Sukses

Kate Middleton dan Putri Charlotte Pakai Hiasan Kepala Kembaran di Penobatan Raja Charles III

Selain hiasan kepala, Kate Middleton dan Putri Charlotte juga memakai gaun serupa ke penobatan Raja Charles III.

Liputan6.com, Jakarta - Kate Middleton dan Putri Charlotte memperlihatkan momen kompak ibu-anak di upacara bersejarah. Putri Wales dan putrinya yang berusia delapan tahun sama-sama mengenakan hiasan kepala memukau buatan Jess Collett X Alexander McQueen untuk acara penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, London, hari ini, Sabtu (6/5/2023).

Melansir People, Sabtu (6/5/2023), keduanya juga memakai gaun serupa, sama-sama rilisan Alexander McQueen. Ini dianggap sebagai anggukan khusus untuk pernikahan Kate dan Pangeran William, karena si desainer juga berada di belakang gaun renda pengantin yang tidak terlupakan.

Kedua pakaian tersebut menampilkan sulaman benang yang menampilkan motif mawar, thistle, daffodil, dan shamrock untuk menandakan empat negara yang membentuk Inggris Raya. Atas permintaan Raja dan Ratu, Pangeran dan Putri Wales sama-sama mengenakan jubah formal dan mantel untuk penobatan.

Kate Middleton juga mengenakan beberapa perhiasan yang menakjubkan, dengan penghormatan yang menyentuh pada para wanita kerajaan sebelumnya. Ia tampil berkilau dengan sepasang anting mutiara dan berlian milik mendiang ibu mertuanya, Putri Diana.

Ia juga mengenakan Kalung Festoon George VI, yang dibuat tahun 1950 atas permintaan Raja George VI untuk putrinya Putri Elizabeth, yang kemudian jadi Ratu Elizabeth II. Mendiang Ratu mengenakan kalung itu selama 70 tahun masa pemerintahannya.

Kate Middleton dan Putri Charlotte sering memakai pakaian serasi, kadang-kadang bahkan sama warna dengan busana Pangeran William, Pangeran George, dan Pangeran Louis untuk potret keluarga yang sempurna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pangeran Louis Bergabung dengan Keluarganya

Pangeran Louis, yang semula dikabarkan absen dari panobatan kakeknya, Raja Charles III, akhirnya ikut bergabung bersama orangtua dan dua kakaknya. Ini membuat ketiga anak Kate Middleton dan Pangeran William hadir di upacara penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla.

Dua anak pasangan kerajaan itu tiba bersama orangtua mereka di tengah guyuran hujan. Dua bangsawan muda ini sempat tertangkap kamera menatap ke luar jendela mobil sebelum masuk ke Westminster Abbey dan duduk bersama orangtua mereka.

Sementara dengan sentuhan khusus, Pangeran George menjabat jadi page of honor untuk kakeknya. Bocah berusia sembilan tahun itu mengenakan seragam bersama page of honor lain di perayaan itu.

Partisipasi George menjadikannya calon raja masa depan termuda yang secara resmi terlibat dalam layanan penobatan, The Telegraph melaporkan. Pangeran Charles yang berusia empat tahun memang dibawa untuk menyaksikan bagian dari penobatan ibunya Ratu Elizabeth pada 1953 dan Putri Elizabeth yang berusia 11 tahun menyaksikan upacara penobatan ayahnya Raja George VI pada 1937, tapi tidak ada yang berpartisipasi dalam acara tersebut.

3 dari 4 halaman

Page of Honor Raja dan Ratu Inggris

"Orangtuanya sangat senang dan bersemangat mendapatinya sebagai page of honor," kata juru bicara Pangeran dan Putri Wales sebelumnya pada People. "Itu adalah sesuatu yang orangtuanya telah pikirkan lama dan keras dan sangat dinanti-nantikan, dan saya yakin George juga demikian."

Baik Raja Charles dan Ratu Camilla memiliki empat page of honor. Selain Pangeran George, Lord Oliver Cholmondeley, Nicholas Barclay, dan Ralph Tollemache hadir untuk Raja Charles, tiga cucu Ratu Camilla: si kembar Gus dan Louis Lopes dan Freddy Parker Bowles, serta keponakan laki-laki, Arthur Elliot, juga merupakan page of honor.

Sepupu Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis: Pangeran Archie dan Putri Lilibet, dua anak Pangeran Harry dan Meghan Markle, tidak menghadiri penobatan. Meski Pangeran Harry berada di Inggris untuk menyaksikan ayahnya dinobatkan sebagai raja, Meghan tetap tinggal di California bersama anak-anak mereka.

Keluarga ini disebut merayakan ulang tahun keempat Pangeran Archie, yang bertepatan dengan penobatan kakeknya.

4 dari 4 halaman

Senyum Pangeran Harry

Pangeran Harry memasuki Westminster Abbey di London untuk penobatan ayahnya, Raja Charles III, dan ibu tirinya, Ratu Camilla, dengan penuh senyum. Ia berjalan masuk dengan sepupunya, Putri Beatrice dan Putri Eugenie, dan suami mereka.

Harry mengenakan morning suit untuk acara tersebut, mengikuti dress code untuk sebagian besar tamu undangan. People melaporkan bahwa Duke of Sussex diminta mengenakan morning suit, dan bahwa ia tidak menanyakan secara spesifik tentang pakaiannya.

Ia juga mengenakan medali layanan Afghanistannya bersama medali Golden Jubilee, Diamond Jubilee, dan Platinum Jubilee. Harry memakai hiasan leher dan bintang KCVO-nya. Ayah dua anak ini duduk di baris ketiga antara suami Putri Eugenie, Jack Brooksbank, dan Putri Alexandra.

Upacara penobatan Raja Charles menandai agenda publik pertama Pangeran Harry dengan anggota keluarga kerajaan lain sejak pemakaman Ratu Elizabeth II pada September 2023, yang juga dihadiri Meghan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini