Sukses

DAIKIN Proshop Designer Awards 2023, Tidak Hanya Profesional Mahasiswa Juga Boleh Ikutan

Salah satunya, peserta DAIKIN Proshop Designer Awards 2023 akan diberi kesempatan mendesain rumah imaginasi Sarwendah.

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang berbeda dari gelaran DAIKIN Proshop Designer Awards 2023. Di tahun ke-3 penyelenggaraannya, kompetisi karya arsitektur dan desain interior ini tidak hanya boleh diikuti para profesional.

"Tahun ini, kami juga mengajak para mahasiswa untuk turut serta mengikuti DAIKIN Proshop Designer Awards 2023," kata Presiden Direktur PT. Daikin Airconditioning Indonesia, Ching Khim Huat, saat jumpa pers di bilangan Jakarta Pusat, Jumat, 26 Mei 2023.

Mahasiswa-mahasiswa ini nantinya akan diarahkan mengikuti lomba dalam kategori konseptual, yang terbagi lagi ke dalam karya arsitektur dan desain interior. Total, terdapat enam kategori besar yang diperlombakan.

Selain menurut kategori mahasiswa dan profesional, pihaknya juga membagi kategori karya yang sudah selesai pembangunannya (finished project) dan desain konseptual dengan mengaplikasikan produk AC DAIKIN Home Central. Tidak hanya hunian, DAIKIN Proshop Designer Awards tahun ini juga menyasar kategori khusus tata rancang bangunan komersial Food & Beverages (F&B).

Penyelenggaraan tahun ini mengangkat tema "RE:IMAGINE." Ching berbagi, "Tema tahun ini sesuai semangat mengokohkan posisi DAIKIN Proshop Designer Awards sebagai wadah lahirnya karya-karya arsitektur dan desain interior dari proses mengimajinasikan kembali kenyamanan tata udara dan dekor keseluruhan interior sebagai kesatuan yang padu dalam estetika sebuah ruang."

Panitia akan mengundang khusus para mahasiswa dari beberapa universitas di sejumlah kota. Tetapi, DAIKIN Proshop Designer Awards 2023 juga bisa diikuti secara umum dalam skala nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kolaborasi dengan Praktisi

Dalam penyelenggaraannya, DAIKIN berkolaborasi dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jakarta. Juga, terdapat sejumlah praktisi arsitektur dan desain interior di jajaran dewan juri yang mendampingi penilai dari perusahaan itu.

Mereka adalah Tan Tik Lam yang dikenal sebagai arsitek kenamaan dengan sejumlah penghargaan dari dalam dan luar negeri. Ia akan bertindak sebagai salah satu dewan juri untuk kategori finished project.

Sementara di kategori konseptual, mereka mempercayakan Alex Bayusaputro. Ia dikenal sebagai salah satu nama besar di dunia desainer interior Indonesia yang sudah meraih berbagai penghargaan internasional.

DAIKIN juga mengajak Sarwendah sebagai juri khusus bagi dua kategori, yaitu karya konseptual desain interior bagi hunian dan bangunan komersial F&B pilihan Sarwendah. Karya yang dipertandingkan dalam kategori khusus ini akan dibuat berdasarkan kebutuhan pada properti milik Sarwendah. Artinya, para peserta akan diberi kesempatan mendesain properti imaginasi istri Ruben Onsu tersebut.

3 dari 4 halaman

Preferensi Desain Sarwendah

Berbicara tentang preferensi desain properti, Sarwendah mengatakan, "Aku suka rumah yang simpel tapi elegan. Karena anaknya banyak, ada tiga, jadi kamar anak harus masing-masing."

"Aku juga suka masak. Makanya harus ada dapur untuk syuting sama dapur beneran yang berantakan untuk memasak," sebutnya, menambahkan bahwa dirinya merupakan tipe orang yang detail dan agak perfeksionis.

Sebagai agenda tahunan, DAIKIN Designer Award lahir dari gagasan membuka ruang bagi para pegiat arsitektur dan desain interior agar dapat berbagi visi yang sama tentang hunian ideal, yang sekarang juga diperluas ke bangunan komersil untuk F&B.

Selain estetika, mereka juga mendorong solusi tata udara sebagai pendukung kenyamanan dan kesehatan yang senada dengan keseluruhan dekor interior. Mereka berharap ide ini akan berjalan beriringan dengan pemanfaatan AC DAIKIN Home Central.

Berbeda dengan AC single split, produk ini memiliki desain unit indoor beragam, disesuaikan dengan interior setiap ruang menurut peruntukannya. Fitur ini diharapkan dapat diberdayakan para arsitek dan desainer interior untuk semakin mewujudkan visi hunian ideal yang memperhitungkan segi penciptaan kualitas udara dan tetap mempertahankan aspek estetika.

4 dari 4 halaman

Penjurian hingga Pemberian Penghargaan

Penjurian langsung DAIKIN Proshop Designer Awards 2023 akan berlangsung pada akhir Oktober 2023. Di kesempatan itu, mereka akan mengumumkan 16 pemenang. Sementara, pemberian penghargaan pada para pemenang akan dilakukan pada malam apresiasi DAIKIN Designer Awards 2023 pada 24 November 2023.

Pendaftaran untuk DAIKIN Proshop Designer Awards dibuka pada 1 hingga 30 Juni 2023. Tata cara pendaftarannya disebut akan segera diperbaharuhi melalui unggahan di media sosial maupun situs web resmi perusahaan itu.

Ketua Interior Desainer & Perwakilan Himpunan Desainer Interior DKI Jakarta, Ranu Scarvia, mengatakan bahwa pihaknya akan menilai berdasarkan beberapa indikator, termasuk tata letak, seberapa kreatif dan inovatif, kearifan lokal, finishing material, penataan furnitur, dan tata pencahayaan.

Sebagai penutup, Ching berkata, "Kami harap melalui acara ini, DAIKIN, serta komunitas arsitek dan desainer interior bisa memberi solusi lebih baik, one stop solution, tentang AC, termasuk dalam hal menciptakan kualitas udara. Semoga tahun depan event-nya lebih besar dan lebih banyak partisipan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini