Sukses

6 Spot Terbaik untuk Melihat Keindahan Sunset di Labuan Bajo Seperti Para Pemimpin KTT ASEAN 2023

Para pemimpin di KTT ASEAN 2023 sangat terkesan melihat sunset yang begitu indah di Labuan Bajo.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana mengajak para pemimpin ASEAN beserta pendampingnya untuk menikmati keindahan dan melihat matahari senja atau sunset Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan menaiki kapal pinisi pada Rabu 10 Mei 2023. Para pemimpin ASEAN itu pun senang karena bisa melepas penat setelah seharian melakukan pertemuan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN atau KTT ASEAN 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo.

Waktu menunjukkan pukul 17.05 WITA ketika kapal tersebut lepas sauh. Suasana senja menambah hangat perbincangan para pemimpin saat mereka berlayar. Sambil menikmati minuman segar, para pemimpin berbincang hangat satu sama lain.

Dalam perbincangan tersebut, Presiden Jokowi juga bercerita dan mempromosikan destinasi wisata di Labuan Bajo. Para pemimpin Asia Tenggara tersebut termasuk Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong, tampak menikmati perjalanan di atas kapal pinisi tersebut. Ia sangat senang akan melihat matahari terbenam.

"Oh rasanya sangat menyenangkan, sejauh ini sangat tenang, sangat mulus, kami menantikan untuk melihat matahari terbenam. Saya sangat senang kita bisa melihat matahari, saya pikir itu cukup spektakuler," ujar PM Lee, melansir kanal News Liputan6.com.

Semenatra Presiden Filipina, Ferdinand R. Marcos Jr, menyebut pemandangan di Labuan Bajo sangat indah. Presiden Marcos mengatakan Indonesia menetapkan standar tinggi menjadi tuan rumah KTT ke-42 ASEAN.

Selain dikenal dengan hewan langka Komodo dan tempat menyelamnya, Labuan Bajo memiliki beberapa tempat terbaik untuk menunggu momen sunset dengan panorama yang begitu indah. Ada beberapa tempat terbaik di Labuan Bajo yang dapat Anda nikmati pemandangan sunset terbaik. Sebagian besar tempat-tempat ini tidak mengharuskan Anda untuk membayar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melihat Sunset di Dermaga

Tempat-tempat ini berjarak dekat dengan hotel dan bisa berjalan kaki untuk sampai ke tempat tersebut atau mungkin mengharuskan Anda naik perahu. Apapun itu, ini cukup layak dan mengesankan untuk dilihat. Berikut enam spot terbaik untuk menikmati sunset di Labuan Bajo yang dilansir dari Indonesia Travel dan sejumlah sumber lainnya.

1. Dermaga TPI

Yang pertama adalah Dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) baru Kampung Ujung, Labuan Bajo. Di kawasan TPI ini sudah dibangun sebuah dermaga cantik yang bisa dijadikan sebagai spot menyaksikan matahari terbenam.

Bagi Anda yang suka berfoto, di Dermaga ini terdapat jembatan yang cocok digunakan sebagai spot berfoto yang Instagramabel. Dari atas jembatan ini juga kita bisa menyaksikan sunset Labuan Bajo langsung yang mengarah ke lautan lepas.

2. Dermaga Putih

Dinamakan Dermaga Putih karena ada bangunan kayu berwarna putih dan menjorok ke tengah laut. Meski hanya terbuat dari kayu, dermaga ini sangat kokoh. Terdapat meja dan kursi di kedua sisi dermaga sehingga tidak salah jika lokasinya ini dijadikan sebagai tempat bersantai bersama teman dan keluarga.

Selain melihat sunset Anda juga akan disuguhkan dengan keindahan lampu-lampu yang menyala di sepanjang dermaga dan akan mulai meredup bersamaan dengan sinar matahari di ufuk barat. Lokasi Dermaga Putih tidak jauh dari Bukit Cinta. Selain itu, aksesnya lebih dekat dari pelabuhan.

Dermaga Putih merupakan salah satu spot terbaik menikmati sunset. Karena ramai dikunjungi ketika menjelang senja. Ombak yang cukup tenang dengan beberapa kapal hilir mudik ditemani sinar jingga matahari dengan semburat kemerahan, tentu menjadi suasana yang sangat romantis dan damai di Labuan Bajo.

3 dari 4 halaman

3. Pulau Padar

Pulau Padar termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) dan termasuk destinasi paling favorit bagi wisaatwan. Pemandangan di puncak pegunungan pulau ini memang sangat bagus. Meski perjuangan ke puncak Padar tidaklah mudah, tapi Anda akan merasa puas ketika sampai di atas puncak kerena bisa melihat pemandangan yang begitu indah terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Untuk menuju ke Pulau Padar, Anda bisa menggunakan kapal dari pelabuhan Labuan Bajo. Sesampai di Pulau Padar, Anda mesti membayar tiket masuk tetapi gratis kalau sudah berkunjung ke Pulau Rinca atau Pulau Komodo. Treknya sudah dibangun tangga kayu dan batu dan butuh sekitar 20 menit untuk mencapai puncaknya.

4. Bukit Sylvia

Bukit Silvia juga termasuk salah satu tempat favorit untuk melihat sunset. Untuk sampai ke lokasi, Anda memutuhkan waktu sekitar 30 menit berjalan kai atau 5 menit menggunakan angkutan umum dari Pelabuan Bajo.

Di bukit ini Anda bisa menyaksikan sunset diatas ketinggian tanpa terhalangi apapun. Selain itu bukit ini dikenal memiliki suasana yang terkenal romantis, jadi buat Anda yang sedang bulan madu cocok dijadian sebagai tujuan destinasi wisata.

4 dari 4 halaman

5. Bukit Cinta

Bukit Cinta memiliki suasana sunset romantis yang begitu indah. Tak jarang momen tersebut dimanfaatkan oleh pasangan muda untuk berfoto bersama. Untuk menuju ke Bukit Cinta, wisatawan butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan ke arah utara dari Labuan Bajo. Perjalanan menuju Bukit Cinta cenderung menanjak sehingga perlu usaha ekstra untuk mencapai puncaknya.

Menjelang senja, banyak wisatawan yang mengabadikan momen suset di Bukit Cinta. Laut nan biru dengan kapal lalu lalang, deretan pepohonan, serta bukit-bukit hijau bakalmemanjakan mata setiap wisatawan. Sesuai dengan namanya, siapapun yang sudah berada di bukit ini akan menjadi jatuh cinta dengan pemandangan yang ada di bukit ini.

6. Paradise Bar

Lokasi Paradise Bar menempel pada tebing di pinggir pantai hingga menjadikan bar ini sebgai lokasi yang tepat untuk menyaksikan keindahan sunset di Labuan Bajo.

Paradise Bar berlokasi di Jalan Binongko, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, tempatnya tidak jauh dari pusat kota. Anda hanya membutuhkan sekitar 10 menit untuk sampai ke lokasi atau sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Komodo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini