Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Cara Mengolah Daging Kurban agar Lebih Empuk dan Tidak Bau Prengus

Selain cara mengolah daging sapi agar lebih empuk dan tidak bau prengus, Top 3 Berita Hari Ini juga memuat kafe jamu di kampus dan cerita pegawai restoran kaget bisa naik haji pada 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Idul Adha 2023, ulasan cara mengolah daging kurban supaya lebih empuk dan tidak bau prengus masuk dalam Top 3 Berita Hari Ini. Corporate Chef dari Artisan Kuliner Group Chef Rizqi Pradana menyebut, bila ingin dimasak jadi sup maupun gulai, daging kurban harus direbus paling tidak 2--3 kali.

"Di-blanch, kasih jahe, cengkih, dan kayu manis, (direbus) pakai air dingin," kata Chef Rizqi ketika ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, 22 Juni 2023. "Kalau (pakai) air panas, pori-pori (daging) tertutup. Kita merebus daging maksudnya membuang kotoran dan aroma. Jadi, pakai air dingin agar keluar kotoran dan bau."

Masih dari bahasan kuliner, kafe jamu masuk kampus pun jadi topik populer. Jajaran perguruan tingginya, termasuk Universitas Jember dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dengan misi memperkenalkan dan melestarikan eksistensi jamu, penyajian minuman tradisional ini dibuat kekinian. Selain, kafe jamu juga memastikan bahan baku dan proses produksi minuman jamu sesuai standar industri.

Terakhir, kisah Inawati, seorang pegawai restoran sederhana yang tinggal di Rawas, Mojokerto, Jawa Timur, berhasil naik haji juga jadi sorotan. Saat mendapat panggilan haji dari Kementerian Agama, ia sempat mengiranya sebagai modus penipuan.

Disebutkan Inawati adalah pribadi yang sederhana. Kondisi keluarga yang "biasa-biasa saja" membuatnya merasa tidak mampu untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. Jadi, bagaimana bisa akhirnya ia bisa berstatus sebagai jemaah haji Indonesia?

Ketiga bahasan di atas termuat dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut rangkumannya:

Cara Jitu Mengolah Daging Kurban agar Lebih Empuk dan Tidak Berbau Prengus

Soal cara merebus daging kurban yang disarankan dilakukan 2--3 kali, Chef Rizqi mengatakan, "Tidak boleh lama (sekali merebus). Masak dua menit, mendidih, sudah langsung diganti," tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa dalam merebus, ada dua tipe, yakni blanch dan boil. Untuk boil, prosesnya cukup lama, sedangkan blanch prosesnya hanya sebentar. Selain, ia pun memberikan rekomendasi bumbu marinasi yang lezat.

Selengkapnya...

Kafe Jamu Masuk Kampus, dari Universitas Jember hingga UGM

Fakultas Farmasi Universitas Jember punya kafe yang menyajikan jamu kekinian untuk kaum milenial. Namanya Kafe Suwe Ora Djamu yang berlokasi di kantin Fakultas Farmasi.

Menu kafe jamu ini mulai dari Red Velto yang berbasis wedang uwuh, blue tea minuman dari bunga telang, hingga taroku yang menggunakan bunga rosella. Pengunjung juga dapat memilih cocktail jamu yang dikombinasikan dengan susu, jeruk nipis, bahkan soda.

Lalu, bagaimana dengan sajian kafe jamu di UGM?

Selengkapnya...

Pegawai Restoran di Mojokerto Mendadak Dapat Surat Panggilan Haji dari Kemenag, Ternyata Almarhum Ayah Sudah Lunasi Biayanya

Kisah pegawai restoran yang bisa naik haji dibagikan akun Tiktok @yukhaji. Diceritakan bahwa si pegawai bernama Inawati bisa berangkat haji karena tiba-tiba mendapat surat pemberitahuan manasik haji dari Kemenag Kabupaten Mojokerto. Disebut ia segera bersiap berangkat haji pada 2023.

Ina kaget mendapat surat pemberitahuan tersebut, bahkan mengiranya sebagai salah satu modus penipuan. "Karena baginya haji itu nggak mungkin dengan kondisi keluargannya yang biasa-biasa saja," kata si pemilik akun.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.