Sukses

Jauh dari Bangsawan Inggris, Terungkap Posisi Duduk Pangeran Harry di Acara Penobatan Raja Charles III

Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, Pangeran Harry akan menghadiri penobatan Raja Charles III tanpa Meghan Markle.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry akan berada jauh dari anggota keluarga Kerajaan Inggris saat penobatan Raja Charles III, pekan depan, menurut seorang rekan kerajaan. Duke of Sussex dilaporkan akan duduk 10 baris di belakang keluarganya dan keluar dengan cepat setelah acara.

Melansir New York Post, Senin, 24 April 2023, narasi ini merujuk pada keterangan mantan kepala pelayan kerajaan Paul Burrell pada The Sun. Burrell mengatakan, tidak mungkin Pangeran Harry akan berdamai dengan ayah dan saudara laki-lakinya, Pangeran William.

Dalam kunjungan ke Inggris minggu depan, ayah dua anak itu bahkan mungkin tidak punya waktu untuk mengobrol dengan keduanya, menurut publikasi tersebut. "Tidak ada peluang rekonsiliasi dalam waktu dekat, saya khawatir. Saya pikir, ia akan mendapat sambutan yang sangat dingin dari Windsors," katanya.

Mantan kepala pelayan, yang melayani mendiang Putri Diana, mengatakan pada GB News bahwa Pangeran Harry akan pergi ke penobatan Raja hanya untuk "menunjukkan muka." "Ia datang untuk menjejakkan kaki di pintu dan ia datang karena ayahnya ingin ia ada di sana," kata Burell.

Ia menyambung, "Ayahnya akan senang mendapati kedua putranya berada di sana untuk menyaksikan hari yang luar biasa ini dalam hidupnya. Tapi, Harry tidak akan berkeliaran (luwes dan berinteraksi dengan anggota keluarga Kerajaan Inggris)."

Perayaan penobatan akan berlangsung selama tiga hari, tapi suami Meghan Markle ini diperkirakan hanya akan menghadiri upacara penobatan inti. Acara ini akan jadi pertama kalinya Harry melihat ayah dan saudara laki-lakinya sejak memoarnya Spare dirilis awal tahun ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadir Tanpa Meghan Markle

Sebuah sumber sebelumnya mengatakan pada The Sun bahwa Pangeran Harry "sangat ingin kembali untuk penobatan dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarganya." Sebagaimana diketahui, penobatan Raja Charles III akan dihadiri Harry tanpa Meghan Markle.

Melansir People, 20 April 2023, Istana Buckingham mengumumkan bahwa Duchess of Sussex akan tinggal di California, Amerika Serikat bersama kedua anaknya, yakni Pangeran Archie dan Putri Lilibet. 

"Pada titik ini, ini jadi sangat pribadi," kata seorang teman dekat pasangan ini pada People secara eksklusif dalam cerita sampul pekan lalu. "Mungkin apa yang mereka inginkan tidak tercapai, tapi pada akhirnya, ia (Harry) pergi ke sana untuk mendukung ayahnya."

Keretakan yang sedang berlangsung antara Harry dan keluarganya terlihat jelas pada akhir Maret 2023. Kala itu, Duke of Sussex berada di London untuk sidang pengadilan dalam tuntutannya terhadap Associated Newspapers, tapi tidak menemui Raja maupun William.

"Segalanya tegang," kata orang dalam istana.

3 dari 4 halaman

Kemungkinan Tidak Memiliki Peran Resmi

Raja Charles III dilaporkan sangat sedih dengan tuduhan ketidaksetiaan dan manipulasi media yang dilakukan Pangeran Harry terhadap keluarga kerajaan Inggris dalam memoarnya, Spare, yang dirilis pada Januari 2023. Tapi, itu akan jadi "keinginan pertama" Charles agar Harry bergabung dengan mereka di penobatan, kata seorang sumber yang mengenal para bangsawan.

Penobatan akan terasa pahit bagi Harry. Selain hadir tanpa Meghan, kemungkinan besar ia juga tidak memiliki peran resmi dan tidak diharapkan berpartisipasi dalam acara lain yang direncanakan, termasuk penampilan di balkon Istana Buckingham.

Namun, seorang sumber yang mengenal para bangsawan memberi tahu People bahwa Harry "akan dengan senang hati mengikuti apapun rencananya" dan perhatian utamanya untuk hadir adalah masalah keamanan. Dengan ulang tahun ke-4 Pangeran Archie yang jatuh pada hari yang sama dengan penobatan Raja Charles III, Meghan akan dapat merayakan hari jadi putra mereka di rumah bersama Putri Lilibet, 22 bulan.

4 dari 4 halaman

Meghan Markle Disebut Mau Hadir, tapi ...

"Ini solusi yang elegan," penulis biografi kerajaan Sally Bedell Smith, penulis George VI and Elizabeth, mengatakan pada People dan menambahkan bahwa ulang tahun Archie "memberi mereka alasan yang masuk akal bagi Meghan untuk tidak datang."

Tapi, mereka yang paling dekat dengan pasangan itu tahu bahwa reaksi media yang dihadapi Meghan di Inggris selama pemakaman Ratu Elizabeth tahun lalu dan dalam tujuh bulan sejak itu, memainkan peran penting dalam keputusannya untuk tidak datang. "Meghan ingin berada di sana untuk mendukung ayah mertuanya, tapi pada saat yang sama, pengawasan yang ia terima melebihi dukungannya," kata teman dekat itu.

"Akan selalu ada pihak lain yang menantang alasan mereka, dan siapa yang ingin menempatkan diri mereka pada posisi itu?" tambahnya.

Anggota kerajaan lain mungkin akan menunjukkan sikap dingin pada Harry selama penobatan, karena "tidak tertarik untuk berbicara dengannya, selain dari basa-basi," kata seorang sumber pada Express.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.