Sukses

Babak Baru Sidang Kasus Gugatan Pangeran Harry soal Peretasan Telepon

Pangeran Harry bersama dengan pesohor dunia terkemuka lainnya termasuk Elton John dan Elizabeth Hurley, menuntut penerbit Daily Mail untuk pengumpulan informasi ilegal.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry kembali ke pengadilan untuk hari kedua proses hukum di London, Inggris. Setelah tampil mengejutkan di Pengadilan Tinggi pada Senin, 27 Maret 2023, Pangeran Harry kembali hari Selasa, 28 Maret 2023 untuk hari kedua kasus hukum.

Dikutip dari People, Selasa, 28 Maret 2023, Pangeran Harry dan pesohor terkemuka lainnya, termasuk Elton John, suami penyanyi David Furnish, Elizabeth Hurley, anggota Parlemen Doreen Lawrence dan mantan istri Jude Law, Sadie Frost, menggugat Associated Newspapers Ltd (ANL), penerbit Daily Mail and Mail on Sunday, untuk pengumpulan informasi ilegal. Mengenakan jas dan dasi, Pangeran Harry melambai saat dia berjalan masuk.

Sidang empat hari tersebut akan mempertimbangkan argumen hukum dari kedua belah pihak dan diakhiri dengan keputusan hakim tentang apakah kasus tersebut harus dibawa ke pengadilan. Associated Newspapers berpendapat bahwa kasus tersebut harus ditanggalkan.

Ketika kasus itu diumumkan pada Oktober 2022, pengacara Pangeran Harry mengklaim bahwa ia termasuk di antara beberapa individu yang "menyadari bukti yang meyakinkan dan sangat menyedihkan bahwa mereka telah menjadi korban aktivitas kriminal yang menjijikkan dan pelanggaran privasi yang parah oleh Associated Newspapers."

Para penggugat menuduh dalam gugatan mereka bahwa praktik yang melanggar hukum termasuk penempatan alat pendengar di mobil dan rumah mereka oleh penyelidik swasta, perekaman panggilan telepon pribadi secara diam-diam, pembayaran polisi "dengan link korup ke penyelidik swasta" untuk informasi sensitif, peniruan identitas ke memperoleh informasi medis dari rumah sakit dan fasilitas perawatan dan manipulasi ilegal untuk mengakses rekening bank, riwayat kredit, dan transaksi keuangan lainnya. Associated Newspapers menyangkal tuduhan tersebut, menyebut mereka "fitnah yang tidak masuk akal," lapor BBC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Catatan Permulaan

Senin merupakan awal dari jadwal empat hari sidang pendahuluan yang berlangsung di Pengadilan Kerajaan London. ANL berusaha untuk menghentikan kasus itu agar tak bergulir.

Pangeran Harry terlihat duduk 'menghadap ke belakang ruang sidang dan sesekali mencatat di buku catatan hitam kecil,' dilaporkan kantor berita Inggris PA Media. Elton John juga muncul saat proses persidangan berlangsung.

David Sherborne, pengacara penggugat, menguraikan tuduhan terhadap ANL, termasuk memasuki properti pribadi secara ilegal, mencegat pesan suara secara tidak sah, mendengarkan panggilan langsung dan mendapatkan catatan medis, kata kantor berita itu.

"Para penggugat masing-masing mengklaim bahwa dengan cara yang berbeda, mereka menjadi korban dari berbagai tindakan melanggar hukum yang dilakukan oleh terdakwa, atau oleh mereka yang bertindak atas instruksi surat kabarnya, The Daily Mail dan The Mail On Sunday. Mereka berkisar dari periode 1993 hingga 2011, bahkan berlanjut hingga 2018," tulisnya dalam pengajuan ke pengadilan.

Pengacara ANL berpendapat dalam pengajuan tertulis mereka bahwa gugatan itu diajukan terlambat dan harus dibatalkan tanpa pengadilan, menurut PA.

3 dari 4 halaman

Pembelaan Diri ANL

Salah satu pengacara ANL, Adrian Beltrami, mengatakan dalam pengajuan bahwa setiap penggugat perlu menunjukkan bahwa mereka tidak tahu, atau tidak dapat menemukan sebelumnya, bahwa mereka mungkin dapat mengajukan klaim terhadap ANL atas dugaan penyalahgunaan informasi pribadi mereka.

"Para penggugat telah gagal untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki prospek nyata untuk melepaskan beban mereka di persidangan dan pengadilan tidak boleh ragu untuk menolak klaim basi ini pada tahap awal, sehingga menghindari pemborosan waktu, biaya, dan kerugian sumber daya pengadilan yang besar," PA mengutip kata-kata Beltrami.

Kasus gugatan terhadap ANL tersebut merupakan salah satu dari gugatan hukum yang dilakukan Pangeran Harry dalam beberapa tahun belakangan. Dia juga menggugat ANL setelah surat kabar Mail on Sunday menerbitkan cerita tentang proses hukumnya yang terpisah terhadap Kantor Pusat Inggris atas pengaturan keamanan keluarganya saat mengunjungi Inggris.

Sebelumnya, Harry juga menggugat pemilik surat kabar tabloid Inggris The Sun dan Daily Mirror pada 2019 atas dugaan peretasan telepon bersejarah. Kasus terhadap penerbit Daily Mirror akan disidangkan pada Mei 2023.

4 dari 4 halaman

Tak Bertemu Pangeran William dan Raja Charles

Pada Senin, 27 Maret 2023, Pangeran Harry didampingi oleh John dan Frost di pengadilan. Pekan ini menandai pertama kalinya Pangeran Harry kembali ke Inggris sejak pemakaman Ratu Elizabeth II pada September 2022. Ia dan Meghan Markle pindah bersama keluarga mereka ke California pada 2020 setelah mundur dari peran kerajaan mereka.

Pasangan itu sudah berada di Eropa untuk serangkaian penampilan amal ketika neneknya meninggal di perkebunan Balmoral di Skotlandia. Pangeran Harry terbang ke Inggris untuk menunjukkan dukungannya terhadap kasus tersebut.

Ia memberi tahu Raja Charles III dan Pangeran William bahwa dia akan berada di Inggris untuk proses tersebut. Namun, kecil kemungkinannya Pangeran Harry akan bertemu ayah atau saudara laki-lakinya selama perjalanan.

Pangeran William tidak ada di rumahnya di Windsor karena ia dan istrinya, Kate Middleton, menghabiskan waktu bersama ketiga anak mereka selama liburan sekolah. Pangeran dan Putri Wales biasanya mencoba untuk menjaga tugas kerajaan seminimal mungkin sementara Pangeran George, 9, Putri Charlotte, 7, dan Pangeran Louis, 4, tidak masuk sekolah.

Sementara itu, Raja Charles III dijadwalkan berada di Prancis minggu ini untuk tur luar negeri pertama di masa pemerintahannya. Namun, perjalanan itu ditunda karena kerusuhan yang semakin keras di seluruh negeri.

Raja Charles dan Camilla akan melanjutkan rencana mereka untuk mengunjungi Jerman, tiba pada Rabu, 29 Maret 2023 untuk tur. Tidak jelas di mana Pangeran Harry tinggal selama kunjungannya ke Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.