Sukses

Fakta Menarik Black Knight, Drakor Bergenre Fiksi Ilmiah yang Dibintangi Kim Woo Bin

Drama Korea Black Knight telah tayang pada 12 Mei 2023. Setial bernuansa sci-fi, menampilkan cerita dan setting yang tak biasa dengan kejutan akting dari aktor Kim Woo Bin dan comeback Song Seung Heon.

Liputan6.com, Jakarta Black Knight tengah jadi sorotan. Seri drama Korea (drakor) yang telah tayang pada 12 Mei 2023 di Netflix ini bernuansa science fiction, menampilkan setting dan cerita yang tak biasa.

Black Knight memasukkan dunia apokaliptik yang porak poranda dari segi lingkungan hidup maupun tatanan sosialnya. Mengutip dari Asianwiki, Sabtu (13/5/2023), cerita bergulir di tahun 2071, di mana dunia telah dihancurkan oleh polusi udara yang beracun. Hanya sekitar 1 persen dari populasi yang selamat dan kelas sosial yang ketat sekarang ada.

Orang jarang meninggalkan rumah mereka dan ketika mereka melakukannya, mereka memakai masker gas karena polusi udara. Warga sangat bergantung pada layanan pengiriman parsel untuk kebutuhan mereka.

Pengemudi pengiriman, yang dikenal sebagai ksatria, mengirimkan paket dan juga melindunginya dari pencuri. Di tengah kondisi itu, hadirlah Knight 5-8 (Kim Woo Bin) sebagai seorang ksatria legendaris.

Dia juga sangat terampil dalam pertempuran fisik. Dia kebetulan bertemu dengan anak laki-laki Yoon Sa-Wol (Kang You-Seok), yang merupakan seorang pengungsi. Yoon Sa-Wol bercita-cita menjadi seorang ksatria dan dia mengagumi Knight 5-8.

Masih banyak hal mengenai Black Knight. Berikut enam fakta menarik Black Knight yang dirangkum Liputan6.com pada Sabtu (13/5/2023).

1. Tema Masa Depan 

Latar waktu pada drama Black Knight di 2071 langsung memunculkan tanda tanya bagi penonton. Digambarkan pula kondisi Semenanjung Korea sudah berubah menjadi gurun.

Wilayah negara korea Selatan juga telah terbagi menjadi 4 bagian yaitu Distrik Pengungsi, Distrik Umum, Distrik Khusus, dan Distrik Inti. Penggambaran kondisi masa depan ini digarap dengan komposisi sinematografi menarik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Comeback Aktor Song Seung Heon

Black Knight menjadi comeback aktor Song Seung Heon di industri hiburan Korea Selatan. Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, (13/5/2023), dalam konferensi pers Song Seung Heon sempat bercerita mengenai karakter yang ia mainkan, Ryu Seok.

Tokoh ini seorang pemegang posisi penting dalam Cheonmyeong Group, serta tak mau berbagi sumber daya yang tipis pada pengungsi. "Orang bertanya kepadaku, ‘Kamu bermain sebagai penjahatnya kan?’ Jika dipandang sebagai hitam di atas putih, kita enggak bisa menilainya sebagai karakter jahat sepenuhnya," ungkap Song Seung Heon. Menurutnya, Ryu Seok punya penilaiannya dan alasan tersendiri. 

"Saat mengerjakan Black Knight, aku berpikir mengenai apa yang bakal terjadi kalau kita tak bisa hidup tanpa masker oksigen. Kita nggak mau ini terjadi, dan ini membuatku jadi sering berpikir," kata dia menambahkan.

Song Seung Heon pun berharap renungan semacam ini tak hanya mampir di pikirannya, tapi juga penggemar yang menonton drakor ini. Menurutnya penduduk bumi tak jarang lupa bersyukur atas oksigen yang bisa dihirup bebas selama ini.

3 dari 4 halaman

3. Reuni Kim Woo Bin dengan Esom

Proyek akting terbaru Kim Woo Bin, drama Korea Black Knight, punya keistimewaan sendiri untuknya. Hal ini lantaran drakor tersebut merupakan reuni dengan lawan mainnya ketika debut ke dunia akting belasan tahun lalu, Esom.

Esom dan Kim Woo Bin terlibat dalam tayangan miniseri spesial KBS bertajuk White Christmas pada 2011. Dalam konferensi pers Black Knight secara daring yang digelar Netflix, Esom dan Kim Woo Bin mengungkap rasa bahagia atas reuni ini.

"Aku bilang kepadanya bahwa aku senang, tapi dia enggak pernah bilang yang sama," kata Kim Woo Bin sambil bercanda. 

Esom kemudian menjelaskan, "Aku sangat senang dan menunggu-nunggu (reuni ini). Saat adegan pertama kami, kami sama-sama mengenakan masker. Tapi kami saling pandang dan merasakan energi dari satu sama lain," kata bintang Kill Boksoon ini.

Pertemuan kembali di Black Knight, tak pelak membuat Kim Woo Bin melakukan retrospeksi dalam perjalanan kariernya selama ini. "Aku merasa, baiklah, kita sama-sama bisa bertahan dalam industri ini," sebut Kim Woo Bin.

4 dari 4 halaman

4. Diadaptasi dari Webtoon Delivery Knight

Drakor ini diangkat dari webtoon bertajuk Delivery Knight karya Lee Yoon Gyun, dan berlatar dunia masa depan. Korea hancur lebur setelah dihantam meteor 40 tahun lalu. Udara tercemar, membuat manusia tak bisa bernapas tanpa alat bantu.

Oksigen serta sumber daya lain dikuasai orang-orang kaya dan berpengaruh, salah satunya Ryu Seok dari Cheonmyeong group. Kim Woo Bin berperan sebagai 5-8, seorang kurir oksigen untuk para pengungsi yang bergerilya melawan Cheonmyeong group. Seorang pengungsi muda bernama Sa Wol (Kang You-seok) hendak bergabung dengan 5-8, dan sebuah rahasia tentang dirinya terungkap. 

5. Penampilan Esom

Seol-Ah (Esom) adalah seorang perwira di Komando Intelijen Pertahanan. Dia menyelamatkan hidup Yoon Sa-Wol dan merawat Yoon Sa-Wol seperti dia merupakan bagian dari keluarganya. Knight 5-8 membantu Yoon Sa-Wol menjadi seorang ksatria.

Kim Woo Bin sempat mengungkap reaksinya ketika dipertemukan kembali dengan Esom saat berakting di drama ini. Sang aktris yang punya julukan Somvely—gabungan antara namanya dan kata lovely—memerankan tentara berpangkat mayor bernama Seol Ah.

"Jauh berbeda dengan Esom yang imut dan ceria, sekarang dia berkarisma. Jadi aku kaget,” kata kekasih Shin Min Ah sambil tertawa kecil.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.