Sukses

6 Fakta Pernikahan Mewah Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Valencia Tanoesoedibjo di Paris

Liputan6.com, Jakarta - Sah, pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Valencia Tanoesoedibjo telah resmi berstatus sebagai suami istri. Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Valencia Tanoesoedibjo menggelar pernikahan di Paris, Prancis, Kamis, 23 Maret 2023, waktu setempat.

Momen istimewa ini berlangsung intim dengan hanya dihadiri keluarga maupun teman kedua mempelai. Baik Kevin maupun Valencia telah membagikan ulang momen pernikahan mereka yang diunggah para tamu undangan melalui Instagram Story.

Di rentetan foto maupun video, pasangan ini tampak tidak bisa menyembunyikan kebahagiaan mereka. Senyum murah terkembang di bibir keduanya, mulai dari acara welcome dinner, pemberkatan, hingga resepsi. Secara lebih detail, berikut fakta-fakta pernikahan mewah Kevin Sanjaya dan Valencia Tanoe di Paris.

1. Dimulai dari Welcome Dinner

Rangkaian acara pernikahan Kevin Sanjaya dan Valencia Tanoesoedibjo dimulai dengan welcome dinner bersama keluarga dan teman mereka. Acara makan malam dilaksanakan di Spoon Restaurant & Bar, Paris, pada Rabu, 22 Maret 2023.

Dalam cuplikan video singkat, terlihat pasangan ini mengenakan pakaian serba putih yang serasi. Kevin memilih tampilan klasik dengan kemeja putih berpadu panjang hitam. Sementara, Valencia berbalut gaun putih bulu-bulu yang memberi kesan festive, tampil menawan dengan flawless makeup karya MUA Vanny Adelina.

Kevin terlihat memberikan sepatah dua patah kata untuk para tamu sebelum menikmati makan malam. Ia juga sempat menyinggung kondisi Paris yang saat itu sedang ada demo. Sebelumnya, pasangan ini telah diketahui akan menikah di Paris dalam persiapan yang terabadikan dalam video yang diunggah ayah Valencia, Hary Tanoesoedibjo.

Melalui akun TikTok-nya, pengusaha sekaligus politisi itu mengunggah video singkat berdurasi 27 detik. Video menampilkan Kevin dan Valencia tengah menaiki skuter di salah satu jalanan di Kota Mode tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Wedding Robe

Selama persiapan pemberkatan pernikahan, Valencia Tanoesoedibjo memakai wedding robe dari couture house Indonesia, Monica Ivena. Di unggahan Instagram-nya, jenama mode ini menulis dalam bahasa Inggris, yang artinya, "Canggih tapi manis. Berani namun tetap elegan."

"Detail disandingkan untuk mengekspresikan kepribadian pengantin kita. @valenciatanoe mengenakan jubah pengantin gading murni bersulam buatan tangan untuk pernikahannya yang indah di #Paris," imbuhnya. "Selamat untuk pasangan bahagia @valenciatanoe & @kevin_sanjaya. Semoga Anda berdua memiliki cinta dan kebahagiaan seumur hidup."

3. Pemberkatan Pernikahan

Berlanjut ke pemberkatan pernikahan. Dalam video yang dibagikan, Valencia Tanoesoedibjo tampil anggun dalam balutan gaun pengantin putih penuh detail renda. Gaun off-shoulder berekor panjang yang menjuntai ke lantai itu dipadu wedding veil yang yang juga dibuat panjang.

Menurut unggahan rumah kreatif berbasis Jakarta, LXE Moments, yang turut terlibat dalam acara pernikahan ini, gaun pengantin Valencia adalah rancangan desainer Zuhair Murad. Ia juga mengenakan sepatu hak tinggi penuh kilau dari Jimmy Choo.

 

3 dari 5 halaman

Busana Pengantin

Makeup Valencia Tanoe di pernikahannya masih dipulas MUA, Vanny Adelina. Valencia juga membawa buket bunga putih yang selaras dengan dekorasi ruangan pemberkatan pernikahan mereka.

Sementara, Kevin Sanjaya terlihat gagah berbalut tuksedo putih, dasi kupu-kupu hitam, celana, dan sepatu pantofel serasi. Pasangan yang tengah berbahagia ini berjalan di wedding aisle setelah resmi jadi pasangan suami istri dengan disambut bunga-bunga dari hadirin.

4. Lokasi Pemberkatan Pernikahan

Valencia dan Kevin menggelar pernikahan secara intim di Le Meurice, sebuah hotel bintang lima di jantung ibu kota Prancis. Merujuk situs resminya, hotel ini diketahui mengenakan tarif menginap per malam mulai dari Rp30 juta.

Sementara, untuk menggelar pernikahan di Le Meurice, klien seperti keluarga Kevin dan Valencia harus merogoh kocek sekitar 155 hingga 350 dolar AS (sekitar Rp2,3 juta--Rp5,3 juta) per orang.

Ini tentu belum termasuk dekorasi yang diinginkan pasangan pengantin. Di pernikahan Valencia dan Kevin, mereka memilih dekorasi serba putih yang terkesan klasik dengan bunga dan lilin.

4 dari 5 halaman

5. Resepsi Pernikahan

Rangkaian acara berlanjut ke resepsi. Tidak lagi di Le Meurice, resepsi pernikahan Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Valencia Tanoesoedibjo berlangsung di Chateau de Vaux le Vicomte, merujuk pada unggahan Instagram Story LXE Moments.

Berbeda di pemberkatan pernikahan yang serba putih, dekorasi resepsi didominasi warna ungu dan maroon yang memberi kesan elegan. Di kesempatan itu, Valencia memilih mengenakan busana rancangan ELIE SAAB Bridal.

Ball gown putih itu juga dilengkapi kereta cukup panjang di bagian belakang, memberi kesan kontras dengan busana Kevin. Seperti sebelumnya, pebulu tangkis itu memakai setelan jas hitam klasik dilengkapi dasi kupu-kupu serasi.

6. Biaya Sewa Lokasi Resepsi Pernikahan

Melansir French Voyage, Chateau de Vaux le Vicomte, yang terletak di desa Maincy, terpelihara dengan sangat baik dan menyimpan koleksi furnitur, permadani, dan karya seni luar biasa yang dipilih dengan cermat oleh desainer interior terkemuka saat itu, Charles Le Brun.

5 dari 5 halaman

Biaya Sewa Gedung Resepsi Pernikahan

Chateau de Vaux le Vicomte adalah mahakarya abad ke-17 yang dibangun Louis le Vau untuk Nicolas Fouquet, Inspektur des Keuangan Louis XIV, dan diresmikan dengan kemegahan besar pada 17 Agustus 1661 di hadapan Raja Matahari.

Namun, tiga minggu kemudian, atas perintah Raja, Nicolas Fouquet ditangkap dan dipenjara seumur hidup karena, antara lain, terlalu ambisius dan membangun permata arsitektur ini. Kemegahan Chateau kemudian jadi inspirasi bagi Istana Versailles yang terkenal.

Sejarahnya membuat bangunan ini ramai dikunjungi wisatawan. Anggaran rata-rata pernikahan yang dirayakan di Chateau Vaux le Vicomte adalah sekitar 1 juta euro (sekitar Rp16,4 miliar), "harga yang pas untuk pernikahan kerajaan dan resepsi mewah," sebut Le Secret Daudrey.

Pernikahan dan pesta yang lebih kecil berlangsung dalam rata-rata biaya 400 ribu euro (sekitar Rp6,6 miliar). Itu belum termasuk biaya-biaya tambahan yang mungkin saja dikenakan. Di resepsi pernikahan Kevin dan Valencia, mereka juga menambahkan sesi kembang api untuk menambah kemeriahan acara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.