Sukses

Pemain Suling Pengisi Lagu Lesti Kejora Meninggal Dunia, Para Pedangdut Berduka

Awan duka tengah menyelimuti dunia musik Tanah Air. Pemain suling sekaligus pengisi lagu Lesti Kejora, Tikno, meninggal dunia hari ini, Senin (19/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Awan duka tengah menyelimuti dunia musik Tanah Air. Pemain suling sekaligus pengisi lagu Lesti Kejora, Tikno, meninggal dunia hari ini, Senin (19/6/2023).

Kabar duka tersebut disampaikan oleh musisi sekaligus produser musik Adibal Sahrul melalui unggahan di akun Instagram pribadinya. Ia membagikan ungkapan duka dan cuplikan tiupan suling yang mengisi lagu Lesti Kejora yang berjudul "Kulepas dengan Ikhlas".

"Ini adalah salah satu tiupan permainan suling Mas Tikno Suling @tikno.suling "kulepas dengan Ikhlas" @lestykejora @yutor.85 🥲🥲🥲 Yg hari ini bepulang meninggalkan kita semua," tulis Adibal pada unggahannya pada Senin (19/6/2023) pagi.

Musisi itu melanjutkan, "Beliau sangat berdedikasi dan partner yg sangat baik dan disiplin dalam bekerjasama. Selamat jalan mas. semoga husnul Khotimah dan semua kebaikan dan amal ibadahmu diterima Allah, semoga keluarga yg ditinggalkan diberikan kesabaran, kekuatan dan ketabahan."

Kepergian Tikno turut menyisakan duka, termasuk bagi para pedangdung. Mereka memenuhi kolom komentar unggahan dengan doa-doa terbaik untuk mendiang Tikno.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Husnul khotimah buat kang Tikno. Aamiin Allahumma Aamiin," tulis Rara, runner-up Liga Dangdut Indonesia 2018.

"Innalillahi wainnailaihi Rojiunn🥹🥹🥹 InsyaAllah Khusnul Khotimah Aamiin Aamiin Aamiin," tulis Gunawan, runner up 1 Liga Dangdut Indonesia 2020.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun," tulis Rani, finalis 4 besar D'Academy 3.

"innalilahi wa innalilahi roojiun 😭😭😭😭 semoga amal ibadah di lipat gandakan oleh Allah SWT Aamiin ya rabb," tulis Ligea Rizkia, pedangdut jebolan LIDA 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang Kulepas dengan Ikhlas

Lagu bertajuk Kulepas dengan Ikhlas diciptakan oleh Adibal Sahrul. Lagu ini diciptakan berawal dari rasa simpati Adibal terhadap Lesti yang hadir di acara pernikahan mantan kekasihnya, Rizky DA. Lagu ini ditulis selama satu jam pada 17 Juli 2020 saat melihat unggahan Lesti menghadiri pernikahan Rizky DA di media sosial.

Lagu tersebut dirilis tepat di hari ulang tahun Lesti, 5 Agustus 2020, dipublikasikan di kanal YouTube, 3D Entertainment. Video klip lagu tersebut digarap oleh Alif Patterson serta diproduseri oleh Anthony VSLZM. Aktor Rizky Billar pun dipilih sebagai model di video klip tersebut.

Setelah sehari penayangan pada Kamis, 06 Agustus 2020, video klip lagu Kulepas dengan Ikhlas menduduki trending nomor 1 di YouTube dengan perolehan penonton sebanyak 2,7 juta. Selama sepekan video musik tersebut telah ditonton lebih dari 21 juta penonton.

Lagu Kulepas dengan Ikhlas ini sudah mencapai 10 juta penayangan dalam 2 hari dan menjadi trending topic peringkat 1 di Indonesia, juga negara lainnya seperti Hongkong yang meraih peringkat 4, Singapura yang meraih peringkat 10, Taiwan yang meraih peringkat 14, Malaysia yang meraih peringkat 21 dan meraih trending topic dunia peringkat 18.

3 dari 4 halaman

Konser Perilisan

Tepat pada hari ulang tahun ke-21 Lesti. Indosiar pun menggelar sebuah acara spesial bertajuk Konser Ulang Tahun Lesti: Kulepas Dengan Ikhlas. Dalam konser ini pula Lesti merilis lagu berjudul sama. Konser disiarkan langsung mulai pukul 20.00 WIB di Indosiar serta situs streaming Vidio.

Perjalanan karier Lesti dimulai pada usia 14 tahun, saat masih duduk di bangku kelas 2 SMP di Cianjur, Lesti mengikuti audisi D'Academy di Bandung dan berhasil mendapatkan Golden Ticket untuk langsung mengikuti konser nominasi di studio Indosiar. Setelah melalui babak demi babak di panggung D'Academy, akhirnya Lesti dinobatkan menjadi juara 1.

Di panggung konser kemenangan itu, Lesti menerima hadiah uang tunai senilai Rp100 juta serta sebuah mobil. Di malam itu pula, Ia berkesempatan merilis single terbarunya yang berjudul "Kejora" ciptaan Nur Bayan.

Pada akhir 2015, Lesti juga berkesempatan mewakili Indonesia di kompetisi besar D'Academy Asia. Lolos babak demi babak, ia berhasil keluar sebagai juara 2 setelah berusaha mengalahkan pesaingnya, Danang Pradana Dieva yang juga berasal dari Indonesia. Ia juga berhasil merebut hadiah uang tunai sebesar Rp100 juta dan sebuah single berjudul "Zapin Melayu" yang diciptakan langsung oleh Pak Ngah, salah satu juri dan komposer ternama dari negara Malaysia.

4 dari 4 halaman

Lirik Lagu Kulepas dengan Ikhlas

Selamat kuucapkan padamu

Wahai orang yang pernah paling aku sayang

Kulepas dirimu dengan ikhlas

Moga Tuhan jagakan dirimu dan dia

Kudatang memberikan selamat

Walau langkah kaki gamang

Untuk kamu aku datang

Semoga dirimu bahagia

Kulepas dirimu dengan ikhlas

Semoga engkau dan dia bahagia

Dulu kita pernah berbagi rasa

Kini kita hanya teman yang biasa

Dulu kita bisa berencana

Tapi Tuhanlah yang menakdirkan

Hidup terus berjalan

Engkau tlah ku relakan

Pada Tuhan semua

Ku pasrahkan

Selamat kuucapkan padamu

Wahai orang yang pernah paling aku sayang

Oh oh oh oh

Dulu kita pernah berbagi rasa

Kini kita hanya teman yang biasa

Dulu kita bisa berencana

Tapi Tuhanlah yang menakdirkan

Hidup terus berjalan

Engkau tlah ku relakan

Pada Tuhan semua

Ku pasrahkan

Kulepas dirimu dengan ikhlas

Semoga engkau dan dia bahagia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini