Sukses

Jangan Salah Pilih, Berikut 9 Jenis Sisir Sesuai Tipe Rambut Anda

Sebagian besar dari kita cenderung mengabaikan pentingnya memilih sisir rambut yang tepat. Padahal, sisir yang baik dan cocok dengan jenis dan tekstur rambutmu dapat memengaruhi kesehatan dan penampilan rambut secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kita cenderung mengabaikan pentingnya memilih sisir rambut yang tepat. Padahal, sisir yang baik dan cocok dengan jenis dan tekstur rambutmu dapat memengaruhi kesehatan dan penampilan rambut secara keseluruhan. Ia dapat meningkatkan tekstur rambut, mengurai rambut, mengurangi kerusakan, mengurangi kusut, dan memudahkan dalam menata rambut.

Tidak semua sisir cocok untuk semua jenis rambut. Misalnya, sisir untuk rambut lurus tidak akan bekerja dengan baik pada rambut keriting atau sebaliknya.

Selain itu, sisir memiliki tujuan yang berbeda-beda. Beberapa sisir bagus untuk menata rambut, sementara yang lain cocok untuk mengurai rambut. Berikut adalah sembilan jenis sisir dan kegunaannya yang dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze pada Senin, 8 Mei 2023.

1. Paddle Brush

Sisir paddle brush merupakan pilihan terbaik untuk rambut yang panjang dan lurus. Sisir ini cocok untuk proses penyisiran karena dapat mengurai rambut dengan cepat dan mudah tanpa merusak atau menarik rambut Anda. Paddle brush memiliki permukaan yang datar dan lebar sehingga memudahkan gerakan dan cakupan yang lebih baik pada rambut Anda.

Sisir rambut ini juga cocok dengan pola alami rambut Anda. Meskipun sangat efektif pada rambut lurus, orang dengan rambut keriting atau bergelombang juga dapat menggunakan sisir ini. Namun jika Anda memiliki rambut tebal, pilihlah paddle brush dengan bulu yang terbuat dari nilon atau bahan sintetis agar lebih mudah dan nyaman digunakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Sisir Rambut Bulat

Sisir rambut bulat atau round brush cocok digunakan untuk blowout rambut bergelombang yang sedang hingga tebal. Jenis sisir ini memiliki tongkat berbahan logam yang akan memanas saat digunakan dengan pengering rambut. Sisir ini membantu menenangkan rambut yang kusut dan menambahkan volume, tekstur, dan pantulan pada rambut. Tersedia dalam berbagai ukuran.

Jenis sisir bulat yang berukuran lebih kecil berguna untuk membuat rambut keriting dengan rapat, sedangkan sisir bulat dengan tongkat yang lebih besar cocok untuk meluruskan atau menciptakan gelombang yang halus. Jika Anda memiliki rambut yang halus, Anda dapat menggunakan sisir rambut bulat. Namun, pilihlah yang memiliki bulu campuran atau alami.

3. Teasing Brush

Sisir teasing cocok untuk semua jenis rambut dan berfungsi menambah volume. Teasing brush mengangkat akar rambut untuk menciptakan ilusi volume. Hal ini memberikan tekanan pada rambut, menciptakan tekstur untuk mendukung gaya rambut yang berbeda, dan menambahkan dasar pada akar rambut. 

Pegangan yang biasanya berujung tajam digunakan untuk memisahkan rambut, dan sisir digunakan untuk mengangkat rambut. Akan tetapi, Anda perlu menghindari penggunaan sisir jenis ini jika rambut Anda rapuh dan mudah rontok.

4. Sisir Gigi Lebar

Sisir gigi lebar atau wide-toothed comb cocok untuk semua jenis rambut untuk menyisir rambut basah yang kusut. Jenis sisir ini adalah pilihan terbaik untuk menyisir rambut basah supaya tidak rusak dan patah. Sisir ini juga membantu meratakan kondisioner dan masker rambut karena giginya yang tebal dengan celah yang lebar. Sisir gigi lebar juga bagus untuk menyisir rambut tebal dan keriting.

5. Sisir Rambut Detangler

Sisir detangler cocok untuk semua jenis rambut untuk menyisir rambut basah dan kering yang kusut. Sisir detangler dapat mengatasi semua jenis rambut, termasuk rambut tebal dan keriting, dengan lembut. Ini mencegah kerusakan rambut akibat rambut yang terikat atau patah. Sisir detangler memiliki bulu plastik yang lebar dan fleksibel untuk mengurai rambut kusut tanpa rasa sakit.

6. Sisir Ekor Tikus

Sisir ekor tikus atau rat-tail comb cocok untuk semua jenis rambut untuk memisahkan dan mengatur  bagian rambut. Sisir ini ideal untuk membagi rambut menjadi beberapa bagian. Ujungnya yang panjang dan runcing dapat digunakan untuk memisahkan rambut, dan bulunya yang rapat dapat digunakan untuk menata dan menguncir rambut.

3 dari 3 halaman

7. Sisir Berrongga

Sisir berrongga atau vented brush cocok untuk semua jenis rambut untuk pengeringan cepat dengan hair dryer. Sisir ventilasi bekerja dengan luar biasa dalam waktu singkat. Jika Anda tidak punya waktu untuk menyisir rambut dengan benar, sisir ventilasi membantu Anda mengeringkan rambut basah dengan cepat. Lubang-lubangnya memungkinkan udara panas melewatinya dan mempercepat proses pengeringan.

8. Boar Bristle Brush

Boar bristle brush atau sisir dari bulu babi cocok untuk menata rambut keriting dan tipis. Sisir ini paling bagus digunakan untuk mendistribusikan minyak alami ke seluruh panjang rambut. Sisir ini meluncur dengan lembut melalui rambut tanpa mengganggu dan sangat baik untuk menata rambut tipis.

9. Loop Brush

Loop brush cocok untuk menyisir hair extension. Sisir ini memiliki bulu-bulu yang digulung yang meluncur dengan lembut melalui hair extension tanpa menariknya. Tidak perlu khawatir karena sisir jenis ini cocok juga untuk semua jenis rambut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini