Sukses

Warganet Bongkar Perbedaan Sepatu Gucci yang Diklaim KW oleh Sekda Riau dengan yang Dipakai Istrinya

Sekda Riau merasa perlu mengklarifikasi bahwa istrinya memakai sepatu dan tas Gucci KW agar tidak menjadi fitnah di tengah-tengah masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Istri Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto viral dengan flexing-nya mengenakan barang-barang mewah. Haryanto langsung memberikan klarifikasi, menurutnya sepatu Gucci dan tas mewah yang dikenakan sang istri adalah barang palsu alias KW.

"Sudah saya kroscek, misalnya tas salah satu brand yang disebutkan seharga ratusan juta, itu sangat tidak benar, karena itu barang KW dan dibeli dengan harga berkisar antara Rp2--5 juta di Mangga Dua Jakarta. Itu tokonya masih ada, silahkan dikroscek," sebut Hariyanto kepada wartawan di Pekanbaru, Senin, 20 Maret 2023, melansir kanal Regional Liputan6.com.

Beberapa hari belakangan, sebuah cuitan dari akun Twitter @Partai Socmed menghebohkan warga karena mengunggah sederet foto yang menampilkan kehidupan mewah Adrias Hariyanto, istri Sekda Riau SF Hariyanto. Di Instagram pribadinya, istri Sekdaprov Riau juga kerap mengunggah foto saat mengunjungi banyak negara. Kehidupan mewah Adrias sontak menjadi menjadi sorotan warganet.

Hariyanto menjelaskan foto yang beredar merupakan koleksi foto-foto lama periode 2017-2019.  Pada waktu itu, ia belum menjabat Sekda Provinsi Riau dan masih bertugas di Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Ia membantah pelesir istrinya ke luar negeri suatu kemewahan (hedonisme) seperti yang dihebohkan. Alasannya, liburan ke luar negeri itu tidak mengeluarkan biaya yang besar dan bersifat patungan bersama teman-temannya.

"Liburan ke luar negeri itu lebih kurang Rp14 juta untuk tujuh hari. Kelas ekonomi dan memilih tiket promo. Menginapnya di apartemen biasa untuk menghemat biaya dan bahkan ada yang menggunakan transportasi umum. Jadi, tidaklah bermewah-mewahan seperti yang diinfokan," terang Sekda Riau.

Ia merasa perlu mengklarifikasi dan menegaskan bahwa informasi yang beredar tidak sepenuhnya benar dan perlu diluruskan agar tidak menjadi fitnah di tengah-tengah masyarakat. Ia berharap masyarakat dapat bijak dalam mencerna informasi yang berkembang dan melihat sumber informasi apakah dapat dipertanggungjawabkan.

"Ini kan mau masuk Ramadhan, marilah sama-sama kita berbaik sangka, jangan menduga-duga yang belum pasti kebenarannya," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sepatu yang Berbeda

Namun, warganet tak percaya begitu saja bahwa tas atau sepatu bermerek istrinya merupakan barang palsu atau KW. Seorang warganet menunjukkan bahwa sepatu yang ditunjukkan Hariyanto saat menyampaikan klarifikasi di rumah dinasnya berbeda dengan sepatu yang dipakai sang istri saat berlibur. Hal itu diketahui dari unggahan akun twitter @PartaiSocmed.

Dalam potret yang dibagikan akun itu, foto Haryanto tengah memperlihatkan sepatu saat klarifikasi. Foto itu dibandingkan dengan potret sang istri yang berpose menggunakan sepatu Gucci.

Dalam unggahan akun itu menyebut terdapat perbedaan model antara kedua sepatu tersebut. "Mohon maaf Pak Sekda Riau, sepatu Gucci KW-nya berbeda dengan yg di flexing isteri Bapak. Itu Gucci Pearl Embellished Platform Sneakers lho," tulis akun itu pada Senin, 20 Maret 2023.

Jika diperhatikan dengan seksama, sepatu yang diperlihatkan SF Hariyanto saat klarifikasi di hadapan awak media jauh berbeda dengan apa yang dipakai sang istri saat berlibur. Meski sama-sama berwarna dasar putih, sepatu yang diperlihatkan Hariyanto tidak berhias mutiara di bagian outsole-nya.

 

3 dari 4 halaman

Cibiran Warganet

Sementara, sepatu yang dikenakan sang istri terdapat hiasan mutiara. Perbedaan desain kedua sepatu itu pun juga cukup mencolok. Dilihat di laman Huntstreet, harga sepatu Gucci yang diduga dipakai istri Sekda Riau itu harganya sekitar Rp5 juta.

Cuitan itu mendapat banyak komentar bernada cibiran dari warganet. "Sangat melukai hati dan harga diri istri. Udah capek2 flexing meski kagak ada yg notice, eh dibilang KW ,” komentar seorang warganet.

"Gak tau harus ngomong gimana lagi ya, kalau gua jadi presiden, gaji pejabat semua gua potong, tunjangan gua potong, cari yang ikhlas kerja untuk membangun negara dgn gaji secukupnya," komentar warganet lainnya.

"Jika brand asli, mestinya dicurigai karena barang luxury digunakan pejabat pemerintah. Bukannya menyokong perekonomian rakyat, malah pamer pakai barang luar. Jika KW alias minor, tentunya sangat memalukan karena pejabat publik tak teredukasi dengan baik soal karya/hak cipta,” tulis warganet lainnya.

"Sebenarnya sederhana saja Kak... jangan pamer di medsos untuk saat ini. Gitu aja.. Masih banyak kok pengusaha dan pejabat yg kaya beneran tetap sederhana di permukaan. Jadi gak bakal ditarget warganet Indonesia Raya. Kalo mau pamer ya di kalangannya saja, aman,” timpal warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Anak Sekda Riau Ikut Disorot

Bukan hanya istrinya, anak perempuan Sekda Riau juga ikut disorot. Dalam berbagai unggahan di media sosial Instagramnya, anak SF Hariyanto kerap terlihat mengenakan atribut-atribut fesyen yang bermerek. Harganya pun tidak main-main, satu itemnya dapat mencapai belasan hingga ratusan juta rupiah jika tas tersebut asli.

Akun Instagram anak SF Hariyanto saat ini sedang dinonaktifkan, tetapi sejumlah unggahan masih dapat dilihat di @anisahadra_ootd. Dalam beberapa foto media sosial tersebut, ia terpantau sedang menggunakan dua tas mewah yakni, Hermes Constance dan Large Classic Handbag Chanel berkelir pink.

Melansir kanal Otomotif Liputan6.com, berdasarkan salah satu reseller tas mewah ternama, madisonavenuecouture.com, tas Hermes Constance tersebut dibanderol Rp276-299 juta. Sementara, menurut situs resmi Chanel, Large Classic Handbag mereka dijual pada harga Rp141 juta.

Angka tersebut sangat fantastis untuk sebuah tas. Sebagai perbandingan, kedua harga tas tersebut sudah setara dengan berbagai unit mobil di Indonesia. Contohnya seperti, Toyota Ayla terbaru, mobil city car ini dibanderol mulai Rp 135 juta. Bahkan, harga tersebut masih lebih murah dibandingkan tas Chanel milik anak SF Hariyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.