Sukses

Turis Asing Bagikan Beda Makan di Luar Rumah Bersama Anak di Bali versus Eropa

Melalui video TikTok @thelifeplan.family yang dibagikan 26 Juli 2023, seorang TikToker memperlihatkan beda momen ketika makan di luar rumah bersama anak saat di Bali versus Eropa. Klip tersebut saat artikel ini ditulis sudah mencatat lebih dari 12 juta penayangan.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah lama sejak Bali jadi tujuan wisata jutaan turis asing setiap tahunnya. Karena itu, ada banyak konten liburan di Pulau Dewata dari wisatawan mancanegara (wisman) yang menghiasi jagat maya, dan salah satunya sedang jadi tren.

Melalui video TikTok @thelifeplan.family yang dibagikan 26 Juli 2023, influencer itu memperlihatkan beda momen ketika makan di luar rumah bersama anak saat di Bali versus Eropa. Di rekaman yang saat artikel ini ditulis sudah mencatat lebih dari 12 juta penayangan itu, ia menulis, "Europe vs Bali 😂🙈."

Klip berdurasi 13 detik itu diawali dengan scene ketika mereka makan di sebuah restoran di Eropa, kendati tidak disebut spesifik di mana. Kala itu, si ayah harus minum sambil menggendong bayi mereka. Sementara di Bali, pemandangannya tidak demikian.

Alih-alih tetap berada di meja makan, bayi tersebut diajak bermain orang-orang yang tampaknya staf restoran tersebut. Dengan demikian, orangtua bisa makan dengan lebih tenang dan leluasa. Kolom komentar unggahan itu pun banjir berbagai tanggapan.

Ada yang mengaku sebenarnya ingin mengajak main bayi orang lain di restoran, tapi "takut tidak dibolehin orangtuanya." "Itu enggak cuma di Bali aja. Abis mereka gemes banget," kata salah satu warganet.

Beberapa menulis komentar sarkas, menulis, "Kalau bukan anak bule tetep dijagain enggak ya?" yang dijawab pengguna lain, "Anak saya bukan bule, tapi dijagain juga kok. Kemarin sepanjang liburan di Bali enggak ada repot gantian makan buat jaga anak."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Hanya di Bali

Ada juga TikToker yang berkomentar, "Pas ku ke Jogja juga begini kok, jadi ibu bapaknya bisa makan dengan tenang haha." Turis lain, yang juga acap kali mengajak anaknya, mengaku akan menambah Bali ke destinasi perjalanan mereka selanjutnya.

"Eropa sebelum punya anak, Bali setelah punya anak," kelakar yang lain menanggapi komentar tersebut. Ada juga yang menyebut bahwa kebanyakan negara Asia Tenggara akan melakukan hal yang sama.

"Saya juga punya pengalaman serupa di Malaysia. Sepertinya orang-orang ini memang sangat suka anak-anak secara umum," tulis seorang pengguna. Komentar itu dibalas si pemilik akun dengan menulis, "Terima kasih sudah memberi tahu saya. Saya pasti akan memasukkan Malaysia di destinasi berikutnya. Saya sangat suka energi mereka."

Terdapat pula warganet yang menceritakan pengalaman serupa, tapi bukan di restoran. "Suatu hari saya pergi ke taman hiburan dan seorang petugas tiket menawarkan mengawasi bayi laki-laki saya sehingga saya bisa naik roller coaster 😂😂😂 Itulah Indonesia," ia bercerita.

 

3 dari 4 halaman

Instagram vs Realita Bali

Namun, liburan ke Bali nyatanya tidak selalu sesuai espektasi. Ini salah satunya terbukti melalui konten seorang turis Australia yang memperlihatkan beda realita Instagram dan realita asli Pulau Dewata.

Klip singkat di akun TikTok @victoria_goulbourne, yang diunggah pada 11 November 2022, telah ditonton lebih dari 46 juta kali saat artikel pertama kali ditulis. Video bermula dengan memperlihatkan pemandangan sebuah resor yang menawan di Canggu Bali, menampilkan kolam renang dan kursi santai.

Lalu, kamera disorot ke sekeliling untuk melihat pemandangan yang "agak mengecewakan." Rekaman itu dilengkapi latar belakang lagu dengan lirik, "My life be like oh, ah" ketika menunjukkan resor, kemudian "oh ah, oh" saat menyoriot pemandangan dari akomodasi disertai tawa histeris.

Kursi geladak resor mengarah ke pemandangan yang diharapkan memiliki keindahan menakjubkan. Padahal, itu sebenarnya hanya rawa banyak lumpur, batang kayu, rumput, dan semak yang terlihat karena rendahnya permukaan air di hutan bakau yang berdekatan.

4 dari 4 halaman

Ragam Komentar Warganet

Di TikTok, Victoria menulis, "Jangan tertipu oleh Insta #instavsreality." Sementara itu di Instagram, di mana ia juga kemudian mengunggah video, tertulis, "Semua lelucon, ily (i love you) benar-benar Bali. Melihat seolah-olah ini baru saja mencapai 20 juta tampilan di TikTok, saya pikir saya akan membagikannya di Insta."

Victoria mengklarifikasi bahwa ia tidak menginap di akomodasi itu, dilansir dari news.com.au, 27 November 2022. Pelancong yang setelahnya melawat ke Ho Chi Minh, Vietnam ini tidak menyangka akan mendapat reaksi dari videonya.

Beberapa warganet dengan cepat menunjukkan bahwa resor di Bali itu berdekatan dengan "situs hutan bakau," sementara yang lain mengatakan untuk kembali di lain waktu demi melihat pemandangan lebih baik. "Anda tidak tahu bagaimana hutan bakau terlihat saat air surut?" komentar seorang pengguna.

Yang lain setuju, menulis, "Tapi itu bersih. Ini hanya air surut." Sedangkan warganet lain berkomentar, "Hahaha kembali lagi kalau bukan musim hujan." Namun, yang lain setuju dengan videonya.

"Itulah yang saya bicarakan. Bali hanya indah di foto," tulis seseorang, sementara yang lain mencatat, "Kursi geladak mereka menghadap ke arah yang salah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.