Sukses

Sosok Ayu Heni, Istri Wamen BUMN Rosan Roeslani yang Modis dan Cinta Kebaya

Istri Wamen BUMN Rosan Roeslani, Ayu Heni Rosan yang suka mengenakan kebaya merupakan Founder dari Yayasan Citra Kartini Indonesia (CIRI), yaitu organisasi sosial yang bergerak untuk pemberdayaan perempuan serta seni.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi (Joko Widodo) baru saja melantik Rosan Roeslani masuk menjadi Wakil Menteri (Wamen) BUMN di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (17/7/2023). Ia menggantikan Wamen BUMN I, Pahala Nugraha Mansury yang dipindahkan sebagai Wakil Menteri Luar Negeri.

Sebelum jadi Wamen BUMN, Rosan merupakan pengusaha yang diberi tugas terakhir sebagai Dubes RI untuk Amerika Serikat. Ia juga sudah banyak menorehkan nama untuk berbagai posisi penting lainnya. Sebut saja Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin di pilpres 2019-2024, hingga salah satu pemilik klub sepak bola Inter Milan bersama Erick Thohir dan Handy Soetedja.

Melansir kanal Bisnis Liputan6.com, pria bernama lengkap Rosan Perkasa Roeslani ini sudah tiba di Kantor Kementerian BUMN tak lama pasca-pelantikan. Ia mengaku akan bertemu untuk meminta wejangan kepada Menteri BUMN, Erick Thohir.

Tak hanya Rosan yang menjadi sorotan, sang istri Ayu Heni Rosan sering kali menarik perhatian sejak Rosan menjadi Dubes AS pada Oktober 2021 lalu. Selain cantik, penampilan yang elegan dan modis membuatnya ramai dipuji.

Ayu merupakan pendiri Yayasan Citra Kartini Indonesia (CIRI), yaitu organisasi sosial yang bergerak untuk pemberdayaan perempuan serta seni. Tak heran bila ibu tiga anak ini kerap menjalani berbagai aktivitas berbalut busana tradisional seperti kebaya yang kemudian dibagikan di akun media sosial miliknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebaya Khas Bali

Berasal dari Bali, Ayu sering berkebaya khas Bali. Salah satunya saat mengenakan paduan kebaya beludru hijau diberi obi dari kain batik dengan bawahan songket corak tumpal.

Untuk menambah kesan adat Bali, Ayu mengenakan aksesori rambut keemasan yang serasi dengan kebaya brokat kuning, obi merah, dan tenun tosca yang dikenakannya. Ayu Heni Rosan juga pandami memadukan kain nusantara untuk tampilan yang elegan dan inspiratif. Blazer tenun dan paduan rok tulle menghadirkan kesan yang modis dan menarik.

Saat mendampingi suaminya bertugas sebagai Dubes AS, Ayu pernah menggagas parade “Cantik Berkebaya" di kawasan National Mall, pusat kota Washington DC pada 7 Agustus 2022. Kegiatan yang diikuti sekitar 200 perempuan di wilayah Washington D.C dan sekitarnya itu merupakan bentuk dukungan KBRI Washington D.C bersama masyarakat dan diaspora Indonesia terhadap upaya pendaftaran kebaya sebagai Warisan Tak Benda (Intangible Heritage) UNESCO.

"Kebaya adalah warisan budaya dari leluhur kita yang wajib dilestarikan. Melalui kegiatan ini, para perempuan dan diaspora Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat telah menunjukkan peran dan kontribusinya secara nyata terhadap gerakan Kebaya Goes to UNESCO,” terang Ayu sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Washington, D.C., dikutip dari kanal Global Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

Promosi Kebaya Indonesia di AS

"Kami juga akan terus menggiatkan upaya promosi kebaya sebagai busana khas Indonesia agar lebih dikenal oleh publik AS," tambahnya.

Peserta dengan antusias berjalan dari depan Smithsonian Castle menuju salah satu lokasi yang merupakan ikon dari ibu kota AS yaitu Reflection Pool Gedung Capitol sambil menyanyikan lagu-lagu Indonesia. Peserta dengan antusias memamerkan warna-warni kebaya baik yang dikenakan secara pakem klasik maupun modern. Parade “Cantik Berkebaya" ini melibatkan komunitas budaya Indonesia di Washington DC dan sekitarnya yang jumlahnya mencapai 30 komunitas.

Sebelum menjadi pejabat, Rosan Perkasa Roeslani pernah menjadi Presiden Direktur dan Direktur dari PT. Berau Coal Energy Tbk. Tak ada niat untuk menekuni bidang ini, dia sendiri menyebutnya sebagai kecelakaan.

Sepulang menimba ilmu di Amerika dan memperoleh gelar Sarjana di bidang Administrasi Bisnis, Rosan melamar pekerjaan di perbankan pada 1993. Lalu dia melanjutkan studinya ke Belgia dan mencapai gelar Master di bidang Administrasi Bisnis (MBA) dan kembali ke Jakarta pada 1996.

4 dari 4 halaman

Karier Rosan Roeslani

Di sana, dia bersama teman-temannya yang juga bergerak di bidang keuangan, mendirikan usaha di Jakarta. Rosan mendirikan PT Republik Indonesia Funding atau sering disingkat Finance Indonesia.

Mulanya banyak mencibir usahanya, namun mereka tetap berusaha meyakinkan akan membuat financial restructure. Apalagi pada pertengahan 1997, boleh dibilang hampir semua perusahaan di Indonesia butuh restrukturisasi.

Rosan juga aktif di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menjabat sebagai Wakil Ketua, Perbankan dan Keuangan. Rosan menjabat sebagai Komisaris PT. Mahaka Media Tbk sejak 2008. Ia juga pernah menjadi President Director Recapital Advisor serta Dewan Komisaris PT Lativi Mediakarya (TV One). Dia juga mitra Erick Thohir saat membeli klub sepak bola DC United di MLS.

Pada 25 Oktober 2021, Presiden Jokowi melantik 17 Duta Besar (dubes) Duta Besar (dubes) Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia di Istana Negara Jakarta. Salah satu nama yang dilantik menjadi dubes adalah Rosan Roeslani yang ditunjuk menjadi Dubes Amerika Serikat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.