Sukses

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Ternyata Jahil Juga, Pernah Menepuk dan Cubit Perut Erick Thohir

Shin Tae-yong termasuk sosok yang gemar bercanda dan dekat dengan banyak orang di ranah sepak bola Indonesia, termasuk dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Tim Nasional atau timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dikenal sebagai sosok yang tegas dan galak ketika melatih para pemain. Meski begitu, ia bukan sosok yang kaku dan angker. Shin Tae-yong justru termasuk sosok yang gemar bercanda dan dekat dengan banyak orang di ranah sepak bola Indonesia.

Salah satu momen yang sedang ramai dipebincangkan adalah saat pelatih yang biasa disebut STY ini bertemu Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Akun Twitter @idextratime berbagi momen keakraban pria asal Korea Selatan itu dengan Erick Thohir.

Dalam video yang dibagikan pada Senin, 19 Juni 2023 it, Shin Tae-yong dengan jahil meremas perut Erick Thohir di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Saat itu, Erick Thohir datang dengan tampil kasual memakai jaket, kaus berkerah dan celana jeans warna biru tua.

STY menghampiri pria 53 tahun itu dan memeluknya. Erick Thohir lantas menepuk punggung Shin Tae-yong yang saat itu memakai jaket abu-abu berlogo burung garuda di kanan. Setelah itu, tanpa disangka Shin Tae-yong meremas perut Erick Thohir. Ia juga menepuk beberapa kali perut tersebut.

Erick Thohir kemudian memegang perut yang diremas oleh Shin Tae-yong dan ia tampak tersenyum. Setelah itu keduanya tampak berdiri bersebelahan. Erick sempat berbincang sedikit dengan pria yang sudah melatih timnas Indonesia sejak 2019 itu. 

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi video berdurasi 22 detik tersebut.

"Shin Taeyong emang jahilnya nggak pandang bulu ya haha," komentar seorang warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

STY Berani Pegang Perut Erick Thohir

"Itu kode Pak Erick Thohir disuruh ngegym, haha," komentar warganet lainnya.

"Sama aja becandaan orang Korea Selatan ama orang Cimahi,” timpal warganet lainnya.

"STY doang yg berani mencet2 lemak perutnya pak ET,” ujar warganet lainnya.

Sementara itu pertandingan timnas Indonesia dan Palestina berakhir imbang tanpa gol. Pelatih Shin Tae-yong menyayangkan hasil imbang yang dipetik anak-anak asuhnya saat menjamu Palestina dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Rabu, 14 Juni 2023 lalu.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menilai Marc Klok dan kawan-kawan harusnya bisa mencetak paling tidak dua sampai tiga gol, jika berhasil memanfaatkan sejumlah peluang emas yang didapat."(Hasil laga kontra Palestina) sangat disayangkan. Dengan performa seperti kemarin, harusnya kita bisa cetak dua sampai tiga gol," tutur Shin Tae-yong, dilansir dari kanal Bola Liputan6.com.

"(Itu terjadi) karena kurangnya fokus dan kepercayaan diri dengan peluang emas," sambung pria berusia 52 tahun di sela-sela sesi latihan Timnas Indonesia di Lapangan A Gelora Bung Karno pada Kamis, 15 Juni 2023.

3 dari 4 halaman

Timnas Indonesia vs Argentina

 

Reaksi berbeda ditunjukkan STY saat timnas Indonesia kalah 0-2 dari timnas Argentina pada FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin, 19 Juni 2023.  Ia mengaku cukup puas dengan kinerja anak asuhnya karena mampu menyusahkan Argentina untuk mencetak gol.

Melawan juara Piala Dunia 2022, Indonesia mampu membendung serangan-serangan hingga menit ke-38. Argentina memecah kebuntuan melalui tendangan jarak jauh gelandang Leandro Paredes. Di babak kedua Indonesia nyaris mencetak gol penyeimbang lewat sundulan Elkan Baggott yang meneruskan lemparan ke dalam Pratama Arhan. Namun bola bisa ditepis oleh kiper Emiliano Martinez.

Argentina kemudian menambah gol lagi lewat sundulan pemain belakang Cristian Romero meneruskan umpan sepak pojok dari Giovani Lo Celso. Meski kalah, Shin Tae-yong puas karena Indonesia bisa merepotkan Argentina. Hanya saja Argentina memang memiliki kualitas di atas sehingga manpu meraih kemenangan meski tanpa banyak pemain intinya.

"Memang Argentina permainan sangat baik. Tetapi pemain Indonesia tidak kalah jauh. Pengalaman seperti ini diharapkan jadi motivasi untuk pemain agar semakin berkembang," kata STY dalam jumpa pers usai pertandingan.

 

4 dari 4 halaman

Penampilan Shin Tae-yong

 

Mantan pelatih timnas Korsel itu melihat anak asuhnya sudah menjalankan yang dipersiapkannya untuk melawan Argentina dengan cukup baik. "Selama dua hari kami sudah analisa Argentina seperti apa dan pemain melaksanakan instruksi," lanjut Shin Tae-yong.

Ada hal menarik lainnya dalam laga Indonesia vs Argentina tersebut. Ada perbedaan gaya yang cukup mencolok antara Shin Tae-yong dan pelatih timnas Argentian Lionel Scaloni di lapangan. STY tampil cukup necis dengan mengenakan kemeja putih dan celana kain warna biru tua.

Sebaliknya, Lionel Scaloni datang ke lapangan dengan gaya sporty. Ia mengenakan setelah olahraga dengan warna senada kala memimpin anak-anak asuhnya.

Tak hanya dari segi penampilan, perbedaan sikap juga diperlihatkan kedua pelatih saat berada di pinggir lapangan. Shin Tae-yong nampak kekeh berdiri sambil memberikan instruksi bagi Elkan Baggott dan kawan-kawan.Sedangkan Scaloni beberapa kali terihat melipir ke bangku cadangan. Hal ini dilakukannya terutama setelah anak-anak asuhnya mencatatkan keunggulan atas Timnas Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini