Sukses

Cara Membersihkan Wastafel Stainless Kotor Jadi Kinclong, Cuma Bermodal Rp2.500

Jika tak rajin dibersihkan, wastafel bisa jadi kusam dan punya banyak kotoran membandel.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kebersihan dapur sama pentingnya dengan ruangan lain. Banyak manfaat yang didapat dari rutin membersihkan dapur seperti menurunkan risiko terpapar bakteri, kutu, debu, serangga, dan tikus yang senang dengan tempat-tempat kotor. Salah satu bagian di dapur yang mudah sekali kotor adalah wastafel.

Setiap harinya, wastafel biasa digunakan untuk membersihkan peralatan masak dan makan, sehingga sering terkena sisa lemak, ampas makanan, air, dan banyak lagi. Jika tak rajin dibersihkan, wastafel bisa jadi kusam dan punya banyak kotoran membandel.

Hal ini juga dialami oleh warganet pengguna YouTube 'PRAKTEK RINGAN'. Pria ini mengaku, wastafel berbahan stainless steel miliknya sering kotor, sehingga ia harus memutar otak untuk mencari cara membersihkan yang paling efektif biar wastafelnya kinclong lagi. Menurutnya, ada satu bahan dengan harga terjangkau banget bisa diaplikasikan pada wastafel yang sudah kusam dan kotor..

"Cara membersihkan wastefel stainless steel/bak cuci piring stainless kembali bersih seperti baru hanya bermodal baking soda seharga Rp2.500 saja, hasilnya wastafel stainless steel atau bak cuci piring di dapur jadi bersih seperti baru lagi," tuturnya, dilansir dari kanal Youtube 'PRAKTEK RINGAN'., Minggu, 9 April 2023.

Caranya, langsung taburi baking soda ke seluruh permukaan wastafel yang kusam dan bernoda. Selanjutnya, sebar baking soda menggunakan tangan ataupun spons biar lebih merata dan terjangkau ke seluruh bagian wastafel yang ingin dibersihkan. Kemudian diamkan selama kurang lebih 5 menit.

Dilansir dari justmfg.com dan brilio.net, baking soda bersifat abrasif dan ideal digunakan sebagai pembersih wastafel berbahan stainless steel. Pasalnya, baking soda ini mampu mengangkat noda-noda seperti bekas titik-titik air, lemak, atau sisa bahan makanan yang membandel dengan mudah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alat Menggosok Wastafel

Setelah didiamkan selama sekitar 5 menit, wastafel bisa digosok memakai spons bertekstur kasar atau sikat gigi bekas. Cara menggosoknya pun sebaiknya perlahan saja karena noda sudah mudah diangkat usai didiamkan dengan baking soda sebelumnya. Kalau bagian pinggiran lubang saluran air bisa dibuka, Anda juga bisa menaburi baking soda ke sudut tersebut dan menggosoknya biar bersih.

"Kalian juga bisa tambahkan lagi baking sodanya untuk hasil yang lebih maksimal," terangnya. Setelah semua noda dirasa benar-benar luntur, wastafel pun bisa langsung dibilas menggunakan air mengalir.  Pastikan semua sisa kotoran dan baking sodanya benar-benar hilang. Lalu, keringkan wastafel dan siap digunakan kembali untuk mencuci peralatan dapur Anda.

Selain rutin selalu dibersihkan, ada satu masalah pada wastafel yang kerap terjadi dan bisa menganggu pekerjaan rumah tangga Anda. Untuk mengatasi wastafel mampet bisa menggunakan bahan alami maupun beberapa peralatan praktis.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk pembersih berbahan kimia yang biasanya dijual di toko-toko. Masalah wastafel dapur mampet mungkin sudah menjadi masalah yang kerap terjadi di rumah.

 

3 dari 4 halaman

Wastafel Mampet

Hal ini bisa terjadi karena berbagai penyebab seperti, sisa makanan, sayur, hingga buah yang menyumbat saluran air, sehingga menyebabkan wastafel mampet. Cara ampuh mengatasi wastafel mampet tidak begitu sulit dipraktikkan. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan beberapa peralatan praktis.

Selain itu, bahan-bahan seperti soda kue, cuka, hingga air panas juga bisa dijadikan cara mengatasi wastafel mampet. Berikut cara ampuh mengatasi wastafel mampet yang dilansir dari kanal Citizen6 Liputan6.com dan berbagai sumber lainnya.

1. Menggunakan Plunger atau Penyedot

Cara ampuh mengatasi wastafel mampet yang pertama tentunya dengan menggunakan plunger atau penyedot. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu tinggal mengisi wastafel dengan air sampai setengah penuh, lalu langsung gunakan penyedot pada lubang wastafel.

Gerakkan penyedot secara naik-turun hingga airnya meluap dan kotorannya terbawa. Ulangilah cara ini hingga wastafel tidak mampet lagi. Cara ampuh mengatasi wastafel mampet dengan menggunakan plunger atau penyedot ini memang membutuhkan tenaga agar berhasil.

 

4 dari 4 halaman

2. Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Cara ampuh mengatasi wastafel mampet selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun cuci piring dan air panas. Bahan alami yang tentunya aman ini dapat mengatasi sumbatan pada wastafel yang disebabkan oleh lemak atau minyak.

Cara menerapkannya pun cukup mudah, tuang sedikit sabun cuci piring pada saluran pembuangan air, lalu tuangkan air mendidih untuk menghilangkan sumbatan berminyak di saluran pembuangan. Untuk mencegah masalah tersebut kembali terulang, kamu bisa melakukan cara ampuh mengatasi wastafel mampet ini setidaknya sekali dalam seminggu.

3. Soda Kue

Menggunakan soda kue juga merupakan salah satu cara ampuh mengtasi wastafel mampet. Caranya cukup mudah, kamu tinggal menyiramkan air panas ke dalam pipa saluran wastafel lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu, taburkanlah soda kue dan diamkan semalam.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit cairan cuka setelah menaburkan soda kue. Keesokan harinya baru siram lagi dengan air panas. Agar hasilnya maksimal, tambahkan air perasan jeruk nipis atau lemon setelah menaburkan baking soda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini