Sukses

CEO Miss Universe Indonesia Mundur Usai Dugaan Finalis Difoto Tanpa Busana Saat Body Checking

Gelar Miss Universe Indonesia 2023 telah berhasil disabet Fabienne Nicole Groeneveld, wakil Jakarta pada malam final yang digelar di Beach City International Stadium, Jakarta, Kamis, 3 Agustus 2023. Usai kemenangan itu, ada kontroversi yang membelit ajang Miss Universe Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Gelar Miss Universe Indonesia 2023 telah berhasil disabet Fabienne Nicole Groeneveld, wakil Jakarta pada malam final yang digelar di Beach City International Stadium, Jakarta, Kamis, 3 Agustus 2023. Usai kemenangan itu, ada kontroversi yang membelit ajang Miss Universe Indonesia.

Dikutip dari Showbiz Liputan6.com, kabarnya ada sesi para finalis diminta untuk berfoto tanpa busana sebagai salah satu penilaian. Hal tersebut diungkap Province Director Sally Giovanny melalui unggahan di Instagram Story.

Ia menyampaikan bahwa ada body check dan foto tanpa busana yang membuat salah seorang finalis sampai menangis. "Ada apa ini? Body check terus difoto anaknya sampe nangis itu gimana konsepnya ya?," tulisnya dalam Insta Story yang dikutip, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Sally juga membagikan tangkapan layar percakapan dengan seseorang, seperti mengadukan kejadian tersebut. Tudingan itu bahwa kontes kecantikan itu melakukan pelecehan pun muncul dengan dugaan foto tanpa busana.

"Saya mendapat kabar anak-anak melakukan body check dan disuruh telanjang, tapi difoto, apakah ini diperbolehkan?" tulis pesan tersebut.

"Waduh, ini sudah keterlaluan. Siapa yang bertanggung jawab jika foto-foto telanjang tersebar?" balas pesan tersebut.

Dalam percakapan yang diunggah melalui Instagram Story, juga dibahas mengenai ancaman untuk melaporkan hal ini ke pihak kepolisian. "Ini body check yang benar, tidak boleh difoto!!" bunyi keterangan unggahan Sally Giovanny sambil mengunggah foto manekin.

Isu tentang foto tanpa busana pada ajang Miss Universe Indonesia tersebut masih terus berkembang. Namun, belum ada konfirmasi resmi dari pihak penyelenggara terkait dugaan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang Mundur

Setelah menyeruak dugaan tersebut, CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang menyampaikan pengunduran dirinya dari jabatan itu. Keterangan tersebut diungkapkannya dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya dengan bahasa Inggris pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

"Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menjabat sebagai CEO Miss Universe Indonesia selama masa kontrak kerja saya," bunyi pernyataan tersebut.

Ia menambahkan, "Saya ingin mengucapkan terima kasih terutama kepada Direktur Nasional kami, Ms. Poppy Capella karena telah mempercayakan saya dengan tugas dan misi besar ini untuk membawa kekuatan yang sangat percaya diri, memberdayakan perempuan, memimpin secara transformasi, untuk nilai-nilai inti yang baik dari Indonesia ke Universe."

"Saya mohon maaf, saya harus membuat keputusan untuk fokus pada karier dan pekerjaan saya sebelumnya di kampung halaman saya," jelasnya.

Dilanjutkannya, "Setiap informasi dan tanggung jawab mengenai Miss Universe Indonesia silakan hubungi melalui PT. CSK. Sekali lagi, terima kasih MUID, finalis, pendukung, dan pecinta kontes atas perjalanan luar biasa yang tak terlupakan seumur hidup ini. Sampai jumpa."

3 dari 4 halaman

Tutup Kolom Komentar

Dalam unggahan pernyataan pengunduran dirinya, Eldwen Wang menuliskan caption singkat, "Thank You letter to everyone." Ia juga menyertakan tagar "spread love not hate".

Ia mematikan kolom komentar dan tak ada tombol untuk "share post" atau membagikan unggahan tersebut. Namun sejak dibagikan pada Sabtu, 5 Agustus 2023, unggahan itu telah disukai lebih dari 1.600 kali.

Eldwen Wang juga sempat membagikan potret bersama Poppy Capella di Instagram Story. "Always be my sister. Thank you for respecting my decision," tulisnya sambil menandai akun Poppy.

Selain itu, ia juga tampak membagikan kembali unggahan berbagai pihak yang mendukung dan berterima kasih kepada dirinya. Unggahan itu membanjiri Instagram Story-nya.

Sebelumnya, PT Capella Swastika Karya resmi jadi pemegang lisensi Miss Universe Indonesia yang baru. CEO-nya, Poppy Capella, mengatakan bahwa penyerahannya dilakukan melalui surat resmi penunjukkan dari JKN Global Group, pemilik lisensi organisasi Miss Universe, pada Rabu, 8 Februari 2023.

"Prosesnya dimulai dengan pencarian dan seleksi ketat para talent yang memegang visi yang sama untuk kontes kecantikan, yakni kepemimpinan transformasional dan pemberdayaan perempuan. Setelah melalui beberapa proses, the-A-team untuk Miss Universe Indonesia terbentuk," katanya melalui pesan pada Liputan6.com, Jumat, 10 Februari 2023.

4 dari 4 halaman

Lisensi Miss Universe Indonesia Berpindah Tangan

Terkait citra seperti apa yang ingin dibangun Miss Universe Indonesia di bawah kepemimpinannya, Poppy Capella menyebut, "Saya yakin, ini saatnya kaum milenial untuk bersinar, dan saya ingin mewakili perempuan milenial di Indonesia untuk semakin maju, bisa memimpin, dan membawa perubahan."

"Perubahan itu terasa susah di awal, namun saya percaya perubahan itu diperlukan untuk jadi pribadi yang lebih baik lagi," tuturnya. "Untuk Miss Universe Indonesia (pihaknya akan) menentukan standar baru yang next level bagi wakil Indonesia di ajang kecantikan internasional."

Poppy menyambung bahwa PT Capella Swastika Karya akan memegang lisensi Miss Universe Indonesia setidaknya sampai empat tahun ke depan, sesuai perjanjian yang sudah disetujui bersama.

Ditanya peran krusial Miss Universe Indonesia ke depannya, keponakan pedangdut Inul Daratista ini mengatakan, "Miss Universe Indonesia kelak akan membawa nama Indonesia di kancah internasional. Saya percaya, setiap perempuan di Indonesia unik dan punya talenta masing-masing."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini