Sukses

Mengenang Park Soo Ryun, Bintang Drakor Snowdrop Kedua yang Meninggal Dunia

Setelah Kim Mi Soo yang berpulang pada awal tahun 2022, Park Soo Ryun jadi bintang drakor Snowdrop kedua yang dilaporkan meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Selimut duka tengah membebat penggemar, sahabat, kerabat, dan keluarga aktris Korea Selatan, Park Soo Ryun. Setelah Kim Mi Soo yang berpulang pada awal 2022, Park Soo Ryun jadi bintang drakor Snowdrop kedua yang dilaporkan meninggal dunia.

Melansir PinkVilla, Selasa (13/6/2023), Soo Ryun meninggal dunia pada Minggu, 11 Juni 2023, dalam usia 29 tahun. Ia sedang dalam perjalanan pulang ketika jatuh dari tangga, lalu dibawa ke rumah sakit terdekat. Dokter kemudian menyatakannya sebagai pasien brain dead.

Dikatakan bahwa keluarga mendiang memutuskan mendonorkan organ aktris Korea itu setelah ia dinyatakan meninggal dunia. Mengenang sosoknya, ia tercatat debutnya pada 2018. Soo Ryun telah tampil di sejumlah drama musikal, antara lain Il Tenore, Finding Mr. Destiny, The Days We Loved, Siddhartha, THE CELLAR, dan Somehow Theater Festival.

Mendengar berita kepergiannya, para penggemar memenuhi media sosial, mengungkap kesedihan dan kehilangan mereka. Rekan aktor drama musikalnya juga membicarakannya dan mengatakan bahwa ia adalah pribadi paling baik dan paling cerdas yang selalu siap membantu orang lain.

Mereka berjanji menjaga keluarganya dan memintanya menjaga mereka dari surga saat mereka berhasil dalam karier mereka untuknya. Nama asli Soo Ryun adalah Young In dan semua rekan aktornya memanggilnya dengan nama aslinya dalam penghormatan tersebut.

Selain jadi aktor musikal berbakat, sebagaimana telah disinggung, Park Soo Ryun juga menandai debut dramanya bersama Snowdrop. Meski perannya kecil, ia sangat bersemangat berada di lokasi syuting drama sejarah JTBC dan berakting bersama Jung Hae In.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagi Kesan tentang Jung Hae In

Park Soo Ryun sempat berbagi pengalaman beradu akting dengan Jung Hae In dan berinteraksi dengannya di lokasi syuting lewat akun Instagramnya. Ia memuji sang aktor saat ia meluangkan waktu untuk mengenal semua pemain di lokasi syuting dan berinteraksi dengannya.

Soo Ryun juga mengungkapkan kegembiraannya jadi bagian dari produksi besar, serta pemeran yang hebat. Penggemarnya juga senang melihatnya tumbuh sebagai seorang akris.

Di drama musikal, fans memuji Soo Ryun karena vokalnya yang indah dan kemampuan aktingnya yang hebat. Ia telah berakting di Siddhartha, sebuah drama berdasarkan aslinya oleh Herman Hesse yang menceritakan pencarian kedamaian batin dan pencerahan di dunia.

Proses Siddhartha mirip dengan pencarian internal individu akan pentingnya hidup, kegairahan, dan kepuasan. Sementara, kanal Showbiz Liputan6.com merangkum, keluarga Soo Ryun telah membuat pernyataan mengenai kondisi terakhir mendiang sebelum meninggal dunia.

"Hanya otaknya yang dalam keadaan tidak sadar, namun jantungnya masih berdenyut," kata ibunda Park Soo Ryun, seperti dilansir dari Soompi.

 

3 dari 4 halaman

Mendonorkan Organ Tubuh Mendiang Park Soo Ryun

Pihak keluarga kemudian memutuskan mendonorkan organ Park Soo Ryun, karena ingin menghormati mendiang yang selama hidupnya dikenal berhati hangat. Hal lain yang dibagikan pihak keluarga adalah mengenai prosesi pemakaman sang mendiang aktris.

Rumah duka untuk Soo Ryun dibuka di Rumah Sakit Suwon, Gyeonggi Provincial Medical Center yang terletak di Jangan-Gu. Diwartakan Allkpop, prosesi pemakaman digelar pada hari ini, Selasa (13/6/2023), pukul 10.30, waktu setempat.

Sebelum Roo Ryun, penyanyi trot Korea Selatan, Haesoo, telah ditemukan meninggal dunia pada 15 Mei 2023. Kepolisian Korea Selatan melaporkan wanita berusia 29 tahun tersebut ditemukan tewas di sebuah hotel.

Seorang perwakilan Haesoo juga mengonfirmasi kabar ini melalui fan cafe Haesoopia, sarana penggemar penyanyi trot ini untuk berinteraksi secara daring. "Kami merasa menyesal harus menyampaikan berita yang memilukan dan menyedihkan ini," katanya.

"Haesoo meninggalkan kita dan jadi cahaya di lautan yang luas," sambungnya. "Haesoo adalah orang yang hangat, yang tahu bagaimana memberikan cinta pada orang-orang di sekitarnya, berbagi kasih sayang, dan menerimanya."

 

4 dari 4 halaman

Unggahan Terakhir

"Keluarganya yang berduka, serta teman dan koleganya, semuanya berkabung dengan berat hati setelah diberitahu tentang berita sedih yang tiba-tiba," tulis pihak Haesoo dalam keterangan resmi.

Ketika menemukan tubuh Haesoo, polisi juga menemukan secarik kertas berisi surat terakhir dari sang penyanyi muda, lapor Naver. Mendiang Haesoo dilaporkan seharusnya tampil di panggung acara Gwanjumyeon People's Day di Wanju-gun, Jeolla Utara pada 20 Mei 2023. 

Pada awal tahun ini, Haesoo juga baru mendapat banyak perhatian publik berkat suara indahnya. Tepatnya, setelah sang penyanyi trot menunjukan kemampuannya dalam program kontes musik Immortal Song di KBS 2TV.

Usai kabar meninggal dunia disampaikan ke publik, unggahan terakhir Haesoo di Instagram jadi sorotan. Wanita bernama asli Kim Ara ini terakhir mengunggah foto dirinya pada 11 Mei 2023. Dalam keterangan unggahan, Haesoo mengungkap bahwa hari itu ia sangat bahagia karena menerima dukungan dari para penggemarnya.

"Hari ini KBS AM Plaza. Dukungan dari Haesoopia (fandom Haesoo) memberikanku kekuatan yang sangat besar. Terima kasih banyak. Lunch box yang sangat lucu dan cantik dengan bunga. Hari ini aku sangat bahagia," tulisnya.

 

Kontak Bantuan

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.shoppingmode google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam shoppingmode Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.