Sukses

Mengapa Pangeran Louis Pergi di Tengah Prosesi Penobatan Raja Charles III?

Setelah banyak spekulasi, putra bungsu Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran Louis, berakhir menghadiri penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla.

Liputan6.com, Jakarta Setelah banyak spekulasi, putra bungsu Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran Louis, berakhir menghadiri penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla di Westminster Abbey, Inggris, Sabtu (6/5/2023). Namun, Pangeran Louis tampak meninggalkan kursinya saat acara bersejarah itu tengah berlangsung.

Melansir ET Online, Sabtu (6/5/2023), bocah berusia lima tahun itu disebut "dalam perilaku terbaiknya" saat tiba bersama saudara perempuannya, Putri Charlotte, dan orangtua mereka. Ia memasuki Abbey bersama keluarganya, sementara kakak laki-lakinya, Pangeran George, memainkan peran kunci di tempat lain sebagai page of honor.

Pada satu titik, Louis terlihat bergandengan tangan dengan Charlotte. Namun beberapa saat setelahnya, ia tampak gelisah di kursinya, sementara ibunya berbisik di telinganya. Ia juga difoto sedang menguap lebar. Sang pangeran akhirnya pergi di tengah prosesi penobatan.

Penonton memperhatikan ketidakhadirannya saat kamera menyorot ke orangtua dan saudara perempuannya, sementara jemaat menyanyikan Praise Him. ET melaporkan, fakta Louis keluar lebih awal adalah bagian dari rencana istana, dan bahwa ia diharapkan untuk kembali ke dalam Abbey sebelum upacara selesai.

Putra Pangeran William dan Kate Middleton ini memang kembali ke tempat duduknya menjelang akhir acara, menyanyikan God Save the King saat Charles yang baru dinobatkan berjalan keluar. Menjelang penobatan, reporter kerajaan Omid Scobie sudah memprediksi keputusan ini.

"Ia gelisah (di Platinum Jubilee Ratu Elizabeth), dan saya pikir sudah ada rencana untuk Louis pada hari itu (penobatan Charles), itu adalah upacara dua jam (terlalu berat untuk anak lima tahun mengikuti berbagai acara)," kata Scobie.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bikin Kehebohan

Scobie melanjutkan, "Jadi, tidak seperti kakak laki-lakinya, Pangeran George, yang memainkan peran sentral dan kita akan melihatnya dalam prosesi itu, Louis mungkin ada di sana untuk catatan kedatangan, tapi kemudian keluar sebentar dan muncul kembali sebelum upacara berakhir."

Keputusan menyertakan Louis ke dalam peristiwa bersejarah itu terjadi setelah pangeran muda itu absen dari pemakaman nenek buyutnya, Ratu Elizabeth II, pada September 2022. Seperti dilaporkan sebelumnya, bangsawan muda ini membuat kehebohan, dengan tidak sedikit orang mengaku gemas melihat tingkahnya, di perayaan Platinum Jubilee untuk mendiang Ratu pada Juni 2022.

Louis dipotret menjulurkan lidah, berteriak, dan membuat wajah konyol selama beberapa penampilan publik. Sumber kerajaan mengatakan pada ET bulan lalu bahwa William dan Kate akan membuat keputusan tentang apakah Louis akan menghadiri upacara penobatan kakeknya di Westminster Abbey mendekati waktu kebaktian.

Menjelang penobatan, Kate sempat ditanya apakah menurutnya Louis akan bersikap baik untuk hari besar itu. "Saya harap begitu," katanya. "Kamu tidak pernah (bisa menebak tingkah) anak-anak."

3 dari 4 halaman

Peran Bersejarah Pangeran George

Dengan Raja Charles III di atas takhta, Louis sekarang berada di urutan keempat garis suksesi di belakang ayahnya, Pangeran William, kakak laki-lakinya, Pangeran George (9), dan kakak perempuannya, Putri Charlotte (8).

Sementara itu, George menjabat sebagai page of honor pada upacara penobatan. Menurut The Telegraph, peran George bersejarah karena menandai pertama kalinya dalam sejarah modern bahwa seorang bangsawan yang akan jadi raja masa depan terlibat dalam layanan tersebut.

George adalah calon raja termuda yang berperan dalam upacara itu. Penobatan Raja Charles III meresmikan perannya sebagai kepala Gereja Inggris dan menandai pengalihan gelar dan kekuasaannya. Itu juga momen resmi ia dinobatkan sebagai raja.

Raja Charles dimahkotai Mahkota St Edward dari abad ke-17 yang memiliki bingkai emas padat dan 444 batu berharga. Sedangkan istrinya, Camilla, diurapi dan dinobatkan sebagai ratu. Camilla adalah janda cerai pertama yang dinobatkan jadi Ratu, dengan undangan penobatan yang dirilis pada April 2023 menyebutnya sebagai Ratu Camilla untuk pertama kali.

4 dari 4 halaman

Pangeran Harry Hadir Tanpa Meghan Markle

Adapun Pangeran Harry menghadiri penobatan tanpa istrinya, Meghan Markle. Ini muncul di tengah ketegangan dalam keluarga kerajaan setelah perilisan serial dokumenter Netflix, Harry & Meghan, dan memoar laris Duke of Sussex, Spare.

Sementara Harry berada di Inggris, Meghan tinggal di rumah mereka di Montecito, California, bersama Pangeran Archie, yang berusia empat tahun pada hari penobatan, dan Putri Lilibet yang berusia satu tahun. Terlepas dari keterasingan Harry dan Meghan dari bangsawan, pasangan ini ditampilkan dalam cinderamata resmi penobatan.

Ini mencakup foto keluarga, termasuk Pangeran William, Kate Middleton, dan ketiga anak mereka: Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis, yang sebenarnya diambil dalam perayaan ulang tahun ke-70 Raja Charles pada 2018.

Meski pengurapan selama upacara penobatan sebenarnya tidak disiarkan secara publik, banyak program khusus dan cuplikan langsung dari upacara tersebut tersedia untuk ditonton di beberapa kanal. Penonton juga bisa menyaksikan liputan khusus, termasuk konser yang menampilkan Katy Perry dan Lionel Richie pada Minggu, 7 Mei 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini