, tapi di kelas ekonomi juga nggak masalah, tergantung pilihan tiap orang kan beda-beda," ujarnya.

2. Cari Penginapan dengan Fasilitas Lengkap

Sabai dan Ringgo lebih memilih untuk menginap di sebuah apartemen yang lengkap dengan kamar, dapur, serta ruang tamu.

"Kalau bisa cari penginapan dengan harga terjangkau. Biasanya kita cari kamar apartemen dengan dapur dan ruang tamu. Mereka biasanya punya mesin cuci juga jadi udah pas banget buat bawa keluarga," terang Sabai Morscheck.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Membawa Bekal

Dengan biaya liburan yang terjangkau dan fasilitas yang lengkap, membuat Sabai dan Ringgo tak khawatir membawa liburan membawa anak-anak. "Makanan biasa masak terus bawa bekal karena makanan di luar negeri terkadang rasanya kurang cocok dan harganya lumayan. Kita bisa masak yang simpel-simpel aja," kata Sabai.

"Terus bawa baju bisa sedikit karena kita bisa nyuci di penginapan, jadi koper enggak penuh sama baju dan jadi bisa masih bisa diisi belanjaan atau oleh-oleh," tutur Sabai.

4. Manfaatkan Akses Transportasi

Ketika liburan membawa anak-anak, pastinya kita ingin mengajak mereka mengunjungi sejumlah tempat wisata yang menarik dan ramah anak. Hal itu juga dilakukan pasangan Sabai dan Ringgo.

"Kalau di Swiss kita beli Swiss travel pass, itu berguna banget karena naik kereta, bus/tram, buat keliling-keliling jadi lebih murah. Biasanya dapet diskon juga buat ke tempa wisata. Pilihannya banyak dan ada yang fleksibel juga tanggalnya," terang Ringgo.

3 dari 4 halaman

5. Cari Penginapan yang Dekat dengan Supermarket dan Transportasi Umum

Agar lebih mudah, Sabai juga menyarankan untuk mencari penginapan yang dekat dengan transportasi umum atau supermarket. Ia belajar dari pengalaman liburan membawa anak biasanya ada barang atau makanan yang mendadak harus dibeli, makanya akan lebih muda kalau ada supermarket atau mini market.

"Kalau cari penginapan coba cari yang dekat sama akses transportasi umum dan supermarket biar enggak terlalu jauh jalan kaki, lebih enak kalau ada kenalan jadi bisa tanya-tanya daerahnya oke apa enggak," jelas Sabai.

6. Pilih Tempat Ramah Anak

Selain suka dengan salju, Sabai dan Ringgo memilih Jepang dan Swiss karena bagi mereka kedua negara tersebut termasuk negara dengan lingkungan yang ramah anak. "Kalau capek atau mager tinggal bawa anak-anak ke playground atau ke taman sambil kita nyantai-nyantai di rumput. Fasilitas dan permainan untuk anak-anak juga termasuk aman," ungkap Sabai.

Meski suka membagikan tips liburan bareng anak, Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck malah mengaku tidak punya tips liburan anti-ribet dengan membawa anak. Ada begitu banyak hal yang perlu dipersiapkan kalau mau liburan bersama anak apalagi kalau usianya di bawah setahun.

4 dari 4 halaman

Pengalaman Seru Bawa Anak Saat Liburan

Meski sudah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya, biasanya selalu ada 'drama' tak terduga di perjalanan maupun di lokasi wisata. Meski ribet, Ringgo dan Sabai justru menyambut segala keribetan selama liburan. "Kami enggak anti sama ribet. Kami cuma pasrah sama ribet, kami hadapi itu ribet-ribet yang kayak gimana pun kita selalu hadapi," jelas Ringgo.

Pemain film 'Keluarga Cemara' ini bercerita sang kakak heran dengan keputusannya mengajak anak yang dianggap terlalu kecil untuk berlibur.  Anggapannya, anak belum tentu ingat akan destinasi wisata yang dikunjungi terlebih di usia yang masih hitungan bulan. Lalu, kenapa tidak menunggu anak agak lebih besar?

"Kalau kita yakin anak kita itu tambah gede terus jadi kalau misal pengalaman sekarang, kita yakin itu enggak keulang," kata Sabai dan Ringgo seolah menyatukan pengalaman liburan dan proses anak bertumbuh. Bjorka Dieter Morscheck dan Curtis Ziggy Mars Morscheck, kedua buah hati mereka, benar-benar mewarnai liburan dengan kisah masing-masing.

Liburan ke Jepang di akhir 2022 merupakan momen Mars, anak kedua Ringgo-Sabai, sedang disapih atau lepas ASI. Sabai curhat proses sapih membuat sang anak kerap tantrum. "Itu kalau lagi menjerit bisa kedengeran satu gedung," ungkapnya.

Berbeda dengan Mars, si sulung Bjorka saat usianya lebih kecil sedang berlatih buang air di toilet. Saat liburan di Jepang diwarnai dengan adegan celana basah. "Ini pengalaman beneran. Waktu itu Bjorka sampai lima kali buang air, sampai kita beli celana baru saat itu," kata Ringgo sambil tertawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini