Sukses

Garuda Indonesia Kembali Raih Predikat Best Cabin Crew 2023 Versi Skytrax

Setelah sekian lama absen, Garuda Indonesia kembali mendapatkan predikat Best Crew 2023 dari Skytrax. Maskapai penerbangan pelat merah itu terakhir kali mendapatkan predikat Best Crew dari Skytrax pada 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia meraih predikat "The World’s Best Airline Cabin Crew 2023" atau penghargaan untuk awak kabin terbaik dunia dalam ajang World Airline Awards yang diselenggarakan Skytrax. Penghargaan Best Cabin Crew 2023 yang diserahkan di Paris, Prancis ini menjadi penghargaan keenam kalinya yang diterima Garuda Indonesia, setelah sebelumnya diperoleh Garuda pada 2014 hingga 2018.

"Penghargaan ini juga menjadi manifestasi tersendiri atas upaya berkelanjutan Garuda Indonesia untuk menghadirkan komitmen layanan terbaik bagi pengguna jasa, khususnya melalui konsistensi kualitas layanan penerbangan oleh seluruh awak kabin kami sebagai garda terdepan perusahaan," ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra melalui keterangan pers pada Selasa, 20 Juni 2023, seperti dikutip Antara.

Irfan mengatakan Garuda Indonesia kembali menunjukkan capaian terbaiknya dengan membawa nama Indonesia ke dunia. Penghargaan ini khususnya dengan mengedepankan budaya keramahtamahan yang diwujudkan melalui filosofi layanan awak kabin.

CEO Skytrax Edward Plaisted pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa capaian "The World Best Cabin Crew" ini adalah salah satu capaian tertinggi yang diraih maskapai khususnya dalam aspek layanan yang dihadirkan. 

"Kami mengucapkan selamat kepada Garuda Indonesia atas prestasi yang diraih dalam memenangkan penghargaan tertinggi untuk layanan "World’s Best Cabin Crew", untuk rekor keenam kalinya dalam ajang World Airline Awards," katanya mengapresiasi. 

Menurutnya, tidaklah mudah mempertahankan aspek layanan di tengah berbagai tantangan kinerja yang harus dihadapi oleh industri maskapai penerbangan pasca pandemi Covid-19. Namun, awak kabin Garuda membuktikan dapat kembali menyandang gelar tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kriteria Penilaian Awak Kabin Terbaik

Sebelumnya, penilaian atas "The World’s Best Airline Cabin Crew 2023" dilaksanakan pada sejumlah aspek, baik dari teknis pelayanan yang diberikan hingga karakteristik yang ditampilkan oleh awak kabin. Penilaian ini terutama melihat sikap profesionalitas, antusiasme, dan keramahtamahan kepada para pengguna jasa melalui survei tingkat kepuasan penumpang penerbangan di seluruh dunia secara daring.

Survei tersebut berlangsung pada September 2022 hingga Mei 2023 lalu yang diikuti lebih dari 325 maskapai dunia. Berikut adalah daftar World’s Best Cabin Crew 2023 dari Skytrax.

1. Garuda Indonesia

2. Singapore Airlines

3. ANA All Nippon Airways

4. EVA Air

5. Hainan Airlines

6. Qatar Airways

7. Cathay Pacific

8. Thai Airways

9. Emirates

10. Japan Airlines

Selain awak kabin terbaik, Skytrax utamanya juga memberikan penilaian untuk maskapai terbaik di dunia. Mengutip dari CNN, Rabu (21/6/2023), posisi pertama kini ditempati oleh Singapore Airlines. Qatar Airways yang tujuh kali menjadi pemenang Airline of the Year tergeser di posisi nomor dua tahun ini, diikuti oleh ANA All Nippon Airways dari Jepang di posisi ketiga, Emirates di urutan ke-4 dan Japan Airlines di posisi kelima. 

3 dari 4 halaman

Singapore Airlines Maskapai Terbaik Dunia Versi Skytrax

Untuk kelima kalinya dalam sejarah penghargaan selama 23 tahun, maskapai ini dinobatkan sebagai maskapai penerbangan terbaik dalam Skytrax World Airline Awards 2023 yang bergengsi. "Singapore Airlines mencapai hasil yang luar biasa di banyak kategori penghargaan, dengan pengakuan atas kabin Kelas Utama mereka sebagai Kelas Utama Terbaik Dunia," kata Edward Plaisted.

Goh Choon Phong, CEO Singapore Airlines, mengatakan kemenangan ini berkat kerja keras timnya yang tak kenal lelah di tengah kondisi pasca Covid-29. "Itu memungkinkan kami untuk kembali lebih kuat setelah pandemi." katanya.

Adapun meski terlempat di posisi kedua, maskapai penerbangan Qatar tetap memimpin di kelas bisnis. Maskapai ini memperoleh predikat untuk Kelas Bisnis Terbaik Dunia, Kursi Kelas Bisnis Terbaik Dunia, Lounge Kelas Bisnis Terbaik Dunia (lounge Al Mourjan di Bandara Internasional Hamad), Ruang Makan Lounge Kelas Bisnis Terbaik Dunia, dan Maskapai Penerbangan Terbaik di Timur Tengah.

Sementara, maskapai ANA dinobatkan sebagai Maskapai Terbersih Dunia untuk tahun ketiga berturut-turut, serta meraih penghargaan untuk Layanan Bandara Terbaik Dunia. Kemudian Kuwait Airways yang baru saja meluncurkan layanan sopir gratis untuk penumpang kelas satu dan bisnis dinobatkan sebagai World’s Most Improved Airline. 

4 dari 4 halaman

Penghargaan Lainnya dari Skytrax

Sedangkan AirAsia dinobatkan sebagai World’s Best Low-Cost Airline. Tidak ada kejutan di sana, karena memenangkan penghargaan setiap tahun sejak 2010. Scoot menjadi Maskapai Penerbangan Berbiaya Hemat Jarak Jauh Terbaik di Dunia dan Volotea memenangkan kategori Maskapai Penerbangan Berbiaya Hemat Terbaik yang sangat kompetitif di Eropa.

Air Canada menang dalam kategori Maskapai Paling Ramah Keluarga di Dunia yang baru, yang mencakup hal-hal seperti kebijakan tempat duduk keluarga, prioritas boarding, dan fasilitas anak-anak. Adapun Cathay Pacific memenangkan World’s Best Inflight Entertainment dan Bangkok Airways sekali lagi menjadi World’s Best Regional Airline. 

Berikut adalah The World’s Top Airlines 2023 dari Skytrax:

1. Singapore Airlines

2. Qatar Airways

3. ANA All Nippon Airways

4. Emirates

5. Japan Airlines

6. Turkish Airlines

7. Air France

8. Cathay Pacific

9. EVA Air

10. Korean Air

11. Hainan Airlines

12. Swiss Int’l Air Lines

13. Etihad Airways

14. Iberia

15. Fiji Airways

16. Vistara

17. Qantas Airways

18. British Airways

19. Air New Zealand

20. Delta Air Lines

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini