Sukses

Kuatkan Komitmen Layanan Masyarakat Setelah 50 Tahun Mengabdi dengan Berikan 100 Operasi Sumbing Gratis

ASDP. memberikan perhatian istimewa kepada anak-anak yang memiliki kondisi bibir sumbing dan/atau celah langit-langit mulut dengan memberikan bantuan biaya operasi gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai wujud syukur 50 tahun pengabdian PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP, BUMN jasa angkutan penyeberangan dan pengelola Pelabuhan; berbagi kepada masyarakat terutama anak-anak menjadi pilihan. ASDP. Mereka memberikan perhatian istimewa kepada anak-anak yang memiliki kondisi bibir sumbing dan/atau celah langit-langit mulut dengan memberikan bantuan biaya operasi gratis untuk 100 anak.

Kegiatan dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama Smile Train, organisasi nirlaba internasional yang berfokus pada penanganan sumbing dan telah berpengalaman selama 20 tahun di Indonesia.

Pemberian bantuan secara simbolis dilakukan oleh ASDP pada Smile Train Indonesia pada 13 April 2023 di Serang, Banten; sebagai lokasi dimana ASDP beroperasi sekaligus wilayah tempat tinggal dari sebagian pasien sumbing yang akan diberi bantuan.

"Energi ASDP dalam menyambungkan silaturahmi masyarakat melalui angkutan laut, ingin pula kami implementasikan melalui kegiatan ini dengan harapan bisa jadi tempat berlabuhnya senyum anak-anak Indonesia. HUT ke-50 ASDP ingin kami lengkapi dengan memberikan lebih banyak dampak positif bagi masyarakat, khususnya anak-anak sebagai pemilik masa depan bangsa.

Kali ini kami menyasar 100 pasien sumbing yang kurang mampu, yang diantaranya merupakan warga di area Serang, Banten. ASDP telah memulai dukungan terkait sumbing sejak tahun 2019 dan telah membantu 300 peserta sumbing dari berbagai provinsi di Indonesia bersama Smile Train " terang Ira Puspadewi, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry.

Kurangnya penyediaan layanan kesehatan yang merata di Indonesia, termasuk informasi terkait sumbing, merupakan hal yang sangat disadari oleh ASDP untuk terus berkontribusi di masyarakat. Karena itulah ADSP selalu berkomitmen menyelenggarakan Corporate Social Responsibility (CSR) yang mendukung dan membantu masyarakat di sekitar lokasi operasional perusahaan.

ASDP telah memulai dukungan terkait sumbing sejak 2019 dan telah membantu 300 peserta sumbing dari berbagai provinsi di tanah air bersama Smile Train Indonesia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus Bibir Sumbing

Bibir sumbing dan celah langit-langit mulut memang masih menjadi persoalan kesehatan yang kerap menimpa bayi dan anak-anak di Indonesia. Sampai saat ini, faktor penyebab sumbing masih belum diketahui secara pasti, sehingga tidak dapat dicegah. Akses terhadap dukungan dan perawatan medis kerap menjadi tantangan utama bagi para pasien untuk memperoleh penanganan medis.

"Dari 700 kelahiran bayi, 1 lahir dalam keadaan bibir sumbing. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan, seperti kesulitan makan, bernapas, mendengar, berbicara dan meningkatkan resiko mengalami malnutrisi. Sumbing juga dapat mempengaruhi psikologi anak hingga membuatnya dikucilkan lingkungan sekitar.

Kami di Smile Train memahami bahwa sulitnya mengakses fasilitas kesehatan, kurangnya tenaga medis, serta keterbatasan informasi menjadi tiga faktor utama yang menyebabkan banyaknya kasus bibir sumbing yang tidak tertangani, terutama di area-area terpencil di Indonesia," jelas Deasy Larasati, Country Manager Smile Train Indonesia,

”Oleh karenanya, kolaborasi dengan ASDP merupakan suatu titik terang yang kami yakin bisa membawa manfaat jangka panjang untuk anak-anak di masa depan.”Smile Train Indonesia memiliki metode perawatan sumbing komprehensif yang tak hanya berhenti sampai Tindakan operasi melainkan disertai edukasi dan pendampingan kepada keluarga para pasien.

3 dari 3 halaman

Kondisi Bawaan yang Mudah Ditangani

Hingga saat ini sudah lebih dari 100,000 anak telah mendapatkan operasi sumbing gratis dari Smile Train di seluruh pelosok Indonesia.Di dalam momentum baik di bulan suci Ramadan, ASDP dan Smile Train Indonesia menyelenggarakan acara sekaligus sebagai ajang silaturahmi dalam gelaran buka puasa bersama para pasien dan keluarganya, termasuk dokter ahli bedah yang turut hadir untuk memberikan edukasi dan menegaskan pentingnya penanganan sumbing dengan segera.

Dr. M. Irsyad Kiat, Sp. B. P. R. E. yang merupakan dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik, mitra dari Smile Train Indonesia mengatakan,”Bibir sumbing dan celah langit-langit adalah suatu kondisi bawaan yang sebenernya dapat ditangani dengan mudah melalui dukungan dan perawatan medis yang tepat. Jika tidak segera ditangani, kondisi sumbing dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan anak di masa depan.

Pengobatan bibir sumbing adalah untuk memperbaiki kemampuan makan dan minum, berbicara dan mendengar, serta memperbaiki penampilan wajah anak. Metode penanganannya dapat berupa operasi yang dilakukan secara bertahap namun hasilnya permanen.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.