Sukses

Potret Sederet Bintang Oppenheimer Tampil Berani Sebelum Keluar dari Premiere Film demi Mendukung Protes Aktor Hollywood

Oppenheimer bakal mulai tayang di bioskop Indonesia pada 19 Juli 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Film Oppenheimer karya Christopher Nolan telah melangsungkan premiere di London, Inggris, Kamis, 13 Juli 2023. Sejumlah bintang film tersebut turut hadir mempromosikan Oppenheimer yang sangat dinanti.

Tapi, setelah berjalan di karpet merah, dilansir dari Insider, Sabtu (15/7/2023), para pemain meninggalkan acara untuk mendukung aksi mogok aktor Hollywood, SAG-AFTRA, seperti yang diumumkan Christopher Nolan di panggung pemutaran perdana film tersebut, menurut Deadline.

SAG-AFTRA menyerukan pemogokan pada Kamis, setelah dewan direksi nasionalnya dengan suara bulat menyetujuinya, seperti yang dilaporkan The Los Angeles Times. Aksi ini bergabung dengan pemogokan penulis yang telah berlangsung di AS sejak 2 Mei 2023.

Sebelum walk out, para pemeran film sudah lebih dulu berjalan di karpet merah dengan ansambel menarik. Di antara banyak, berikut beberapa penampilan bintang di karpet merah premiere film Oppenheimer di London yang dianggap paling berani.

Emily Blunt

Blunt, yang berperan sebagai istri J. Robert Oppenheimer, Kitty, dalam film tersebut, berjalan di karpet merah dengan gaun hitam berkilau dari Alexander McQueen. Garis leher asimetris busana itu memperlihatkan perut aktris berusia 40 tahun tersebut.

Pola sulaman putih menyapu sisi gaun Emily Blunt. Roknya mengalir ke pinggiran kain yang bergerak, memperlihatkan kakinya saat ia berjalan.

Matt Damon

Aktor AS ini mengambil pendekatan playful ke karpet merah dengan ansambel lebih santai. Jas hitam Damon dan rompi serasi tampak sederhana pada pandangan pertama, tapi ia memasangkan tampilan tradisional dengan kaus dan tanpa dasi, memberi sentuhan modern. Aktor tersebut memerankan Leslie Groves, seorang jenderal, dalam film tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cillian Murphy

Cillian Murphy mengenakan atasan menarik di karpet merah Oppenheimer. Murphy memasangkan jaket terbuka dengan celana berpinggang tinggi dan atasan hitam tembus pandang dari Saint Laurent, tambahan tidak terduga untuk tampilan serba hitam. Ia memainkan karakter tituler dalam film terbaru Nolan.

Florence Pugh

Gaun Florence Pugh menampilkan potongan yang berani. Pugh, yang berperan sebagai murid dan kekasih Oppenheimer, Jean Tatlock, sering tampil berani di karpet merah, dan pemutaran perdana Oppenheimer bukan pengecualian.

Garis leher halter dari gaun Valentino oranyenya bertemu dengan korset yang pas di satu titik. Dua potongan membingkai sisi-sisinya, dan rok berpinggang rendah terurai di sekelilingnya.

Hanya seutas kain tipis yang menyatukan gaun Pugh di bagian belakang. Ya, bagian belakangnya terbuka, menarik perhatian ke rok gaun yang mengalir jadi potongan busana dramatis. Warna gaun itu pun tampil selaras dengan warna rambut pendek aktris berusia 27 tahun itu.

3 dari 4 halaman

Rami Malek

Ansambel serba hitam Rami Malek juga menonjol di karpet merah. Malek, yang berperan sebagai fisikawan nuklir David Hill dalam film tersebut, menghadiri pemutaran perdana dengan atasan dan celana hitam. Kemeja itu dikancingkan ke leher tanpa dasi dan ia tidak mengenakan jaket, menciptakan tampilan yang santai dan canggih.

Josh Hartnett

Ia mengenakan atasan bergaya retro tanpa kancing di bagian atas. Setelan abu-abu Hartnettnya terdiri dari jaket besar dan celana lebar yang memberi kesan tahun 70-an pada pakaian itu. Ia memasangkannya dengan atasan biru pucat yang memiliki kerah besar, dan membiarkan bagian atasnya setengah terbuka.

Hartnett berperan sebagai fisikawan Ernest Lawrence dalam film Nolan.

Sementara itu, Universal Pictures telah membatalkan acara karpet merah di pemutaran perdana Oppenheimer AS di tengah pemogokan SAG-AFTRA. Namun, film tersebut tetap akan diputar. Premiere-nya akan berlangsung pada Senin, 17 Juli 2023 di teater AMC Loews Lincoln Square, New York City. 

"Demi mendukung pemogokan SAG yang sedang berlangsung, pembuat film Oppenheimer tidak akan melanjutkan pemutaran perdana NY seperti yang direncanakan, dan sebagai gantinya akan memutar film untuk merayakan kru dan pekerja yang berkontribusi dalam pembuatan film penting ini," bunyi pernyataan Universal Pictures.

4 dari 4 halaman

Oppenheimer

Ditulis dan disutradarai Christopher Nolan, Oppenheimer adalah film thriller epik dengan bidikan IMAX yang mendorong penonton ke dalam paradoks yang menggetarkan dari pria misterius yang harus mengambil risiko menghancurkan dunia untuk menyelamatkannya, catat laman Universal Pictures.

Film tersebut dibintangi Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer dan Emily Blunt sebagai istrinya, ahli biologi dan ahli botani Katherine "Kitty" Oppenheimer. Pemenang Oscar Matt Damon berperan sebagai Jenderal Leslie Groves Jr., direktur Proyek Manhattan, dan Robert Downey, Jr. berperan sebagai Lewis Strauss, komisaris pendiri Komisi Energi Atom AS.

Nominee Academy Award Florence Pugh berperan sebagai psikiater Jean Tatlock, Benny Safdie berperan sebagai fisikawan teoretis Edward Teller, Michael Angarano berperan sebagai Robert Serber, dan Josh Hartnett berperan sebagai ilmuwan nuklir perintis Ernest Lawrence Lawrence.

Oppenheimer juga dibintangi pemenang Oscar, Rami Malek. Juga, menyatukan kembali Nolan dengan aktor, penulis, dan pembuat film delapan kali nominasi Oscar, Kenneth Branagh.

Film ini didasarkan pada buku pemenang Hadiah Pulitzer American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer oleh Kai Bird dan mendiang Martin J. Sherwin. Film ini diproduksi Emma Thomas, Charles Roven dari Atlas Entertainment dan Christopher Nolan.

Oppenheimer akan tayang di bioskop Indonesia mulai 19 Juli 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini