Sukses

Berapa Rata-Rata Harga Pasaran Seragam Sekolah Saat Ini?

Harga seragam sekolah jadi sorotan setelah sebuah sekolah negeri menjual busana para siswa dengan harga yang dinilai kemahalan.

Liputan6.com, Jakarta - Isu zonasi PPDB belum benar-benar beres, sudah muncul lagi isu lain yang disorot warga. Hal ini berkaitan dengan penjualan paket seragam sekolah dan berbagai atribut oleh sejumlah sekolah yang dinilai kemahalan.

Dalam nota pembelian tertulis bahwa harga satu stel seragam abu-abu putih mencapai Rp359.400. Sementara, seragam pramuka dihargai Rp315.850. Harga termahal di daftar itu adalah satu stel pakaian khas yang mencapai Rp440.550. Bahkan, satu jilbab saja dihargai Rp160 ribu. Apakah harga tersebut wajar?

Untuk memberikan gambaran lebih lanjut mengenai harga seragam sekolah, Liputan6.com menelusuri harga pasaran seragam sekolah di lima platform e-commerce terbesar di Indonesia, yaitu Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli.

Di Shopee, toko irnahawa.26 menawarkan baju seragam untuk perempuan tanpa sabuk dengan harga Rp100 ribu. Sedangkan, toko jadi_jaya menawarkan seragam untuk laki-laki dengan tambahan sabuk, dasi, dan kaus kaki dengan harga Rp128 ribu.

Sementara itu, di Tokopedia, toko DALIMO menawarkan seragam untuk perempuan tanpa sabuk dengan harga Rp183 ribu dan toko Amorani menawarkan seragam saja untuk laki-laki dengan harga Rp115 ribu.

Di Lazada, toko Oren Seragam Sekolah menawarkan seragam sekolah lengkap dengan ikat pinggang untuk laki-laki dengan harga Rp159 ribu, sedangkan toko Seragam Sekolah Azhari menawarkan harga seragam sekolah untuk perempuan yang belum termasuk ikat pinggang Rp140 ribu.

Berikutnya, toko Zidny Shop di Blibli menawarkan celana seragam abu-abu untuk laki-laki saja dengan harga Rp237 ribu. Terakhir, di Bukalapak, toko melinda fashion menawarkan seragam laki-laki yang sudah dilengkapi dengan sabuk dengan harga Rp179 ribu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Seragam Pramuka

Di Shopee, toko jadi_jaya menawarkan set seragam pramuka untuk laki-laki lengkap dengan sabuk dan kaus kaki dengan kisaran harga Rp129 ribu hingga Rp146 ribu. Sementara itu, toko la.gallery_ menyediakan set seragam pramuka untuk perempuan tanpa sabuk dan kaus kaki dengan harga Rp128 ribu.

Pindah ke platform Tokopedia, Lil Firdaus menawarkan set seragam pramuka untuk perempuan yang meliputi sabuk, topi, dan kaus kaki dengan harga Rp115 ribu. Di toko yang sebelumnya, jadi_jaya, set seragam pramuka laki-laki lengkap dengan sabuk dan kaus kaki ditawarkan dengan harga Rp109 ribu.

Di Lazada, toko Seragam Sekolah Murah menawarkan set seragam pramuka untuk perempuan lengkap dengan sabuk dan kaus kaki dengan harga Rp126 ribu. Lil Firdaus juga hadir di platform ini, menawarkan set seragam pramuka untuk laki-laki yang sudah termasuk topi, sabuk, dan kaus kaki dengan harga Rp120 ribu.

Di Blibli, toko Zidny Shop menyediakan set seragam pramuka untuk laki-laki saja, lengkap dengan sabuk, ikat pinggang, dan kaus kaki dengan harga Rp215 ribu.

Sementara itu, di Bukalapak, Anda dapat menemukan atribut pramuka yang terdiri dari peluit, topi, kacu, sabuk, dan pisau dengan harga Rp28 ribu.

3 dari 4 halaman

Atribut Lainnya

Untuk ikat pinggang, di Shopee, toko padajayacollection menawarkan dengan kisaran harga Rp4 ribu hingga Rp6 ribu. Di Tokopedia, Oselo Official Shop menawarkan ikat pinggang dengan harga Rp5 ribu. Di Lazada, Ip_Storejkt menawarkan ikat pinggang dengan harga Rp9 ribu. Di Blibli, toko HL Accessorize menjual ikat pinggang dengan harga Rp6 ribu. Sementara itu, di Bukalapak, Trust MediShop menawarkan ikat pinggang dengan harga Rp6 ribu.

Sedangkan untuk jilbab, variasi harga lebih beragam. Di Shopee, toko dyr_id menawarkan jilbab dengan harga termurah, yaitu Rp7 ribu, sedangkan toko kaleci menawarkan jilbab dengan harga tertinggi, yaitu Rp50 ribu. Di Tokopedia, toko Nayla Hija'b menawarkan jilbab mulai dari Rp12 ribu, dan toko Dalila Collection menawarkan jilbab hingga Rp45 ribu.

Di Lazada, toko Afifah Collection menawarkan jilbab mulai dari Rp12 ribu, sementara toko KHYMAR menawarkan jilbab sampai Rp20 ribu. Di Blibli, toko Haidar Kids menjual jilbab dengan harga Rp55 ribu. Di Bukalapak, toko Rumah Hijab Nafeeza menawarkan jilbab mulai dari Rp23 ribu, sementara toko Jilbab Nafisa menawarkan jilbab hingga Rp39 ribu.

4 dari 4 halaman

Fenomena Seragam Mahal

Sementara itu, melansir kanal Global Liputan6.com pada 25 Juli 2023, baru-baru ini masyarakat dibuat kaget dengan harga seragam sekolah menengah di salah satu kota di Indonesia yang terpantau mahal. Berita itu terkuak lewat curhatan warganet yang merasa resah karena total harga seragam sekolah yang mencapai jutaan rupiah.

Belakangan terkuak bahwa sekolah itu berada di Tulungagung. Plt Kepala SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung dilaporkan dicopot dari jabatannya buntut penjualan paket seragam yang dibanderol hingga Rp2,3 juta oleh sekolah.

"Keputusan ini diambil setelah tim identifikasi menemukan adanya standar operasional prosedur (SOP) yang tidak dipatuhi sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Aries Agung Paewai, Senin, 24 Juli 2023.

Dispendik Jatim akan memonitor dan evaluasi (monev) terhadap tingkat kepatuhan masing-masing satuan pendidikan. Pihaknya juga menginstruksikan satuan pendidikan SMA, SMK, dan SLB negeri tidak mewajibkan pembelian seragam sekolah yang ditentukan oleh sekolah.

"Setiap satuan pendidikan dilarang mewajibkan orangtua atau wali murid untuk membeli seragam dari koperasi sekolah. Jadi, tidak boleh ada paksaan pembelian seragam sekolah melalui koperasi," katanya.

Aries menegaskan tidak pernah memberikan arahan untuk menunjuk seseorang sebagai distribusi pakaian seragam sekolah. Sebagai Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Aries meminta orangtua yang keberatan dengan biaya baju seragam dari koperasi, bisa mengembalikan seperti saat membeli dalam kondisi semula dalam bentuk kain yang belum dijahit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.