Sukses

Heboh Video Piring Kotor Pesta Pernikahan Dicuci Pakai Pasir

Di kolom komentar, warganet mempertanyakan kebersihan cara mencuci piring pakai pasir.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam konten pesta pernikahan telah mencuri perhatian dari waktu ke waktu di media sosial. Yang terbaru, warganet dibuat heran sekaligus takjub mendapati video piring kotor resepsi pernikahan dicuci menggunakan pasir.

Ini dibagikan akun TikTok @hanifwafi_ yang merujuk pada keterangan bahwa pesta pernikahan itu berlangsung di Kampung Jong, Gerik, Malaysia. Dalam rekaman berdurasi 12 detik itu, ia memperlihatkan sejumlah piring digosok menggunakan pasir oleh sejumlah pria.

Di kolom komentar, tidak sedikit pengguna yang menyebut bahwa praktik ini sebenarnya bukanlah hal asing. Mencuci piring menggunakan pasir bahkan disebut juga dilakukan di Indonesia. "Ternyata di Malaysia juga ada yang pakai (cara) gini, dan masih ada sampai sekarang. Mantap haha," komentar seorang warganet.

Sedangkan ada juga yang mengaku baru tahu ada cara mencuci piring menggunakan pasir. Tanggapan ini dibalas pengguna lain, yang menjelaskan bahwa pasir digunakan untuk menghilangkan lemak makanan yang masih menempel di piring. "Selain minyak, pasir juga mastiin noda lain enggak nempel di piring," sambung yang lain.

Terdapat pula warganet yang berkomentar bahwa praktik ini tidak hanya terlihat saat ada pesta maupun perayaan serupa. "Orang yang senang berkemah juga biasanya tahu (cara mencuci piring pakai pasir)," katanya.

Secara natural, banyak pengguna mempertanyakan kebersihan cuci piring pakai pasir. Menjawab salah satunya, si pemilik akun membalasnya dalam unggahan terbaru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tahapan Cuci Piring Pakai Pasir

TikToker itu menulis, "Insya Allah bersih karena banyak tahapannya. Dibilas pakai sabun dan air juga." Di rekaman terbaru, ia memang memperlihatkan sekelompok orang yang membilas piring menggunakan sabun dan air sebelum dirapikan ke dalam wadah untuk siap dipakai kembali.

Menghindari kesalahpahaman, banyak warganet yang menjelaskan bahwa tahap mencuci piring dengan metode ini, pertama, digosong menggunakan pasir untuk menghilangkan minyak dan noda serupa. Setelahnya, baru dicuci pakai sabun dan air seperti biasa, lalu dikeringkan.

Di antara warganet, ada juga yang mengapresiasi orang-orang dalam video yang masih menggunakan cara tradisional mencuci piring. "Sayang sekarang sudah semakin jarang," sebut salah satunya menyayangkan. Selain pasir, terdapat pula komentar yang menyebut bahwa serbuk kayu dan batang pisang juga dipercaya efektif menghilangkan noda minyak di piring.

"Yang saya suka, semua orang terlihat tidak segan membantu, mulai dari orang dewasa sampai anak-anak," kata pengguna berberda menimpali.

3 dari 4 halaman

Pernikahan Unik

Masih tentang konten pesta pernikahan, sebelum ini, publik dunia maya sudah lebih dulu dikejutkan dengan keputusan sepasang pengantin yang mengganti suara rebana dengan lato-lato di pesta penikahan mereka. Momen itu direkam dalam video yang diunggah akun TikTok @muhammad07057 pada 5 Januari 2023.

Tampak di rekaman itu bahwa pasangan pengantin disambut anak-anak yang berbaris rapi sambil memainkan lato-lato di lokasi resepsi. Suara lato-lato yang khas itu membuat suasana pernikahan semakin meriah. Tamu undangan yang harusnya terharu malah jadi tertawa.

Pengantin dan keluarga yang hadir pun ikut tertawa geli melihat kelakuan anak-anak yang menyambut mereka dengan lato-lato. Yang lebih mengesankan lagi, anak-anak ini terlihat lihai memainkan lato-lato. Alhasil, suara yang dihasilkan dapat bertahan lama hingga pengantin masuk ke pelaminan. 

Video yang diunggah itu pun jadi viral. Warganet ikut terhibur dengan konsep pernikahan unik tersebut. "Dah lah lato-lato bentar lagi jadi tradisi nikah," kata salah satunya.

4 dari 4 halaman

Resepsi Pernikahan bak Pesta Rakyat

Konsep pernikahan unik lain sempat dibagikan akun TikTok @kamikisah_. Dalam video tersebut, dekorasi resepsi pernikahan yang digunakan bukan hanya sekadar bunga, tapi juga buah dan sayuran segar, rangkum kanal Hot Liputan6.com.

"Kondangan rasa pasar rakyat check," tulis pemilik akun pada keterangan unggahan, menambahkan bahwa pesta ini berlangsung di salah satu gedung di Surabaya, Jawa Timur. Terdapat berbagai sayur dan buah yang ditata rapi.

Dekorasi buah dan sayur diletakkan mengelilingi bunga di meja dan di panggung pelaminan. Ada buah-buahan seperti jeruk, anggur, nanas, serta sayuran, seperti tomat, lobak, kacang panjang, dan wortel berjejer rapi.

Menariknya, semua sayur dan buah-buahan yang tersedia bebas diambil para tamu undangan. Bahkan, pengisi acara juga ikut memilih dan membungkusnya. "Tinggal angkut, kapan lagi belanja nggak bayar ya kan," tulis pemilik akun dalam video tersebut.

Tidak hanya ibu-ibu, bapak-bapak yang menghadiri resepsi pun tampak antusias memilih sayur dan buah. Mereka memasukkannya ke dalam keranjang untuk dibawa pulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini