Sukses

Strategi Bersih-Bersih dan Mengurus Rumah Saat ART Pulang Kampung

Menyewa ART infal atau pengganti sementara yang sering jadi solusi bagi keluarga untuk membantu mengurus rumah di masa libur lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Saat libur Lebaran sudah berakhir, tentunya, banyak yang kondisi rumahnya belum normal seperti sebelumnya karena sang ART atau Asisten Rumah Tangga yang masih belum balik dari acara mudiknya ke kampung halaman.

Jika kurang cermat dan pandai mensiasatinya, kondisi rumah yang ditinggal ART mudik bisa semakin berantakan dan ini berpotensi memicu stres. ART ternyata punya peran yang penting dalam sebuah rumah, apalagi jika pemilik rumah punya kesibukan pekerjaan yang banyak. Tanpa seorang ART, tentu akan membuat pekerjaan sehari-hari mengurus rumah akan terasa begitu berat dan sangat melelahkan.

Meski begitu, bukan berarti semua tugas tersebut boleh diabaikan dan dibiarkan begitu saja. Setidaknya, saat ditinggal ART mudik ke kampungnya, kita tidak mudah stres karena pekerjaan yang menumpuk akibat tidak tahu caranya beres-beres. Agar tidak makin stres dan rumah tambah berantakan, ada beberapa cara atau strategi yang bisa diterapkan.

Salah satunya adalah dengan menyewa ART infal atau pengganti sementara yang sering jadi solusi bagi keluarga untuk membantu mengurus rumah mulai dari bersih-bersih, baby sitter atau pengasuh, hingga mengurus lansia. Meskipun demikian, tarif ART infal tidak murah.

Salah satu jasa penyalur tenaga kerja adalah LPK Cinta Keluarga. Dalam penyaluran tenaga infal, pihak mereka menyediakan jasa untuk kategori baby sitter infal, pengasuh anak infal, nanny infal, perawat lansia infal, hingga asisten rumah tangga infal.

Di lebaran tahun ini, mereka menyediakan jasa ART, baby sitter dan pengasuh lansia. Tidak hanya berlokasi di area Jakarta, tapi LPK Cinta Keluarga juga bisa Anda temukan di Yogyakarta dan juga Semarang. Untuk paket pembayarannya, Anda bisa memilih untuk membayar secara harian atau bulanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biaya ART Infal

Jika paket harian, tenaga infal akan bekerja selama seminggu sampai dua minggu dan dibayar sejumlah hari kerja. Namun untuk paket bulanan, tenaga infal akan bekerja selama satu bulan dan dibayar dengan biaya lebih ringan dibandingkan paket harian.

Menurut Anik, salah seorang staf LPK Cinta Keluarga pada Liputan6.com, 6 April 2023, Anda harus menyediakan biaya administrasi minimal Rp1 juta untuk mendapatkan jasa tenaga kerja infal.

"Unuk gaji ART mulai dari Rp175 ribu sampai Rp200 ribu, dan gaji suster dari Rp250 ribu sampai Rp350 ribu per hari. Untuk pemesanannya bisa melalui telepon saja," terang Anik.

Meski begitu, saat pandemi Covid-19 melanda, mereka mengakui permintaan infal menurun dari tahun-tahun sebelumnya. Bisa jadi itu terjadi karena pandemi membuat banyak orang harus lebih banyak berada di rumah sehingga lebih memilih mengerjakan segala sesuatunya sendiri atau bersama dengan anggota keluarga lainnya. Selain itu, para ART banyak yang tidak bisa mudik karena banyak pembatasan untuk bisa pergi ke daerah lain.

3 dari 4 halaman

Jasa Memperbaiki dan Membersihkan Peralatan Rumah

Di tahun ini pandemi sudah mulai berlalu dan tidak ada lagi PPKM, menurut LPK Cinta Keluarga, permintaan akan jasa tenaga kerja infal sudah mulai membaik dan termasuk stabil. "Bisa jadi karena tahun ini bakal banyak pekerja dan ART yang pulang kampung jadi pengguna jasa infal kita mulai stabil lagi,” jelas Anik.

Sebagian orang mungkin tidak perlu memakai jasa tenaga kerja infal tapi hanya membutuhkan jasa orang lain untuk membersihkan rumah atau memperbaiki sesuatu di rumah mereka.

Saat libur lebaran, kita tentu bersantai bersama keluarga di rumah yang sejuk, bersih, dan nyaman. Tetapi bagaimana jika AC panas, mesin cuci rusak dan rumah pun kotor? Sebagian orang memilih untuk menggunakan jasa tenaga kerja untuk mengerjakan itu semua.

Memesan jasa pembersih atau memperbaiki sesuatu bisa dengan aplikasi ojek online seperti Grab dengan fitur Clean & Fix. Layanan ini menawarkan kepada pengguna Grab khusus untuk jasa-jasa seperti bersih-bersih rumah dan service alat elektronik.

4 dari 4 halaman

Layanan Online Mengurus Rumah

Menurut keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com. pengguna Grab bisa memesan layanan yang mereka butuhkan melalui fitur Clean & Fix. Tentunya harga tetap dan transparan. Pengguna dapat mencari penyedia jasa yang terdaftar dalam sejasa.com dengan metode pembyaran non-tunai yang mudah, bahkan bisa menggunakan OVO.

Layanan yang tersedia di Clean & Fix by Sejasa meliputi layanan Home Improvement dan Home Maintenance. Di antaranya adalah perbaikan AC, pembersihan harian, sedot tungau, tukang ledeng, pertukangan, kontraktor, dan masih banyak lagi.

Layanan Clean & Fix dapat dipesan kapan saja, tapi jam operasional penyedia layanan adalah pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. Mereka memiliki ribuan mitra penyedia jasa yang telah bergabung untuk melakukan pekerjaan jasa.

Setiap mitra adalah individu atau perusahaan yang berpengalaman di bidangnya. Layanan Clean & Fix bisa diakses di seluruh Indonesia, dengan cakupan layanan utama meliputi kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar dan berbagai kota di sekitarnya.

Dengan berbagai jasa layanan yang tersedia di aplikasi ojek online tersebut, mungkin bisa mengurangi kekhawatiran Anda ditinggal ART atau tukang servis andalan Anda di masa libur Lebaran tahun ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini