Sukses

Diusir Raja Charles III, Meghan Markle dan Pangeran Harry Dipaksa Meninggalkan Aset Rp949 Miliar

Beberapa bulan sebelumnya, perwakilan Meghan Markle dan Pangeran Harry telah mengonfirmasi bahwa Raja Charles III telah mengusir pasangan Sussex dari rumah mewah mereka di Windsor.

Liputan6.com, Jakarta - Istana Buckingham menyebut Duke dan Duchess of Sussex telah secara resmi mengosongkan Frogmore Cottage di perkebunan Windsor Beberapa bulan sebelumnya, perwakilan Meghan Markle dan Pangeran Harry telah mengonfirmasi bahwa Raja Charles III telah mengusir pasangan Sussex dari rumah mewah mereka di Windsor.

Melansir Hello, Jumat (30/6/2023), Sir Michael Stevens, Penjaga Privy Purse, berkata, "Kami dapat mengonfirmasi bahwa Duke dan Duchess of Sussex telah mengosongkan Frogmore Cottage. Duke dan Duchess telah melunasi biaya yang dikeluarkan Sovereign Grant sehubungan renovasi Frogmore Cottage, sehingga meninggalkan aset yang sangat ditingkatkan (untuk Kerajaan Inggris)."

Harry dan Meghan terpaksa memindahkan barang-barang dari bekas rumah mereka setelah Raja Charles dilaporkan memberi mereka pemberitahuan "penggusuran" setelah memoar Harry, Spare, diterbitkan awal tahun ini. Pasangan Sussex disebut akan memindahkan semua barang pribadi dari rumah terdaftar Grade II dengan lima kamar tidur dan empat kamar mandi itu.

Mereka kemudian mengatur pengiriman barang-barang tersebut ke rumah mewah yang ditinggali di Santa Barbara, Amerika Serikat (AS). Tapi, ada satu aset yang terpaksa ditinggalkan pasangan itu.

Meghan Markle dan Pangeran Harry tercatat hanya menghabiskan enam bulan di properti itu sebelum mengumumkan kepergian mereka. Sebelum keluar, keluarga Sussex menghabiskan 2,4 juta pound sterling untuk merenovasi Frogmore Cottage jadi properti dengan empat kamar tidur dan kamar bayi sebelum menyambut putra mereka, Archie Harrison.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tinggalkan Aset Miliaran Rupiah Setelah Renovasi

Menurut The Sun, bagian dari renovasi ekstensif Pangeran Harry dan Meghan Markle termasuk pemasangan eco-boiler yang memasok air panas tanpa akhir dan panas rendah karbon. Pasangan ini terpaksa berpisah dengan peralatan berteknologi tinggi dan ramah lingkungan yang diperkirakan menelan biaya hingga 50 ribu pound sterling (sekitar Rp949 miliar).

Penggemar kerajaan sempat melihat sekilas ke dalam Frogmore Cottage untuk pertama kali dalam film dokumenter Netflix, Harry dan Meghan. Di klip tersebut, Meghan terlihat mengecat kukunya di dapur dan pasangan itu terlihat berbagi ciuman saat ia bertengger di meja dapur.

Itu menandai pertama kali foto-foto pribadi di dalam properti kerajaan dibagikan pada publik. Terakhir kali Harry dan Meghan tinggal bersama di Frogmore Cottage adalah selama musim panas 2022 untuk perayaan Jubilee Platinum Ratu Elizabeth II.

Pasangan itu juga merayakan ulang tahun pertama putri mereka, Lilibet, pada waktu yang bersamaan. Dipahami bahwa Harry tinggal di properti yang berbasis di Windsor untuk terakhir kalinya selama persidangan Pengadilan Tinggi di London, awal tahun ini.

3 dari 4 halaman

Memotong Dana Perawatan Properti Kerajaan Inggris

Sebelumnya, sumber menyebut bahwa Raja Charles III berencana memberikan Frogmore Cottage pada adiknya, Pangeran Andrew, lapor Page Six, dikutip 3 Maret 2023. Ia terancam ditendang keluar dari Royal Lodge yang mewah menyusul keputusan Charles memotong dana perawatan properti kerajaan itu.

Setelah Harry dan Meghan pindah ke California pada 2020, Raja tidak menawari pasangan itu properti kerajaan lain. Mereka juga telah mengepak barang-barang yang tertinggal ke Amerika.

Setelah informasi pengusiran mereka dari Frogmore Cottage beredar, Harry dan Meghan terlihat muncul di publik dengan senyum lebar. Mereka disebut pergi keluar untuk kencan malam di spot populer Hollywood, San Vicente Bungalows, pada 28 Februari 2023. 

Mantan bintang drama The Suits terlihat modis dalam balutan barang-barang mewah. Ia mengenakan jubah beige keluaran label Carolina Herrera, memadankannya dengan skinny jeans dari Veronica Beard berharga 298 dolar AS, dan sepatu serta clutch keluaran Dior.

Tidak ketinggalan aksesori berkilau dikenakannya. Ia memakai sepasang anting dan cincin berlian pink untuk kencan malam itu. Sedangkan, Harry tampil kasual dengan celana jeans, kemeja biru, jaket abu-abu, dan slip-on sneakers.

4 dari 4 halaman

Rumah Pangeran Harry dan Meghan Markle

Setelah mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris, Meghan Markle dan Pangeran Harry hidup dalam impian mereka dengan rumah sendiri berlokasi di pesisir California. Setelah pindah empat kali di tiga negara dalam 16 bulan, pasangan Sussex menancapkan akar permanen di kawasan eksklusif di puncak bukit di kawasan Montecio, Santa Barbara.

Berlokasi di antara Pegunungan Santa Ynez dan Samudra Pasifik, melansir laman Hello, 20 Agustus 2020, rumah Duke dan Duchess of Sussex dilaporkan bernilai 14,7 juta dolar Amerika (Rp127 miliar). Angka tersebut memungkinkan mereka mendapat hunian berlahan lega, sekaligus memberi akses mudah ke Los Angeles, sekitar 144 kilometer.

Properti ini dijelaskan dibeli dengan dana pribadi dan telah mendapat hak tanggungan. Santa Barbara dipilih dengan harapan putra mereka, Archie Harrison, dapat tumbuh besar senormal mungkin. Di samping, sederet sumber mengatakan, Harry dan Meghan sangat suka dengan pemandangan wilayah tersebut.

"Ini (pindah rumah) adalah sesuatu yang mereka ingin lakukan sejak beberapa waktu lalu," ucap seorang sumber. "Mereka telah pindah dari satu ke lokasi lain. Ini adalah rumah mereka sekarang dan momen ini sangat signifikan untuk keduanya. Hal-hal lain bisa mengikuti setelah ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini