Sukses

Gaya Jacey Philana, Model Indonesia Debut di Show Dior Paris Couture Week

Kehadiran Jacey Philana otomatis menambah daftar model Indonesia yang pernah berjalan di runway Paris Couture Week yang merupakan bagian dari Paris Fashion Week tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Jacey Philana, model Indonesia yang debut di Paris Couture Week dengan membawakan koleksi Dior. Kehadiran Jacey Philana otomatis menambah daftar model Indonesia yang pernah berjalan di runway pekan mode yang merupakan bagian dari Paris Fashion Week tersebut.

Di unggahan Instagram-nya, Senin, 3 Juli 2023, agensi perempuan asal Jakarta ini, Persona Management, menulis, "Jacey Philana @jaceyphilana @persona_mgt @3mmodels @theclawmodels DEBUT for @dior Couture Autumn-Winter 2023-2024 @parisfashionweek Paris Couture Week."

Di foto yang dibagikan, Jacey terlihat mengenakan gaun panjang putih di bawah broken white long outer. Rambutnya ditata jadi bun rendah yang rapi, membuat setiap bagian busana rancangan desainer Maria Grazia Chiuri itu terlihat gamblang.

Sebelumnya akhirnya debut di Paris Couture Week, Jacey sudah lebih dulu terpilih jadi ikon Jakarta Fashion Week (JFW) 2023, catat Fimela. Ia juga telah membawakan koleksi sejumlah desainer lokal, termasuk Biyan Wanaatmadja, Ria Miranda, Sebastian Gunawan, dan Didi Budiardjo.

Show debutnya, yakni koleksi couture Dior terbaru, melansir AP, Selasa (4/7/2023), memanfaatkan lanskap seniman Marta Roberti sebagai latar belakang pertunjukan. Desainnya, terinspirasi kekuatan, feminisme, dan kepercayaan, bersinar melawan kreasi fantastis burung eksotis dan pohon halus Roberti.

Aktris Natalie Portman dan Rosamund Pike termasuk di antara tamu VIP Dior yang terpikat perpaduan alam imajinatif koleksi dan latar belakang pergelaran busana. Koleksi Chiuri mendapatkan kekuatannya dari masa lalu, sebuah penghormatan untuk keabadian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Koleksi Couture Dior

Jubah krep dengan lengan panjang yang menjuntai memberi kesan klasik, dengan kepangan rambut model yang dikumpulkan dari masa lalu. Halus dan bersahaja, hiasan anting-anting mutiara atau emas menambahkan keanggunan yang tenang.

Sementara, bentuk tunik dan pita klasik memainkan siluet nostalgia, semuanya ditandai dengan proporsi yang longgar dan pesona bersahaja. Namun, ini bukan sekadar pengulangan sejarah.

Kemilau dan gemerap visualnya memberi "napas" koleksi yang dinamis dan modern. Kecanggihan yang tertahan kadang-kadang diselingi dengan lengan Renaisans, tanda khas kreasi Chiuri dari masanya di Valentino, menjembatani masa lalu dan masa kini.

Di tengah renungan klasik, kemeja putih disebut "mematahkan kesinambungan yang halus." Karya seni yang diilhami Roberti melapisi dinding, menghembuskan kehidupan ke landasan pacu, mengubahnya jadi jajaran modern di mana model, menyerupai dewa dewi yang indah, seolah tampak melayang.

Jaket dan mantel pahatan, dilipat di bawah dada, bersama palet putih, krem, perak, dan emas pucat yang tenang, semuanya mencerminkan patung dan kolom klasik. Mutiara, terjalin dengan warna-warni benang perak, menonjolkan banyak ansambel, melambangkan kesucian.

3 dari 4 halaman

Model Indonesia Lainnya

Sebelum Jacey, model Indonesia Rizal Rama sudah eksis di berbagai pekan mode Eropa. Tahun ini, ia mengulangi kiprahnya dengan tampil di Paris Fashion Week. Saat itu, Rizal berjalan di runway Paris Fashion Week 2023-Fall/Winter yang digelar pada 17 sampai 22 Januari 2023.

Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram @persona-mgt dan @persona_bali pada 18 Januari 2023. "Rizal Rama, SOLID HOMME FALL WINTER 2023 COLLECTION, E N T E R T H E V O I D, AT ELYSÉE MONTMARTRE," tulis keterangan unggahan tersebut.

Seperti tahun lalu, Rizal kembali membawakan koleksi dari jenama fesyen Korea Selatan, Solid Homme. Yang istimewanya, pada pertunjukan awal tahun ini, ia jadi model pembuka show yang dihadiri undangan terbatas.

Ia memakai jaket bercorak kotak-kotak hitam putih dengan inner berwarna abu dan resleting di bagian tengah, dipadankan bersama turtle neck hitam. Ia melengkapi penampilannya dengan celana panjang dan sepatu berwarna serasi.

4 dari 4 halaman

Model Plus-size Pertama dari Indonesia di LFW

Berada di daftar yang sama adalah Shahnaz Indira, model Indonesia yang berhasil debut di London Fashion Week 2023.  Ia mengaku baru menekuni profesi model sejak 2021. Ia mengerjakan hampir semua pekerjaan, dari jalan di catwalk untuk merek lokal Indonesia, photoshoot untuk ready-to-wear, sampai photoshoot produk skincare.

"Awalnya aku berkenalan dengan scout dari Ivy Models lewat aplikasi ClubHouse," tulis Shahnaz pada Liputan6.com via surel, 25 September 2022. "Tidak lama dari situ, aku casting secara tatap muka dilihat cara aku pose dan catwalk. Lalu, aku keterima di agensi Ivy Models." 

Setelah bergabung dengan Ivy Models, ia ditawari casting dan bergabung dengan agensi internasional, Milk Model Management yang berbasis di London. Kesempatan itu langsung diterima dengan berangkat ke London awal September 2022.

Ia mengikuti beberapa casting untuk London Fashion Week hingga akhirnya terpilih memeragakan busana koleksi Simone Rocha. Shahnas mengaku gugup saat memulai berkarier di dunia internasional, terlebih dia mewakili Indonesia sebagai model plus-size pertama yang berjalan di London Fashion Week.

Meski begitu, kepercayaan dirinya membantunya melewati tantangan itu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.