Sukses

Ragam Tips Memilih Mesin Kopi Kapsul yang Cocok di Kantor, Ngopi Jadi Lebih Simpel

Ada tiga mesin kopi kapsul yang direkomendasikan Nespresso Indonesia sesuai jumlah karyawan di kantor.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya untuk pemakaian individu, lewat pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2023 yang berlangsung sampai hari ini Jumat (28/7/2023), Nespresso Indonesia memperkenalkan sederet mesin kopi kapsul untuk bisnis. Ini termasuk mesin kopi kapsul yang bisa digunakan di kantor.

Brand Director Nespresso Indonesia, Yuliantina Widjaja, pun berbagi tips memilih mesin kopi kapsul di kantor. "Pertama, harus tahu dulu butuh (mesin kopi) buat berapa orang, supaya bisa disesuaikan dengan kapasitas masing-masing mesin," katanya saat ditemui di area pameran FHI 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa, 25 Juli 2023.

Kemudian, penting untuk memastikan aliran listrik yang stabil agar mesin kopi kapsul lebih awet. "Terakhir, pilih mesin kopi yang mudah digunakan. Karyawan kadang bingung kalau mesin kopinya terlalu rumit. Karena itu, mesin kopi kami (didesain) simple to use, tinggal pencet-pencet saja," ujar dia.

Manager Nespresso B2B, Pramavita Swissia, menyambung dengan merekomendasikan jenis mesin kopi kapsul sesuai jumlah karyawan. "Kalau di kantor ada 10--50 karyawan, kami rekomendasikan (mesin kopi kapsul) yang Zenius," katanya, menambahkan bahwa kapasitas mesin ini bisa menyajikan 70 cangkir kopi per jam.

"Lalu, kalau kantornya ada sampai 150-an karyawan, bisa pilih yang Momento," imbuhnya. Mesin ini dijelaskan menawarkan pilihan lima ukuran cangkir yang bisa memfasilitasi jenis kopi favorit yang bisa jadi berbeda bagi setiap karyawan.

Pramavita berkata, "Kemudian, 150--200 (karyawan) ke atas pasti Aguila 220." Selain espresso, mesin kopi kapsul ini juga bisa menyeduh sajikan kopi susu, termasuk cappuccino dan latte macchiato.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kecanggihan Aguila 440

Selain ketiganya, pihaknya juga memperkenalkan Aguila 440 di FHI 2023. Rangkaian produk mesin kopi kapsul ini akhirnya tidak hanya menargetkan perkantoran, namun juga bisnis hotel dan restoran.

Vice President Kanmo Group, distributor resmi Nespresso di Indonesia, Mark Senior, berkata, "Nespresso terus berinovasi menciptakan rangkaian produk yang dapat mendukung para pencinta kopi, termasuk pemilik usaha makanan dan minuman, perkantoran, serta perhotelan di Indonesia."

"Kehadiran Nespresso Professional di ajang FHI 2023 jadi wadah untuk mempertemukan para pelaku usaha segala jenis ukuran ke rangkaian mesin kopi terbaik yang mudah digunakan, tanpa mengorbankan kualitas dan rasa," imbuhnya.

Mesin terbaru yang diperkenalkan untuk pertama kali di Indonesia, Aguila 440, diklaim menggabungkan desain, kualitas, dan performa profesional. Aguila 440 dinilai ideal untuk usaha segala ukuran karena "memenuhi kebutuhan usaha yang banyak tuntutan."

Melalui layar display, pengguna mesin ini dapat mengoperasikan kopi dengan instruksi otomatis dan jadi "pendukung terbaik untuk bisnis bervolume tinggi karena dapat menghasilkan hingga 300 cangkir kopi setiap jam." 

3 dari 4 halaman

Rental Mesin Kopi Kapsul

Dengan empat extraction heads di kedua sisi mesin dan tekanan sebesar 19-bar, Anda bisa membuat secangkir kopi dalam pilihan ristretto, espresso, lungo, serta 16 resep kopi susu, seperti cappuccino, cafe latte, dan latte macchiato. Mengelevasi pengalaman pengenalan mesin, Nespresso menyediakan sampling dengan chocolate pairing.

"Kami ingin memberi pengalaman meminum kopi ala Nespresso untuk mendemonstrasikan kenikmatan yang kami tawarkan. Dengan memberi pengalaman kopi berstandar Grand Cru atau superior, para calon pengguna Nespresso dapat memahami pentingnya memiliki mesin kopi berskala tinggi untuk kebutuhan bisnis perhotelan, mamin (makanan minuman), atau perkantoran," ucap Pramavita.

Selain membeli, mesin kopi kapsul ini juga bisa dirental. "Setiap bulan ada fee yang harus dibayarkan," sebutnya. "Kerja sama selama tiga tahun, mesin nanti jadi milik mereka. Itu option dari kami."

Sementara terus mengekspansi penawaran di bisnis hotel, termasuk hotel lokal, seiring buka kembalinya restoran setelah terdampak pandemi COVID-19, mereka juga mulai melirik sektor tersebut. "Lagi cari-cari mitra di (restoran) fine dining juga," kata Pramavita.

4 dari 4 halaman

Komitmen Keberlanjutan

Melengkapi booth di FHI 2023, Nespresso menghadirkan informasi seputar komitmen sustainability mereka, termasuk dengan mendukung rantai pasok kopi berkelanjutan, katanya. Siklus kapsul mereka kembali digaungkan.

Dijelaskan bahwa kapsul pipih yang digunakan untuk mesin kopi profesional dapat didaur ulang sepenuhnya. Demi mempermudah proses tersebut, setiap kapsul yang sudah digunakan dapat dititipkan pada tim Nespresso saat pengiriman pesanan kopi rutin.

Aluminium yang digunakan pada kapsul akan didaur ulang jadi produk aluminium lain. Di sustainability corner, pengunjung dapat melihat contoh produk yang dihasilkan dari bahan aluminium yang terbuat dari limbah kapsul kopi. Kopi yang telah digunakan juga akan didaur ulang jadi kompos, dan didistribusikan pada kelompok petani mitra, yang salah satunya berlokasi di Jawa Barat.

"Di Nespresso, kami tidak hanya mengedepankan kualitas, namun juga after sales service. Karena pemakaian yang tinggi, mungkin saja mesin eror, itu akan kami bantu. Kami punya teknisi yang akan merespons maksimal enam jam sejak keluhan. Nanti bisa dibantu lewat telepon, video call, atau langsung datang ke lokasi," tandas Pramavita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.