Sukses

Usai Diperiksa Propam, Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung Disebut Tidak Pamer Gaya Hidup Mewah

Kapolres Malang, menjelaskan soal barang mewah dalam video tentang gaya hidup mewah Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung yang beredar luas di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Gaya hidup mewah seorang polwan (polisi wanita) yaitu AKP Agnis Juwita Manurung sedang ramai jadi sorotan. Dalam video yang diunggah akun TikTok @pejabatcurang, Kasatlantas Polres Malang itu terlihat mengenakan sejumlah barang mewah. Dia terlihat memakai kacamata Dior hingga tas mewah dari rumah mode Gucci.

Unggahan pada Jumat, 24 Maret 2023 itu sudah dilihat lebih dari 400 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 2.090 komentar. Tak lama setelah unggahan itu beredar dan viral, pihak Polda Jawa Timur langsung bereaksi.

AKP Agnis dikabarkan diperiksa Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur pada Senin, 27 Maret 2023.  Hal itu dibenarkan oleh Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana. Ia pun menjelaskan soal barang mewah dalam video yang beredar luas.

"Hari Jumat itu kami sudah dilapori oleh yang bersangkutan. Jadi yang bersangkutan sudah melaporkan ke kami ada akun baru yang posting video narasi framing tentang yang bersangkutan," terang AKBP Putu Kholis Aryana dikutip dari merdeka.com, Selasa (28/3/2023).

Setelah dilakukan pengecekan video itu, dilakukan klarifikasi kepada AKP Agnis. Berdasarkan pengakuan yang bersangkutan bahwa narasi dalam video tersebut tidak sesuai dengan kenyataan. Menurut AKBP Putu Kholis Aryana, yang bersangkutan menyampaikan narasi dengan barang yang ada di video tersebut tidak sama.

Setelah memberikan klarifikasi, Kapolres memverifikasi barang-barang mewah tersebut. Hasil verifikasi ternyata berbeda dengan barang yang dimiliki oleh yang bersangkutan. "Ternyata memang barang-barang yang dimiliki berbeda, tidak sama mereknya, tidak seperti yang digambarkan di video itu," ungkapnya.

Putu Kholis mengatakan, AKP Agnis mempunyai bukti pembanding. Di antaranya bukti foto-foto selain dalam video tersebut, karena memang tidak keseluruhan foto diunggah di akun Instagram yang bersangkutan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berikan Bukti Pembanding

Putu Kholis mengatakan, AKP Agnis mempunyai bukti pembanding. Di antaranya bukti foto-foto selain dalam video tersebut, karena memang tidak keseluruhan foto diunggah di akun instagram yang bersangkutan.

Selain itu AKP Agnis juga memiliki foto-foto pendukung yang menjelaskan bahwa asal barang tersebut atau jenis barang tersebut berbeda dengan yang dinarasikan dalam video tersebut.

"Ada barang yang berasal dari orangtuanya, ada yang memang dia beli sendiri seperti sandal tetapi bukan merek luar negeri, tapi merek dalam negeri yang mirip dengan itu," terang Putu Kholis. "Kemudian juga ada barang-barang seperti tas yang merupakan milik temannya pinjam pada saat kegiatan menghadiri acara resepsi, atau acara dengan teman," lanjutnya.

Putu Kholis menambahkan mengenai barang lain seperti sepeda yang juga yang dipinjam dari rekan di Malang. Untuk tas juga ada yang berasal dari orangtua AKP Agnis. "Itu pun asli atau tidaknya disampaikan dengan bukti-bukti melalui klarifikasi di Polda," tuturnya.

AKP Agnis diperiksa Bidpropam Polda Jawa Timur usai video viral pamer barang mewah di akun tiktok @pejabatcurang. Video tersebut menunjukkan fotonya mengenakan sejumlah barang mewah yang dipajang di akun Instagramnya.

 

3 dari 4 halaman

Barang Mewah AKP Agnis

Menurut Putu Kholis, AKP Agnis Kembali dimintai keterangan hingga Sabtu oleh Propam Polres Malang. Proses berlanjut sampai Minggu dan Senin oleh Propam Polda Jatim. "Sebagai tambahan ada juga yang sudah dihapus sejak tahun lalu tapi muncul di video tersebut. AKP Agnis sudah menjelaskan ke propam Polres maupun Polda disertai bukti-bukti," jelasnya.

Setelah sekian bulan dihapus ternyata muncul di video yang viral tersebut dan menurut Putu Kholis menjadi sebuah pertanyaan yang bersangkutan.  Sebelumnya, akun TikTok @pejabatcurang mengunggah video yang memperlihatkan Kasatlantas Polres Malang itu mengenakan sejumlah barang mewah.

Dia terlihat memakai kacamata Dior hingga tas mewah dari rumah mode Gucci. Potret tersebut merupakan tangkapan layar dari akun Instagram miliknya, @agnisjm. Kini, akun Instagram tersebut sudah tidak ada lagi.

Dalam video di TikTok itu diperlihatkan foto AKP Agnis, yang diduga mengenakan kacamata Dior, sedang berpose di depan kantor Satlantas Malang bersama dua petugas pria di belakangnya. Ada juga potret AKP Agnis sedang menenteng tas mungil berwarna merah yang diduga bermerek Gucci Marmont seharga sekitar Rp18 juta lebih.

Selain itu, ada pula unggahan saat sang polwan menghadiri pesta pernikahan dan tampak menggunakan tas yang diduga Gucci Marmont Half Moon seharga Rp21 juta lebih dan sepatu heels Valentino seharga Rp19 juta. 

 

4 dari 4 halaman

Jumlah Harta Kekayaan AKP Agnis

Foto lain memperlihatkan AKP Agnis sedang duduk dan terdapat tas LV yang diduga seharga puluhan juta rupiah. Ada juga foto AKP Agnis sedang naik sepeda bermerek Specialized yang diduga seharga motor Yamaha X-Max, yaitu sekitar Rp52 juta.

Video tersebut juga membandingkan gaya hidup mahal Agnis dengan gaji polisi berpangkat AKP yang disebutkan dalam kisaran Rp2,9 juta sampai Rp4,7 juta. Lalu, berapa sebenarnya harta kekayaan Agnis?

Berdasarkan penelusuran di laman elhkpn.kpk.go.id, Agnis tercatat terakhir menyampaikan laporan harta kekayaannya pada 24 Januari 2023. Total kekayaan yang dilaporkannya mencapai Rp304 juta. Dalam laporan itu, harga tertingginya berbentuk tanah dan bangunan seluas 93 meter persegi yang berada di Kota Malang. Nilainya mencapai Rp300 juta dan dilaporkan merupakan hasil usaha sendiri.

Sementara, ia mengaku tidak punya alat transportasi dan mesin. Ada pula harta bergerak yang dilaporkan bernilai Rp2 juta, ditambah uang kas dan setara kas senilai Rp2 juta.

Menurut akun Instagram @satlantasresmalang, AKP Agnis Juwita Manurung menjabat sebagai Kasatlantas Polres Malang setelah sebelumnya menjabat sebagai Kanit Regident Polres Malang. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada 2013 itu menggantikan AKP Agung Fitriansyah, sejak 14 Juli 2022. Pelantikan dilakukan oleh Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.