Sukses

Profil Farhana Nariswari, Finalis dari Jawa Barat yang Dimahkotai Puteri Indonesia 2023

Farhana Nariswari berhasil mengungguli 44 finalis lain hingga akhirnya dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Malam final Puteri Indonesia 2023 telah berlangsung di Jakarta, Jumat, 19 Mei 2023. Setelah penilaian berbabak-babak, finalis dari Jawa Barat, Farhana Nariswari, akhirnya dimahkotai sebagai Puteri Indonesia 2023.

Dalam catatan profilnya, merujuk unggahan Instagram Puteri Indonesia, beberapa waktu lalu, tertulis, "Farhana Nariswari adalah seorang pembicara dan aktivis yang memiliki passion di bidang pendidikan kesehatan reproduksi agar remaja putri dapat mengakses hak-hak mereka."

"Ia mengagumi keluarganya, di mana semua wanita diberdayakan dan unggul dalam karier mereka, yang mengajarinya bahwa wanita mana pun mampu mencapai tujuan dan ambisi apa pun sesuai hasratnya," sambung keterangan itu.

Disebut pula bahwa Farhana merupakan sarjana kedokteran dan dokter junior di Universitas Padjadjaran, dengan pengalaman akademik, seperti Alumni Program Tahun AFS ke Italia, dan delegasi Indonesia di Komisi Kependudukan dan Pembangunan PBB di New York.

"Melalui bidang kedokteran, ia bercita-cita mengedukasi generasi muda, khususnya yang berada di pedesaan dan SLB tentang Hak dan Kesehatan Reproduksi, serta menyebarkan kesadaran tentang kekerasan berbasis gender," caption itu mengutarakan.

"Sebagai seseorang yang percaya bahwa seorang wanita bisa jadi multifaset dan multidimensi, jika diberi kesempatan untuk jadi Puteri Indonesia 2023, ia akan menunjukkan bahwa seorang wanita bisa jadi cantik, sekaligus cerdas, berdaya, dan berkontribusi untuk masyarakat," tandas keterangan tersebut.

Hingga akhirnya berhak atas titel Puteri Indonesia 2023, Farhana berarti mengungguli 44 finalis lain yang merupakan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia.

"Puteri Indonesia 2023, selamat kepada Farhana Nariswari Wisandana Jawa Barat," sebut Choky Sitohang selaku pembawa acara saat malam final Puteri Indonesia 2023 berlangsung di Jakarta Convention Center, Senayan, Jumat malam, 19 Mei 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Para Pemenang Puteri Indonesia 2023

Dalam sesi tanya jawab, Farhana Nariswari tampaknya berhasil mencuri hati para juri saat bicara mengenai kecenderungan hedonisme yang menjangkiti banyak generasi muda, tapi berhati dan jiwa kosong. Ia juga menjawab perbedaan berbuat baik dengan berbuat benar yang ditanyakan Ketua Umum Yayasan Puteri Indonesia (YPI) Putri Kus Wisnu Wardani.

"Berbuat kebaikan berarti menempatkan nilai moral, melibatkan Tuhan, dan tidak yang tidaak boleh dilupakan apa yang dipercayai oleh hati yang paling dalam," jawab Farhana dalam bahasa Inggris. 

Sebelumnya, Farhana masuk tiga besar finalis dan bersaing dengan Yasinta Aurellia dari Jawa Timur yang menempati posisi runner-up pertama dan menyandang gelar sebagai Puteri Indonesia Lingkungan. Sementara, posisi second runner-up ditempati Lulu Zaharani Khrisna dari Lampung yang memperoleh gelar Puteri Indonesia Pariwisata.

Ketiga pemenang telah resmi menerima mahkota dari para pendahulunya, Puteri Indonesia 2022 Laksmi Shari De Neefe Suardana, Puteri Indonesia Lingkungan 2022 Cindy May McGuire, dan Puteri Indonesia Pariwisata 2022 Adinda Chreseilla. 

3 dari 4 halaman

Ikuti 3 Ajang Kecantikan Internasional

Selanjutnya, ketiga pemenang Puteri Indonesia 2023 akan mewakili Indonesia di sejumlah ajang kecantikan internasional seperti Miss Charm, Miss International, dan Miss Supranational 2023. "Puteri Indonesia 2023 akan berlomba di Miss International 2023, runner-up 1 akan berangkat ke Miss Supranational 2023, runner-up 2 akan mewakili Indonesia di ajang Miss Charm 2024," kata Putri.

Farhana akan berlaga di Miss International 2023 di Tokyo, Jepang, pada 26 Oktober 2023. Lalu, Yasita akan berkompetisi di Miss Supranational 2023 yang rencananya berlangsung di Malopolska, Polandia, pada 14 Juli 2023. Sedangkan, Lulu Zaharani akan mewakili Indonesia di Miss Charm 2024 yang diagendakan terlaksana pada 24 Februari 2024 di Vietnam.

Ia juga menjelaskan bahwa Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) adalah platform pemilihan ratu kecantikan tertua dan terbesar di Indonesia. PPI dikatakannya telah melahirkan puteri-puteri yang merupakan sumber daya manusia terbaik.

YPI dan PT Mustika Ratu Tbk bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi pemerintah dan swasta, seperti Universitas Indonesia, IPMI, Universitas Multimedia Nusantara, dan Universitas Bina Sarana Informatika. Sinergi ini dijalin untuk memberi beasiswa pada pemenang, peraih atribut yang terpilih, dan semua finalis.

"Untuk pendidikan S1 maupun melanjutkan Program S2 dengan kebebasan memilih jurusan yang ada," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Mengangkat Kekayaan Budaya dan Keindahan Provinsi Lampung

Putri menyebut, Pemilihan Puteri Indonesia tahun ini, diikuti 45 finalis dari 34 provinsi. "39 finalis merupakan pilihan juri dan enam finalis adalah hasil voting masyarakat," katanya. "Melalui Puteri Indonesia 2023 kita bangun generasi berintegritas, menjunjung keragaman budaya sebagai makna baru kecantikan," terangnya.

Pihaknya juga berupaya mengajarkan bahwa kecantikan bukan hanya sebatas wajah semata. Putri mengungkap, kecerdasan dan keterampilan pun harus terus diasah. "Tata krama pergaulan atau perilaku juga terus diperbaiki," tambahnya.

Pemilihan Puteri Indonesia ke-26 ini mengangkat kekayaan budaya dan keindahan Provinsi Lampung. Finalis Puteri Indonesia 2023 datang dari berbagai profesi, mulai dari mahasiswi, dokter, model, pengacara, public figure, karyawati hingga pengusaha.

Ketiga pemenang dimahkotai tiga mahkota Borobudur baru yang "lebih mewah, agung, dan memesona" persembahan Hartono Wira Tanik (HWT). Mahkota Puteri Indonesia 2023 terdiri dari Mahkota Merah untuk Puteri Indonesia, Mahkota Hijau untuk Puteri Indonesia Lingkungan, dan Mahkota Biru untuk Puteri Indonesia Pariwisata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini