Sukses

Pihak Miss Universe Putuskan Kontrak dengan Poppy Capella, Disebut karena Dugaan Pelecehan Seksual

Organisasi Miss Universe memutuskan menghentikan kerja samanya dengan PT Capella Swastika Karya dan direkturnya, Poppy Capella, pemegang lisensi Miss Universe Indonesia. Lalu, bagaimana nasib pemenang Miss Universe Indonesia 2023?

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi Miss Universe memutuskan menghentikan kerja samanya dengan PT Capella Swastika Karya dan direkturnya, Poppy Capella, pemegang lisensi Miss Universe Indonesia. Hal ini dketahui melalui akun media sosial @MissUniverse usai ramai pemberitaan kasus dugaan pelecehan Miss Universe Indonesia.

"Mengingat apa yang telah kami pelajari dalam kejadian di Miss Universe Indonesia, menjadi jelas bahwa franchise atau lisensi ini tidak memenuhi standar merek, etika atau harapan kami sebagaimana diuraikan dalam buku panduan franchise dan waralaba kami," tulis Miss Universe Organization, pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

"Organisasi Miss Universe telah memutuskan untuk mengakhiri hubungan dengan pemegang lisensi saat ini di Indonesia, PT Capella Swastika Karya, dan direktur nasionanya, Poppy Capella,” lanjut pengumuman tersebut.

Menurut pihak Miss Universe, alasan mereka menghentikan kerja sama itu karena kasus pelecehan seksual yang terjadi dalam sesi body checking Miss Universe Indonesia pada 1 Agustus 2023 disertai foto tanpa busana para finalis. Hal itu dinilai jadi alasan utama bahwa perusahaan di bawah Poppy Capella ini tidak memenuhi standar yang ditetapkan Organisasi Miss Universe.

Mereka melanjutkan, "apa yang terjadi di kontes ini (Miss Universe Indonesia) sangat bertentangan dengan semua yang kami perjuangkan sebagai sebuah organisasi seperti memberikan tempat yang aman bagi wanita untuk mengekspresikan diri." Miss Universe Organization juga meminta maaf bagi kontestan Miss Universe Indonesia karena telah mendapatkan pengalaman buruk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lisensi Miss Universe Malaysia Juga Dibatalkan

Lisensi Poppy Capella terhadap penyelenggaraan Miss Universe Malaysia juga dibatalkan oleh pihak Miss Universe. Sementara itu, suami Poppy, Datuk Wira Justin Lim Hwa Tat, pebisnis terkenal di Malaysia saat ini dikabarkan menjadi buronan kasus korupsi di Malaysia.

"PT Capella Swastika Karya juga kepalanya tidak akan memegang lisensi Miss Universe Malaysia 2023 dan tidak akan diperpanjang kontrak tambahan dari organisasi kami. Kami akan membatalkan Miss Universe Malaysia 2023,” tulis Miss Universe Organization.

Kejadian ini sepertinya juga akan mengancam keberangkatan Fabienne Nicole sebagai pemegang mahkota Miss Universe Indonesia 2023. Dalam pernyataannya, pihak Miss Universe memang tidak menyebut secara jelas.

Namun ada kalimat yang bisa jadi menggagalkan keberangkatan Fabienne ke El Salvador pada November mendatang untuk memperebutkan mahkota Miss Universe 2023. Mereka mengindikasikan, Fabienne sebagai pemegang gelar kontes itu bisa berangkat mewakili Indonesia, tapi bisa juga orang lain, tergantung organisasi setelah lisensi terhadap Poppy Capella dicabut.

3 dari 4 halaman

Poppy Capella dan Miss Universe Indonesia 2023

Sebelumnya, Poppy Capella mengunggah potret di akun Instagram pribadi. Foto itu menampilkan dirinya pose bareng pemenang Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole. Di gambar itu, Fabienne Nicole mengenakan gaun bernuansa emas dengan selempang, trofi, dan mahkota kemenangan. Di sisinya, Poppy pun memakai busana serba emas dan tampak melipat tangannya. 

 

"Dengan gemerlap mahkota harapan yang menghiasinya, Miss Universe Indonesia 2023 berdiri sebagai mercusuar cahaya dan inspirasi. Bersinarlah dan jadilah harapan bercahaya yang kita percayai," tulisnya dalam bahasa Inggris di unggahan pada Rabu, 9 Agustus 2023 tersebut.

Unggahan tersebut dibanjiri komentar dari warganet, termasuk mereka yang salah fokus dengan sepatu hak tinggi yang dikenakan Fabienne. Tak sedikit yang menilai bahwa hak alas kaki tersebut terlalu tinggi.

"Saran untuk fabbie, seharusnya dia lebih percaya diri tanpa pake heels yang menjulang. Tunjukan kalau pendek itu bukan halangan jadi Miss Universe," sindir seorang warganet.

Yang lain menulis, "Kalo pendek ya pendek aja heelsnya ya ampun berasa mau karnaval."

4 dari 4 halaman

Pernyataan Poppy Capella Usai Dilaporkan ke Polisi

Selain salah fokus dengan sepatu hak tinggi, warganet juga mendesak Poppy Capella klarifikasi terkait dugaan pelecehan seksual yang dialami finalis Miss Universe Indonesia 2023. Banyak yang meminta klarifikasi hingga menuntut Poppy menyelesaikan kasus yang tengah melilit kontes kecantikan itu.

"Minimal klarifikasi dulu, jangan diam-diam kayak gak ada masalah, jangan sampai beauty pageant di Indonesia di banned gara-gara MUID," tulis seorang warganet.

Usai dilaporkan ke polisi dengan dugaan pelecehan seksual, Poppy sempat merilis pernyataan melalui unggahan di Instagram Story akun pribadi dan Miss Universe Indonesia pada Selasa, 8 Agustus 2023. Ia membagikan pernyataan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

"Terkait pemberitaan media mengenai hal-hal yang terjadi dalam perhelatan Miss Universe Indonesia, tentunya menjadi perhatian kami di Miss Universe Indonesia," bunyi pernyataan itu.

Pihaknya melanjutkan, "Kami telah melakukan investigasi dan memeriksa hal-hal yang dituduhkan kepada kami yang mana kami mengetahui hal tersebut dari media massa.

"Kami akan segera mengambil sikap maupun tindakan yang diperlukan terkait permasalahan ini agar menjadi jelas dan terang kebenarannya," tutup pernyataan tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini