Sukses

Terima Anugerah Perempuan Hebat 2023 di Festival 6, Sisca Soewitomo: I Love You Full

Sisca Soewitomo adalah satu dari enam penerima Anugerah Perempuan Hebat 2023 di Festival 6.

Liputan6.com, Jakarta - "Mudah bukan membuatnya? Selamat mencoba," juru masak, sekaligus pakar kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo, mengatakan ungkapan khasnya ketika diwawancarai usai menerima Anugerah Perempuan Hebat 2023 kategori "Perempuan Pegiat Diversifikasi Pangan" di Festival 6 2023 di bilangan Jakarta Pusat, Sabtu, 8 Juli 2023.

Wajahnya berseri-seri, dengan ramah menyapa semua kru di sepanjang jalan masuk, ketika menghadiri hari pertama Festival 6. Di kesempatan itu, sang Ratu Boga Indonesia merupakan salah satu dari enam penerima Anugerah Perempuan Hebat 2023.

Ini merupakan penghargaan tahunan yang diberikan pada 6 Perempuan Terpilih yang mencatat kontribusi luar biasa di bidang masing-masing. Di pidato kemenangannya, perempuan berusia 74 tahun ini berkata, "Penghargaan ini saya persembahkan pada ibu-ibu Indonesia yang sudah mendidik putra putrinya untuk jadi pemimpin (masa depan)."

Menurut Sisca, apa yang terjadi dalam keluarga, hingga akhirnya berdampak ke lingkungan lebih luas, "semuanya tergantung ibu." "Dimulai dari makanan di rumah, karena sejauh apapun pergi, yang akan dirindukan adalah masakan mama. Masakan mama is the best. I love you full," tandasnya.

Ditanya tentang bagaimana kesannya menerima Anugerah Perempuan Hebat 2023, ia berbagi, "Bukan main, seperti mimpi saya. Wow. Kalau saya harus berjuang untuk mendapatkan, kayaknya saya tidak mampu. Tapi, sungguh merupakan sebuah kejutan saya mendapatkan ini. I love you full."

Tidak ketinggalan ia juga berpesan, "Untuk generasi muda Indonesia, marilah bersama kita menduniakan sajian Indonesia, apapun masaknya, masaklah dengan bumbu-bumbu Indonesia yang banyak, dan masaklah dengan hari penuh rasa cinta, supaya menghasilkan masakan yang menggoda selera. Apa artinya? Setiap orang yang melihatnya, pasti ingin mencicipi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anugerah Perempuan Hebat dan Anugerah Inspiratif 2023

Selain Sisca Soewitomo, penerima Anugerah Perempuan Hebat 2023 lainnya, yakni:

  1. Tri Mumpuni (Perempuan Pegiat Energi Hijau)
  2. Nur Asia Uno (Perempuan Penggerak UMKM)
  3. Anita Wahid (Perempuan Pegiat Literasi Anti Hoax)
  4. Vina Muliana (Perempuan Go Digital (Inovasi Teknologi)
  5. dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A (Perempuan Pegiat Kesehatan)

Di samping Anugerah Perempuan Hebat 2023, terdapat pula Anugerah Inspiratif yang memberi penghargaan pada 15 pejabat publik, kepala daerah, tokoh, dan lembaga yang menginspirasi di berbagai bidang. Mereka adalah:

  1. Hj. Febrita Lustia (Tokoh Inspiratif Pegiat Kelestarian dan Pengembangan Budaya Berbasis UMKM)
  2. Hj. Widayati Sutiaji, S.Sos, MM. (Perempuan Inspiratif Pegiat Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya)
  3. Sitti Rujiah (Tokoh Inspiratif Pegiat Pembangunan dan Pengembangan UMKM)
  4. Ipuk Fiestiandani (Perempuan Inspiratif 2023 Pegiat Pengembangan Desa dan Pelayanan Masyarakat)
  5. Novita Hardini Mochamad (Tokoh Inspiratif Pegiat Persaudaraan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan)
  6. Almh. Norbaiti Isran Noor (Tokoh Inspiratif Pegiat Pengembangan Ekonomi Kreatif)
  7. Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. (Tokoh Inspiratif Pegiat Penghapusan Kekerasan Seksual di Tempat Kerja)
  8. Fatma Saifullah Yusuf (Perempuan Inspiratif Pegiat Lingkungan & Kelompok Tani)
  9. Elly Farida Idris (Tokoh Inspiratif Pegiat Keagamaan dan Budi Pekerti)
  10. Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H (Tokoh Inspiratif Pegiat Pemenuhan Kebutuhan dan Produktivitas Pertanian)
  11. Dr. (H.C.) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M. (Tokoh Inspiratif Pegiat Pertumbuhan dan Stabilitas Ekonomi)
  12. Jaksa Agung Republik Indonesia ST Burhanuddin (Tokoh Inspiratif Penegakan Hukum Humanis untuk Akses Keadilan bagi Perempuan dan Anak)
  13. PT. Permodalan Nasional Madani (BUMN Inspiratif Pegiat Usaha Ultra Mikro & Pemerataan Ekonomi)
  14. XL Prioritas - PT XL Axiata Tbk (Telco Inspiratif Pengembangan Kemajuan Digital Perempuan Indonesia)
  15. XL Axiata Business Solutions - PT XL Axiata Tbk (Provider Inspiratif Akselerasi Kemajuan UMKM Indonesia)
3 dari 4 halaman

Festival 6 2023

Bertajuk "Lintas Generasi Tanpa Batas," Festival 6 2023 telah terselanggara selama dua hari, yakni 8 dan 9 Juli 2023, di The Dome, Senayan Park, Jakarta Pusat. Selain penyerahan penghargaan, agendanya juga berupa rangkaian talkshow, peragaan busana, dan konser musik.

Di hari pertama, sharing session-nya bertema "Jitu Membawa UMKM Daerah Mendunia," yang membahas upaya mendorong UMKM tidak hanya jago kandang di pasar lokal, melainkan bisa melebar hingga ke panggung global.

Acara diskusi dilanjutkan dengan Talkshow "Akses Hukum dan Ekonomi bagi Perempuan dan Anak" guna mendorong pemangku kepentingan menciptakan akses hukum, serta ekonomi yang adil dan berkeadilan bagi perempuan dan anak.

Saat membuka Festival 6 2023, Chief Content Officer KapanLagi Youniverse (KLY), Wenseslaus Manggut, menyampaikan harapannya agar acara ini jadi ajang tahunan yang mampu merekam gagasan dan kerja nyata yang layak diangkat ke hadapan publik.

"Sebagai media mainstream yang diperhitungkan, Liputan6.com tentu tidak akan sulit menemukan sosok-sosok inspiratif berikutnya di seluruh pelosok negeri," ujar Kak Wens, sapaan akrabnya.

 

4 dari 4 halaman

Hari Kedua dan Gelaran Pertunjukan Musik

Pada hari kedua, Festival 6 2023 kembali menggelar talkshow bertema "Geliat Industri Hiburan dan Pariwisata Pasca-Pandemi COVID-19." Agenda ini dibuka dengan keynote speech dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang disampaikan secara daring.

Sandi mengapresiasi berbagai capaian kinerja selama 2022 di sektor pariwisata. "Di 2022 selepas COVID, kita naik 12 peringkat menuju peringkat ke-32 Travel & Tourism Development Index, sekarang posisi berada di atas Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina," kata Menparekraf.

Ia menambahkan, kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) pariwisata 2022 juga naik, dari 2,4 persen jadi 3,6 persen. Ada peningkatan nilai devisa pariwisata 2022 dari 0,52 miliar dolar AS jadi 4,26 miliar dolar AS, dan meningkatnya nilai tambah ekonomi kreatif dari Rp1.191 triliun jadi Rp1.236 triliun.

Sandi menerangkan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif penargetkan nilai devisa mencapai hampir 6 miliar dolar AS dengan kontribusi PDB mencapai 4,1 persen, nilai ekspor produk ekonomi kreatif 26,5 miliar AS.

"Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang tadinya 7,4 juta, dinaikkan jadi 8,5 juta karena suatu pemulihan yang sangat kuat di luar ekspektasi, Alhamdulillah," ujar dia. 

Melengkapi rangkaian acara, Festival 6 2023 juga menghadirkan penampilan sejumlah band dalam konser musik lintas generasi. Selama dua hari, panggung hiburan diisi penampilan mulai dari JKT 48, Reality Club, Pemuda Tersesat, Club Dangdut Racun, Inul Daratista, dan Tipe-X.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini