Sukses

Pasangan Bule Menikah dengan Adat Jawa, Fotografer Jumpalitan Arahkan Gaya Foto dengan Bahasa Isyarat

Baru-baru ini, sebuah pernikahan pasangan bule dengan adat Jawa menjadi viral setelah diunggah oleh akun TikTok @studionovanis. Pada Selasa, 23 Mei 2023, akun studio foto tersebut membagikan proses pemotretan pengantin sebelum pernikahan dilangsungkan.

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan merupakan momen yang dianggap sakral dan diharapkan bertahan seumur hidup. Untuk memastikan kelancaran acara pernikahan, banyak orang berusaha menggelarnya dengan sebaik mungkin. Di Indonesia, biasanya pengantin akan mengikuti adat dari daerahnya masing-masing pada momen pernikahan mereka. 

Pernikahan dengan adat Jawa biasanya dilakukan oleh warga Jawa asli atau keturunannya, dengan pengantin yang mengenakan baju Jawi Jangkep berwarna hitam. Tapi, bagaimana jadinya jika pernikahan dengan adat Jawa ini dilakukan oleh sepasang orang bule?

Baru-baru ini, sebuah pernikahan pasangan bule dengan adat Jawa menjadi viral setelah diunggah oleh akun TikTok @studionovanis. Pada Selasa, 23 Mei 2023, akun studio foto tersebut membagikan proses pemotretan pengantin sebelum pernikahan dilangsungkan.

Mempelai pria, Rian David, berasal dari York, Inggris, sedangkan mempelai wanita, Lydia Jane, berasal dari Liverpool, Inggris. Mereka memutuskan untuk menggelar pernikahan mereka di Kediri, Jawa Timur.

Berdasarkan keterangan yang diunggah oleh akun tersebut, pasangan tersebut menggunakan adat Jawa atas dasar keinginan ayah pengantin pria yang berasal dari Kediri. Ayahnya ingin memperkenalkan adat Jawa kepada calon menantunya. Tamu-tamu yang hadir pada pernikahan ini juga berasal dari pihak keluarga mempelai pria.

Hal ini menjadi peristiwa yang unik sekaligus lucu. Walaupun menggunakan adat dan prosesi pernikahan Jawa, seluruh acara digelar dengan menggunakan bahasa Inggris. Semakin unik lagi karena yang menjadi pembawa acara adalah ayah dari pengantin pria itu sendiri. Walaupun berbahasa Inggris dengan patah-patah dan logat medok, acara berlangsung lancar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prosesi Jawa dengan Bahasa Inggris

Pasangan bule ini terlihat memukau dengan mengenakan busana adat Jawa yang lengkap, termasuk kain jarik. Mempelai wanita terlihat mempesona dengan sanggul dan ronce melati, sementara mempelai pria tampak lengkap dengan blangkon. Lydia juga terlihat semakin menawan dengan riasan wajah yang sempurna.

Tidak hanya busana, dekorasi pelaminan juga memiliki nuansa khas seperti pernikahan yang lazim di Tanah Air. Dekorasi di tempat resepsi begitu indah dan lengkap dengan bunga dan lampu gantung. Hiasan wayang gunungan juga terdapat dalam dekorasi pelaminan tersebut. 

Mereka juga melakukan serangkaian prosesi pernikahan adat Jawa dari mulai kirab, Ngidak Endhog atau Injak Telur, Bobot Timbang, hingga saling melempar bunga. Diketahui bahwa pembawa acara adalah ayah dari mempelai pria karena kedua mempelai menduduki pria tersebut dalam prosesi bobot timbang. 

Setelah diminta oleh pembawa acara, David dan Lydia pun berdiri dan menyampaikan sepatah dua patah kata. "Ini luar biasa, terima kasih kepada tim make up dan fotografer yang membuatku dan Lydia terlihat luar biasa juga. Kami sangat senang menikah dengan adat Jawa. Semoga kalian menikmati hari ini," ucap David dalam bahasa Inggris. 

3 dari 4 halaman

Tak bisa Bahasa Inggris, Fotografer Memperagakan Gaya Foto

Namun, yang justru mencuri perhatian adalah aksi para fotografer yang berusaha mengabadikan momen pernikahan pasangan bule. Fotografer terlihat bingung saat mengarahkan pasangan bule tersebut karena tidak bisa berkomunikasi dengan baik.

Tak bisa menggunakan bahasa Inggris, mereka mengarahkan pasangan pengantin itu untuk berpose menggunakan gestur saja. Dalam beberapa kesempatan, mereka juga meminta bantuan pembawa acara sekaligus ayah mempelai pria untuk menerjemahkan perkataan mereka dari bahasa Jawa ke bahasa Inggris. 

Lucunya, dua anggota tim fotografer ini mencontohkan langsung gaya yang mereka inginkan kepada pengantin. Mereka berbagi tugas, satu orang berpose seperti pengantin wanita sementara yang lain menjadi pengantin pria. 

Tawa mereka pun pecah saat proses foto akan dimulai. Pasangan bule itu tampak kebingungan, namun keduanya akhirnya tampak mengerti dan ikut tertawa. Warganet juga tertawa histeris melihat aksi kocak sang fotografer. Salah seorang warganet berkomentar, “terkendala bahasa...isarat pun jadi😅😅😅”.

😂😂😂 aku liat bolak balik pengen ketawa trs 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣,” timpal warganet lain.. 

4 dari 4 halaman

Viral di Media Sosial

Hingga artikel ini ditulis, video pengantin bule dengan adat Jawa tersebut telah viral di TikTok dan dilihat hampir sepuluh juta orang dan disukai hampir 700 ribu warganet.

Pernikahan ini menambah deretan pernikahan viral karena konsepnya yang unik dan lucu. Sebelumnya, ada video viral yang diunggah akun media sosial Twitter @srengenge4294, akun tersebut memperlihatkan momen pernikahan dengan tema kerajaan kolosal.

"Ini pernikahan temanku malah seperti Prabu Angling Darmo luur" tulisnya. Menjalani resepsi pernikahan dengan cara yang tampil beda, tentu akan menjadi kenangan hingga hari tua nanti. Apalagi pernikahannya menggunakan tema kerajaan kolosal seperti ini.

Video yang diunggah dalam media sosial Twitter ini pun sudah viral dan telah disaksikan lebih dari 50 ribu netizen. Selain itu mempelai pengantin yang lengkap diiringi oleh para prajurit ini pun menuai banyak sorotan dan pujian.

"Kapan Mane dadi Raja,selain nikah dan ikut karnavali" tulis akun @YatiMindi

"Top global dunia perwedingann" tulis akun @BoloBolomu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.