Sukses

Marshanda Bagikan Cara Jaga Kesehatan Mental agar Tetap Waras

Setelah lama berjuang untuk mengatasi gangguan mental, Marshanda kini punya cara khusus untuk mengatasi emosinya setiap kali ia merasa seperti terpuruk.

Liputan6.com, Jakarta - Marshanda kerap membagikan berbagai tips di akun media sosialnya. Yang terbaru, Marshanda mengunggah cara untuk menjaga kesehatan mental agar tetap waras. Aktris yang dikenal lewat sinetron 'Bidadari' itu juga memang dikenal sebagai survival kesehatan mental dan didiagnosa mengidap bipolar sejak dirinya masih remaja.

Setelah bertahun-tahun berjuang untuk mengatasi gangguan mental tersebut, Marshanda kini punya cara khusus untuk mengatasi emosinya setiap kali ia merasa seperti terpuruk.

"Kayak kita lagi down, kita sering ngerasa kayanya kita yang butuh ditolong. Tapi, you havo no idea you good to feel ketika kita lagi low, breaking down. Hal terampuh yang bisa membuat kita merasa lebih baik adalah by serving other people atau menolong orang lain," ucap Marshanda, mengutip dari video di akun TikTok miliknya, Minggu, 9 April 2023.

Menurut wanita yang akrab disapa Caca ini, emosi apa pun yang terasa di dalam tubuh memang harus diluapkan. Sebab bila dibiarkan terpendam, nantinya bisa tersimpan di berbagai organ tubuh yang buntutnya bisa menimbulkan berbagai penyakit.

"Tersimpan di organ-organ tertentu seperti bahu, pinggang, pinggul, betis, semua itu bisa terasa berat, pegel, dan lain-lain. Jadi ayo kita check into our bodies karena lebih dari 80 persen penyebab badan kita terasa sakit atau gak nyaman adalah alasan psikologis atau stres," sambung wanita berusia 33 tahun lalu itu.

Mantan istri Ben Kasyafani ini juga mengajak para pengikutnya di media sosial untuk tidak takut meluapkan segala emosi yang sedang dirasakan. Tindakan itu, perlu menurut Caca, agar kesehatan mental tetap terjaga dengan baik.

"Lets check in our body dan bertanya, jangan takut untuk menangis, untuk bergerak, untuk mengeluarkan semua emosi yang tersimpan di badan kita and be healthier," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaya Parenting Marshanda

Marshanda telah mengidap bipolar sejak 2009. Gangguan mental itu berhubungan dengan perubahan suasana hati, mulai dari posisi terendah atau yang biasa disebut sebagai depresif, hingga tertekan ke posisi tertinggi atau yang biasa disebut mania.

Tak hanya soal kesehatan mental, Caca juga suka membagikan tips parenting. Gaya parenting Marshanda juga mencuri perhatian warganet. Putrinya, Sienna Ameerah Kasyafani terlihat memiliki kepribadian yang tenang dan manis.

Rupanya salah satu gaya parenting yang diterapkan pada Sienna adalah memperbolehkannya untuk tantrum. Hal itu diungkapkan Marshanda kepada Onad dan Enzy Storia dalam kanal Youtube KUY Entertainment. Caca membahas bagaimana gaya parentingnya terhadap anak.

Ia lebih memilih membiarkan dan membolehkan anak tantrum atau rewel. Alasannya, hal tersebut nantinya akan berdampak positif bagi anak, seperti anak dapat mengekspresikan apa yang dia rasakan dan ketika besar cenderung tidak melawan orangtua.

"Dulu itu gue pernah belajar parenting, kalau misalkan anak teriak, anak nangis atau tantrum itu tuh dibiarin dan dibolehin aja," kata Chacha pada Onad dan Enzy, Senin, 28 November 2022. 

3 dari 4 halaman

Marshanda Hadapi Anak Tantrum

Menurut Marshanda, para orangtua biasanya akan mengaihkan fokus anak saat mereka mengalami tantrum, padahal situasi itu justru akan berdampak kurang baik nantinya.  "Kebanyakan saat anak tantrum atau rewel orangtua akan mengalihkan dengan cara membohonginya seperti tuh liat ada cicak. Padahal dengan cara yang seperti itu anak diprediksi akan lebih banyak ngelawan nantinya," kata Caca.

Ia menambahkan, anak kecil yang sering dialihkan seperti itu nantinya akan merekam di dalam dirinya bahwa dia tidak boleh mengekspresikan yang dia rasakan. Hal tu akan membuat perasaannya menjadi tidak nyaman dan akan dibawa sampai dewasa.

"Tapi kalau anak kita dibiarkan berekspresi sesuai dengan yang ia rasakan maka nanti saat besar ia tidak akan ada kebutuhan lagi untuk rewel dan melawan," tutur Marshanda. Pernyataan Marshanda itu mendapat banyak tanggapan dari warganet.

Ada yang mengaku setuju dengan pernyataan Marshanda. Namun, ada pula warganet yang menyebut cara yang diterapkan ibu satu anak itu sulit dilakukan di lingkungan yang masih kolot.

4 dari 4 halaman

Marshanda Operasi Tumor Payudara

"Ternyata setelah sy sadari emang iya. Kalo didiemin malah berenti sendiri ngamuknya," komentar seorang warganet.  "Andai bisa kaya gtu..anak nangis kejer barang 2 menit aja mertua sebelah rumah keluar smua," komentar warganet lainnya.

Marshanda sendiri sempat menjalani operasi pengangkatan tumor payudara. Operasi itu dilakukan pada 10 November 2022 lalu. Sebelum menjalani operasi, Marshanda mengabarkan kondisinya melalui unggahan di Instagram.

Caca menyebut bahwa tumor payudara yang diidapnya tergolong jinak. Namun ia memutuskan untuk tetap melakukan operasi karena rupanya perkembangan ukuran tumornya itu cukup cepat.

"Sekarang gue udah di rumah sakit dan jadwal operasinya, tindakannya mulai jam 6:00 pagi. Tindakan anestesi atau bius nya mulai jam setengah 6, 5.30 pagi untuk operasi tumor payudara yang gue miliki," kata Caca, melansir kanal Showbiz Liputan6.com, 10 November 2022.

Marshanda menyebut bahwa tidak ada masalah apapun dengan kondisi kesehatannya sehingga operasi itu bisa dilakukan. Tak lupa Marshanda juga meminta doa untuk kelancaran operasinya itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.