Sukses

Turis Asing yang Bugil di Panggung Pementasan Tari di Bali Diduga Stres dan Kehabisan Uang

Wanita turis asing itu naik ke atas panggung dalam keadaan telanjang ketika pementasan tari di Bali sedang berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah turis asing yang berulah di Bali masih belum kunjung selesai. Yang terbaru, sebuah video memperlihatkan seorang wanita Warga Negara Asing (WNA) bugil viral di media sosial. Video itu dibagikan ulang di sejumlah media sosial, salah satunya di akun Instagram @jeg.bali_ pada Rabu, 24 Mei 2023.

Wanita turis asing yang belum diketahui identitasnya itu, terlihat berjalan lenggak-lenggok di sebuah pementasan tarian Bali. Dalam video itu, wanita tanpa sehelai benang itu naik ke atas panggung ketika pementasan tari sedang berlangsung.

Wanita WNA itu kemudian menuju ke belakang panggung dan menaiki anak tangga di belakang panggung dan lalu memasuki pintu yang berada di tempat itu. Setelah membuka pintu, turis aisng itu lalu berbalik dan datang petugas berpakaian adat Bali yang mencoba mencegahnya itu agar tidak melakukan hal tersebut.

Namun wanita itu tidak mau dihentikan. Ia kembali ke tengah panggung dan kemudian turun ke barisan penonton. Setelah itu ia akhirnya diamankan oleh pihak petugas.

Sementara, dalam pentas tarian Bali itu juga terlihat sejumlah penonton yang didominasi para turis asing atau WNA. Uniknya, meski sempat 'diganggu dengan ulah wanita telanjang di atas panggung, mereka tetap duduk dengan tertib menyaksikan pementasan tarian.

Peristiwa tersebut diduga terjadi di sebuah pura di daerah Ubud. Hal itu dikonfirmasi oleh Kasubdit V Tindak Pidana Siber Ditreskrimsus Polda Bali AKBP Nanang PrihasmokoIa mengatakan, turis asing bugil tersebut terjadi di wilayah Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Namun apakah turis asing tersebut sudah ditangkap, pihaknya meminta untuk konfirmasi ke Polres Gianyar, Bali.

"Ini kejadiannya di Ubud, coba cek ke Polres Gianyar," katanya saat dikonfirmasi merdeka.com, Rabu, 24 Mei 2023. Kabar terbarunya, akun Instagram @jeg-bali_ menuliskan keterangan bahwa wanita turis asing yang sempat bugil itu sudah diamankan oleh Satpol PP Gianyar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Motif Turis Asing Bikin Ulah

"Perlu diusut motif dia bertingkah seperti itu.. Ini masalah serius biar gak makin menjadi,” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Kejadian itu pun menuai beragam komentar dari warganet. Sebagian dari mereka menyesalkan ulah nakal wisatawan mancanegara (wisman) makin sering terjadi. Ada juga yang curiga sejumlah wisman sengaja membuat ulah agar bisa dideportasi ke negaranya karena tidak punya atau kekurangan uang untuk pulang.

"Ketika Uang Habis , berulah...dan ini Salah satu TRICK untuk minta Pulang Gratis,” komentar seorang warganet.

"Sekarang kelas wisatawan ke Bali kebanyakan gila,stres,ngebut2 djalan,dan arogan . Gak sperti dlu bule2 berkelas ..," timpal warganet lainnya.

"Penjara dulu bbrapa bulan..terlalu enak dikasi pulang langsung,” komentar warganet lainnya.

"Update dia udah di RSJ dan sering pindah2 bungalow dan ga bayar,” tulis warganet lainnya yang memberi kabar terbaru tentang turis asing tersebut.

Kejadian tersebut juga menarik perhatian seniman, budayawan sekaligus politikus asal Bali, Ni Luh Djlelantik yang kerap mengkritik ulah nakal para turis asing di daerahnya. Dalam unggahan di akun Instagramnya @niluhdjelantik, ia meminta aparat yang berwenang untuk tegas menindak perilaku buruk turis asing itu.

3 dari 4 halaman

Masuk Daftar Hitam ke Bali

Ni Luh meminta agar petugas imigrasi segera menghukum pidana, dan mendeportasi WNA meresahkan tersebut.

"Segera berlakukan THE DOS AND DONTS FOR TOURIST. Pariwisata adalah untuk memperbaiki kualitas hidup rakyat disaat sama kita harus konsisten tegas pada kaum perusak," tulis Ni Luh dalam keterangan video tersebut, Rabu 24 Mei 2023 malam.

Menurut informasi yang diterima Ni Luh, bule tersebut sudah diamankan dan dipulangkan ke negaranya. Tidak ada informasi dari mana bule tersebut berasal. Ni Luh Djelantik juga meminta agar wanita WNA tersebut dimasukkan ke dalam daftar hitam selamanya sehingga tak bisa masuk lagi ke Bali. Ia juga mengajak agar warga Bali melindungi kehormatan budaya Bali.

"Bali penyumbang devisa terbesar sektor pariwisata. Jaga kehormatan Bali wahai para pemegang kebijakan,” tulisnya lagi.

Kabar terbarunya lagi, wanita turis asing yang bugil itu diketahui bernama Darja Tuschinski berusia 28 tahun dari Jerman. Darja diketahui tinggal di Ubud Bungalow, Jalan Raya Monkey Forest, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. 

4 dari 4 halaman

Dirawat di RSJ Bali

Hasil sementara pemeriksaan, turis asing tersebut diduga mengalami gangguan jiwa. Ia bahkan dikabarkan sedang dirawat di RSJ Bangli, Bali.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Bali Kombes. Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto di Denpasar, Bali, Kamis (25/5/2023), mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Senin 22 Mei di Puri Saraswati Ubud, Gianyar, Bali saat pihak Puri mengadakan pertunjukan tari.

Menurut keterangan saksi yang diperiksa petugas, kejadian itu tepatnya terjadi pukul 20.00 Wita. DT yang datang ke Puri Saraswati pada pukul 19.30 Wita saat pergelaran tari tarian berlangsung di panggung Puri Saraswati, terlibat bersitegang dengan petugas di stan tiket tanpa alasan yang jelas.

Wanita WNA tersebut memaksa masuk kemudian membuka dasternya, lalu berjalan ke atas tempat pertunjukan dan ikut menari. Setelah itu, petugas Puri Saraswati kemudian mengamankan WNA asal Jerman tersebut karena telah bertindak tidak etis di depan orang banyak dan melaporkannya kepada Polsek Ubud, Gianyar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.